Stories - 15 September 2022

Saham yang Cuan Besar Berkah Perang, Siapa?

PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO) memecahkan rekor pendapatan tertingginya pada semester pertama, sepanjang sejarah perusahaan.


Penyematan pita kepada anggota kepada anggota Adaro Rescue Team, Senin (1/10/2018). - Bisnis Indonesia -

Context.id, JAKARTA - Siapa sangka, larangan ekspor bahan baku energi oleh Rusia ke Eropa, justru menjadi berkah bagi perusahaan batubara di Indonesia. Keuntungan besar justru didapatkan dari 'bencana' yang dialami Eropa ini. Bahkan, sampai bagi-bagi cuan. Siapa sih memangnya?

Perusahaan itu adalah PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO) yang bergerak di bidang batubara, pemasok utama energi dunia. Pasalnya, emiten ini memecahkan rekor pendapatan tertingginya pada semester pertama, sepanjang sejarah perusahaan.

“Pendapatan, EBITDA (pendapatan sebelum bunga), dan laba bersih kami mencapai rekor tertinggi kinerja semester pertama sejak perusahaan pertama kali melantai di bursa 14 tahun lalu,” ujar Boy Thohir, Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Adaro Energy Indonesia dalam keterangan tertulisnya.

Diketahui, pendapatannya mencapai US$3,54 miliar atau sekitar Rp52,76 triliun. Angka itupun naik 127 persen dari periode yang sama di tahun lalu.

Selain itu, laba inti yang diperoleh perusahaan juga mencapai US$1.447 juta atau setara dengan Rp21,54 triliun pada pertengahan 2022, yang naik 338 persen dari tahun sebelumnya. 

Lebih lanjut, EBITDA (pendapatan sebelum bunga) operasional perusahaan juga meningkat 269 persen, dari semula US$635 juta menjadi US$2.339 juta. 

“Cuaca buruk, kelangkaan pasokan dan peristiwa-peristiwa geopolitis mendorong harga ke level yang tinggi dalam sejarahnya, sehingga menunjang kenaikan ASP (harga jual rata-rata)perusahaan,” ujar Boy Thohir lagi. 

Selain itu, perusahaan juga berhasil meningkatkan produksi sebesar 6 persen dibandingkan tahun sebelumnya, yakni dari 26,5 juta ton dari 28,0 juta ton. Alhasil, peningkatan tersebut juga membuat kenaikan penjualan batubara sebanyak 7 persen, dari mulanya 25,8 juta ton menjadi 27,5 juta ton. 

Maka dari itu ADRO melalui anak usahanya, PT Adaro Minerals Indonesia Tbk. (ADMR) sudah memberi tanda bahwa perusahaannya akan membagikan laba bersih perusahaan (dividen) pada investor, sesuai jumlah saham yang dimiliki. 


Emiten Batubara Digempur Tarif Royalti 

Sayangnya, industri batubara merupakan salah satu industri yang tidak ramah lingkungan, maka Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan adanya tarif royalti pada ADRO

ADRO kemungkinan akan dikenakan royalti sebesar 10,5 persen. Adapun persentase tersebut ditentukan dari harga rata-rata batubara global. 


ADRO Akan Masuk ke Pasar Mineral Hijau

Chief Financial Official Adaro Energy, Lie Luckman menyatakan bahwa perusahaan masih menunggu hasil kinerja emiten 2022 untuk menghitung dana belanja modal (capex) yang diperlukan.

“Untuk bertransformasi ke energi terbarukan, kami tahu, kami juga masuk ke mineral, tentu kita membutuhkan capex yang cukup besar,” ujar Lie Luckman.

Namun, ADRO tetap berkomitmen untuk tidak meninggalkan kepentingan investornya. Perusahaan akan memperhatikan dan menjaga profit perusahaan dalam jangka panjang.


Yang Cuan, Bukan Hanya ADRO

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sumber daya alam batubara, mulai dari Sabang hingga Merauke. Oleh karena itu, perusahaan yang bergerak di sektor batubara dan meraih untung karena perang bukan hanya ADRO. 

Namun, ada juga PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), PT Mitrabara Adiperdana Tbk. (MBAP), PT Baramulti Suksessarana Tbk. (BSSR), dan PT Golden Energy Mines Tbk. (GEMS).


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Tuai Pro-Kontra, Parlemen Swedia Sahkan Revisi UU Pergantian Kelamin

Parlemen Swedia telah mengesahkan revisi undang-undang baru yang memudahkan seseorang untuk mengubah jenis kelamin mereka

Context.id | 19-04-2024

Google Kembali PHK Karyawan, CEO Memprediksi Tahun Depan Juga

Sebelumnya, Google telah memecat ratusan karyawan pada Januari lalu demi efisiensi keuangan untuk pengembangan teknologi AI

Context.id | 19-04-2024

OJ Simpson, Dari Superstar Jadi Narapidana

Dia kemudian mencapai rekor dan menjadi salah satu pemain terhebat dalam sejarah American football.

Noviarizal Fernandez | 19-04-2024

Post Holiday Blues, Depresi Setelah Liburan

Tak jarang ditemui setelah liburan ada yang belum siap untuk kembali melakukan rutinitas sehingga mengalami kecemasan

Context.id | 19-04-2024