Stories - 20 September 2022

Empat Negara Resmi Larang WN Rusia Masuk Wilayahnya

Polandia, Lithuania, Latvia, dan Estonia sudah menutup perbatasan mereka untuk warga negara Rusia.


Turis dan pejalan kaki di Old Town, Warsawa, Polandia, pada (16/8/2022). - Bloomberg -

Context.id, JAKARTA -  Empat negara anggota Uni Eropa yang berada di perbatasan Rusia, yakni Polandia, Lithuania, Latvia, dan Estonia sudah menutup perbatasan mereka untuk warga negara tersebut.

Namun, larangan tersebut hanya untuk pengunjung dengan tujuan pariwisata, nudaya, olahraga, dan bisnis. Sedangkan bagi pemegang izin tempat tinggal, anggota keluarga, korban kasus kemanusiaan, dan pemberontak dibebaskan dari larangan tersebut. 

Selain itu, Finlandia yang juga berbatasan dengan Rusia sebenarnya sudah memangkas jumlah visa yang dikeluarkan untuk warga negara Rusia yakni hanya 10 persen dari yang didaftarkan. Namun, Finlandia belum bergabung dengan empat negara tersebut untuk melarang para turis Rusia untuk masuk ke negaranya.

Diketahui, kebijakan-kebijakan ini diberlakukan sebagai tanggapan negara barat atas invasi Rusia ke Ukraina. 

Sebenarnya, Uni Eropa sudah membuat keputusan untuk mempersulit pembuatan visa dari Rusia ke negara-negara Uni Eropa, tetapi empat negara ini yang pertama kali bertindak untuk melarang warga Rusia untuk masuk ke wilayahnya.

Diketahui, menurut catatan dari Uni Eropa dan dilansir dari Moscow Times, lebih dari 1 juta penduduk Rusia masuk ke daerah Uni Eropa pada semester 1 2022, yang mana dianggap mengganggu keamanan daerah-daerah barat.

Lebih lanjut, hampir 66 persen penduduk tersebut masuk dari negara-negara Baltik dan Polandia. Sedangkan 33 persen sisanya masuk dari negara Finlandia. 

 


Diprotes Rusia

Ketika larangan Polandia dan negara-negara baltik mulai diberlakukan, kedutaan Rusia menganggap bahwa hal tersebut merupakan tindakan yang berlebihan.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

DJKI Gelar Klinik Kekayaan Intelektual di Seluruh Indonesia

Sejak 2022, MIC berhasil mendorong pertumbuhan KI di daerah-daerah melalui kerja sama DJKI dengan Kanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia

Noviarizal Fernandez | 26-04-2024

Wajah Bisa Menggambarkan Status Kelas Sosial, Ini Penjelasannya

Wajah seseorang dapat menggambarkan kondisi kehidupannya

Context.id | 26-04-2024

Rusia Veto Usulan Amerika Mengenai Penempatan Nuklir di Ruang Angkasa

Rusia tidak ingin pelarangan senjata di luar angkasa hanya berlaku untuk nuklir, mereka ingin pelarangan semua senjata atau hulu ledak lainnya.

Context.id | 26-04-2024

Perpusnas Prancis Karantina Buku Terkontaminasi Racun Arsenik

Ratusan sampul buku telah diteliti dan diduga ada kandungan logam berat

Context.id | 26-04-2024