Stories - 15 September 2022

Ini Klarifikasi Pemuda Cirebon yang Dituding Bjorka

Identitas Bjorka diduga telah terungkap. Namun, anak muda asal Cirebon yang disebut sebagai Bjorka itu juga telah membantah tuduhan tersebut.


Profile picture hacker Bjorka

Context, JAKARTA - Drama serangan Bjorka baru saja memasuki babak baru. Identitas Bjorka dikabarkan telah terungkap dan pemuda asal Cirebon diduga sebagai pelakunya.

Pemuda Cirebon yang diduga sebagai Bjorka adalah Muhammad Said Fikriansyah. Tuduhan itu disampaikan oleh sebuah akun Instagram dengan username @volt_anonym pada Selasa (13/9/2022).

Namun, Muhammad Said telah membantah tuduhan yang diarahkan kepadanya. Ia menjelaskan bahwa dirinya tidak paham dengan aktivitas ngehack. Selama ini, yang ia lakukan adalah mengedit video, jauh berbeda dengan apa yang bisa dilakukan Bjorka.

“Halo semuanya, buat kalian yang menuduh saya ini Bjorka, intinya saya bukan Bjorka. Karena saya sendiri aktivitasnya ngedit, bukan tentang hacker-hackeran. Dan saya gak pernah tuh bisa ngehack. Dah itu aja,” ujar Muhammad Said dikutip Solopos.com.

Selain itu, di video klarifikasi Muhammad Said lainnya yang ia unggah di Instagram, ia mengatakan bahwa @volt_anonym menuduhnya sebagai Bjorka karena adanya kesamaan data di Bridge Forum. Namun, lagi-lagi Said pun membantahnya.

"Saya dituduh sebagai Bjorka, dia berbicara mengenai data yang saya share di Bridge Forum dan mengklaim data tersebut sama dengan data Bjorka. Padahal data itu adalah data yang pernah ada di Red Forum yang dulu." jelas Said di akun Instagramnya.

Lanjutnya, ia menyebutkan bahwa data yang ia unggah tersebut hanyalah data sampel. 

"Dan memang data itu data sampel, tidak ada pengaruh apa-apa tentang Bjorka. Kalau memang data tersebut merugikan kalian, saya minta maaf. Intinya saja bukan Bjorka seperti yang dituduhkan @volt_anonym,” tutupnya.


Dugaan Mengenai Sosok di Balik Bjorka

Sebelumnya, akun instagram @volt_anonym menyebutkan bahwa pemuda asal Cirebon tersebut adalah orang di balik Bjorka. Ia juga menyebutkan bahwa selama ini data-data yang dibocorkan Bjorka adalah hasil copy-paste, sehingga terkesan banyak.

"Data yang katanya 133M dari meretas Kominfo tidak lebih isinya cuma 200 data saja dan itu pun di-copy sehingga banyak data yang sama seolah-olah data yang dia curi sebanyak 133 M padahal cuma 200an," tulis @volt_anonym. "Ini sama saja data dump (sampah) yang sudah banyak kadaluarsa. Ngaku gak lu!!! @muhammadsaidfikriansyah," lanjutnya.

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyebutkan bahwa saat ini identitas Bjorka sudah dikantongi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri.

“Sampai sekarang ini, memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh Badan Intelijen Negara dan Polri; tetapi belum bisa diumumkan gambaran-gambaran siapa dan di mananya itu. Kami sudah punya alat untuk melacak itu semua,” kata Mahfud MD.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024