Stories - 23 September 2022

Profil Hakim Agung Sudrajad Dimyati, Tersangka Baru KPK

Hakim Agung Sudrajad Dimyati telah resmi ditahan sebagai tersangka dalam kasus suap di Mahkamah Agung, Jumat (23/9/2022).


Hakim Agung Sudrajad Dimyati telah resmi ditahan sebagai tersangka dalam kasus suap di Mahkamah Agung, Jumat (23/9/2022). - Antara -

Context.id, JAKARTA - Hakim Agung Sudrajad Dimyati telah resmi ditahan sebagai tersangka dalam kasus suap di Mahkamah Agung, Jumat (23/9/2022).

“Tim penyidik kembali melakukan penahanan terhadap satu orang tersangka,” ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di kantornya, pada Jumat (23/9/2022) dikutip dari Tempo.

Nantinya, Dimyati akan ditahan di Rumah Tahanan Kavling C1 selama 20 hari pertama, yakni hingga 12 Oktober 2022. 

Adapun KPK menetapkan Dimyanit selaku Hakim Agung di Mahkamah Agung karena kasus suap pengurusan kasasi pailit Koperasi Simpan Pinjam Intidana. 


Profil Sudrajad Dimyati

Pria kelahiran Yogyakarta, 27 Oktober 1957 ini sebenarnya sudah belasan tahun menjadi hakim.

Pada 2008, lulusan dari Hukum Tata Negara di Universitas Islam Indonesia ini pernah menjadi hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Lalu empat tahun setelahnya, ia menjadi hakim di Pengadilan Tinggi Maluku dan di tahun berikutnya ia menjadi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi di Kalimantan Barat.

Pada tahun 2014, setelah lolos fit and proper test di DPR, ia resmi menjadi Hakim Agung di Mahkamah Agung. 

Dikutip dari laman LHKPN, Sudrajad Dimyati sudah kerap kali melakukan harta kekayaan. Pada 2008 saat masih bertugas di Jakarta Utara, hartanya baru Rp1,06 miliar. 

Kemudian, ketika ia bertugas di Maluku, hartanya pun bertambah menjadi Rp2,3 miliar. 

Anehnya, dalam waktu satu tahun, kekayaannya melesat jauh saat ia menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Kalimatan Barat, dengan jumlah Rp7,8 miliar. 

Lalu laporan terakhir pada 2016, kekayaan Dimyati mencapai Rp7,5 miliar saat ia sudah menjadi hakim agung MA.

Selain itu, ia juga memiliki harta kendaraan bermotor senilai Rp209 juta, yang jika dirincikan adalah satu unit motor Honda Vario dan satu unit mobil Honda MPV. Selain itu, ia juga memiliki harta bergerak dari kas dan sejenisnya yang senilai Rp8,07 miliar.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Teknologi Digital dan Solusi Perubahan Iklim

Teknologi digital bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi atau meminimalisir dampak perubahan iklim

Context.id | 01-03-2024

Ketika Raksasa OTT Saling Klaim Istilah Local Pride

Platform over the top (OTT) konten video streaming saling bersaing menguasai pasar Indonesia, salah satunya dengan embel-embel konten lokal.

Noviarizal Fernandez | 01-03-2024

Tolak Usul Prancis, Anggota NATO Enggan Masuk Wilayah Ukraina

Usulan Presiden Prancis agar pasukan NATO memasuki wilayah Ukraina untuk ikut memerangi Rusia mendapat penolakan keras dari negara-negara anggota ...

Context.id | 29-02-2024

Kans Indonesia Gabung Klub Negara Maju

Indonesia masih punya waktu 2-3 tahun untuk menyelesaikan proses menjadi anggota OECD

Context.id | 29-02-2024