Stories - 14 September 2022

Mengenal Hacker dan Cracker, Selama Ini Salah Sebut?

Sebenarnya, hackers dan cracker merujuk pada satu tindakan yang sama, yakni hacking atau teknik untuk mendapatkan akses ke sistem yang tidak sah.


Ilustrasi peretas. - Istimewa -

Context.id, JAKARTA - Seringkali kita mendengar berita bahwa sebuah situs di hack atau mungkin berita mengenai sebuah situs yang diserang hacker. 

Tapi, apakah kata hacker merupakan istilah yang tepat untuk menyebut sang peretas?

Dilansir dari Geek for Geeks, sebuah situs pelatihan programming, hackers dan cracker merujuk pada satu tindakan yang sama, yakni hacking atau teknik untuk mendapatkan akses ke sistem yang tidak sah.

Namun, kegiatan ini ada yang merusak dan tidak merusak. Adapun orang yang masuk ke situs dengan tidak sah dan tidak merusak apapun disebut sebagai hacker. Biasanya, tujuan hacker adalah tujuan yang baik, yakni mendapatkan pengetahuan lebih mengenai situs tersebut.

Bahkan seringkali hacker memberitahu jika ada celah dalam keamanan sistem dan membantu developer untuk memperbaiki sistem yang berlubang itu. 

Dilansir dari Forbes, terdapat sejumlah hacker yang justru membantu membuat ekosistem siber menjadi jauh lebih baik, seperti DVD-Jon dengan jasanya yang membuat program DeCSS, Mudge dengan kemampuannya untuk mengindikasi apabila sebuah sistem akan membahayakan, dan banyak hacker baik lainnya. 

Sedangkan cracker kebalikannya. Cracker merupakan peretas yang masuk ke situs secara ilegal dan merusak hal-hal yang ada di situs tersebut. Jadi, jika seorang cracker menemukan celah dalam sistem keamanan, cracker cenderung membiarkan atau malah memanfaatkan celah tersebut untuk tujuan yang tidak baik, seperti menaruh virus atau membuat sistem menjadi berantakan. 

Selain itu, cracker juga seringkali mencuri data yang ada di sistem, mulai dari password, data keuangan dari bank, bahkan dalam beberapa kasus, para cracker juga mentransfer uang yang ada di rekening orang lain ke rekening mereka. 

Oleh karena itu, berdasarkan dari penjelasan tersebut, tindakan peretasan yang ramai baru-baru ini, yang sampai melakukan pencurian data atau bahkan mengubah tampilan web, seharusnya termasuk dalam tindakan yang dilakukan oleh cracker dan bukanlah hacker.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Lamun dan Rumput Laut Bisa Menangkal Perubahan Iklim

Jumlah karbon biru yaitu karbon yang dapat disimpan oleh ekosistem laut dan pesisir secara alami sebanyak 350.000 ton

Context.id | 25-04-2024

Mengenal Duck Syndrome, Istilah yang Lagi Populer

Sindrom ini menggambarkan seseorang yang mencoba menciptakan ilusi kehidupan yang sempurna, tetapi sebenarnya diliputi kecemasan yang sangat besar

Context.id | 25-04-2024

Fragmen Virus Flu Burung dalam Susu Pasteurisasi, Apakah Berbahaya?

Hasil pengetesan beberapa sampel susu pasteurisasi ditemukan sisa-sisa fragmen virus Flu Burung yang telah menginfeksi sapi perah

Context.id | 25-04-2024

Alasan Masyarakat hingga Pejabat Indonesia Gemar Berobat ke Luar Negeri

Pengobatan ke rumah sakit di luar negeri sejak lama menjadi tren yang berkembang di Indonesia

Context.id | 25-04-2024