Stories - 13 September 2022

Tiga Nama Pengganti Anies Baswedan, Siapa Saja?

Beberapa waktu yang lalu, sempat tersiar kabar bahwa DPRD sudah mengantongi tiga nama calon yang akan menjabat sebagai PJ Gubernur DKI Jakarta.


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria berfoto bersama usai menghadiri Rapat Paripurna. -Antara-

Context, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI telah menggelar rapat paripurna pengumuman pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah DKI Jakarta. Sudah dipastikan pada Oktober nanti, masa jabatan Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria berakhir.

Ketua DPRD Prasetyo Edi Marsudi mengatakan bahwa rapat tersebut adalah salah satu proses untuk kelengkapan administrasi pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur yang masa tugasnya akan berakhir pada tahun ini. 

Sebelum diadakannya Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia (Pilkada) DKI Jakarta pada 2024 nanti, DPRD akan mengusulkan tiga nama calon Penanggung Jawab (PJ) Gubernur kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan kemudian akan diteruskan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nantinya, presiden sendiri yang akan memilih satu dari tiga nama tersebut.


Tiga Nama Calon PJ Gubernur DKI Jakarta

Beberapa waktu yang lalu, sempat tersiar kabar bahwa DPRD sudah mengantongi tiga nama calon yang akan menjabat sebagai pemimpin sementara di DKI Jakarta. Dilansir dari Bisnis, tiga nama tersebut adalah Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali, Deputi IV Kantor Staf Presiden Juri Ardiantoro, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.


Marullah Matali 

Marullah menjadi salah satu pertimbangan karena dirinya bisa dibilang sudah cukup mengetahui seluk beluk DKI Jakarta. Pasalnya, ia sudah cukup lama bertugas di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. 

Berkat dedikasinya pada Pemprov dan Jakarta, ia telah diberikan penghargaan masa kerja 15 tahun dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta pada 2011 dan Penghargaan Satyalancana Karya Satya KL. 1 dari Presiden RI pada 2012. 

Sebelum menjadi Sekda di era Anies Baswedan, Marullah Matali sempat menjabat sebagai Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pariwisata dan Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan. 


Juri Ardiantoro

Juri adalah salah satu orang yang dekat dengan Presiden Jokowi. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf Amin pada Pemilu 2019 lalu. Kemudian, dia menjabat Kepala Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP), dan saat ini dirinya juga menjabat sebagai Rektor Universitas Nahdlatul Ulama untuk periode 2021-2025.

Sebelumnya, Juri aktif di dunia pemilihan umum. Pada 2003, ia menjadi pendiri Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP). Kemudian, ia menjadi Komisioner KPU DKI periode 2008-2013, sebelum akhirnya terpilih menjadi komisioner KPU pusat pada periode yang sama.


Heru Budi Hartono

Sejak 20 Juli 2017, Heru telah menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden. Namun, ia juga bukan lah nama yang asing bagi Pemprov DKI Jakarta. Pasalnya, ia sempat menjabat sebagai Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja sama Luar Negeri (KDH dan KLN) saat bangku Gubernur DKI masih diduduki oleh Jokowi.

Selain itu, ia juga sempat menjabat di beberapa posisi lainnya di Pemprov DKI Jakarta, antara lain sebagai Wali Kota Jakarta Utara, Staf Khusus Wali Kota Jakarta Utara, Staf Bagian Penyusunan Program Kota Jakarta Utara, dan Kasubag Pengendalian Pelaporan Kota Jakarta Utara.

Kemudian Kasubag Sarana dan Prasarana Kota Jakarta Utara, Kepala Bagian Umum Kota Jakarta Utara, Kepala Bagian Prasarana dan Sarana Perkotaan Kota Jakarta Utara, dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah DKI Jakarta pada masa Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Infrastruktur Pendukung F1 Powerboat Siap Digunakan

Wisatawan yang kebetulan berkunjung dipastikan turut menikmati ajang balap itu

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024

Melalui 4 Pilar ini Kanker Serviks Dapat Dicegah

Indonesia menduduki peringkat keempat pada angka kematian yang disebabkan oleh kanker serviks

Context.id | 27-02-2024

Ini 10 Bahan Alami Untuk Tingkatkan Kadar Hemoglobin

Hemoglobin dalam sel darah merah sangat penting dan sangat vital bagi tubuh manusia.

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024

Mobil Listrik Terus Diguyur Insentif

Pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil listrik.

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024