Stories - 07 September 2022

Anies Diperiksa KPK Soal Dugaan Korupsi Formula E

Anies diperiksa terkait penyelidikan dugaan korupsi pada pelaksanaan ajang balap internasional Formula E Jakarta.


Anies memenuhi panggilan KPK pada Rabu (9/7/2022). -Antara-

Context, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini (7/9/2022). Anies diperiksa terkait penyelidikan dugaan korupsi pada pelaksanaan ajang balap internasional Formula E Jakarta.

Dilansir dari Bisnis, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan jika Anies akan ditanyakan soal perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban dalam penyelenggaraan Formula E.

"Kami ingin tahu juga bagaimana pelaksanaannya apakah kemarin mendapatkan keuntungan? karena kalau tujuannya bisnis pasti kan pertimbangannya ini nanti mendapatkan keuntungan, banyak wisatawan yg datang menginap, menumbuhkan ekonomi, kan seperti itu yang perlu kita klarifikasi bagaimana penganggarannya," ujar Alex.

Selain itu, Pelaksana Tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri mengatakan, bahwa KPK membutuhkan keterangan untuk menemukan adanya dugaan peristiwa pidana. Pasalnya, sebelumnya ada laporan dari masyarakat mengenai dugaan korupsi dalam ajang Formula E Jakarta. "Tentu sebagai tindak lanjut KPK atas laporan masyarakat," kata dia.

Karena itu, KPK memeriksa berbagai pihak, termasuk salah satunya Anies Baswedan yang ikut bertanggungjawab dalam ajang balap mobil listrik ini.

"Dalam proses penyelidikan, KPK tentu dapat mengundang berbagai pihak untuk dikonfirmasi dan diklarifikasi oleh tim penyidik KPK, sehingga siapapun jika memang keterangannya dibutuhkan pasti akan kami panggil," kata Ali Fikri dikutip dari Tempo.


Anies Datang ke KPK

Setelah dipanggil, pada Rabu (7/9/2022) pagi Anies tiba di Gedung Merah Putih KPK. Namun, ia tidak berkomentar banyak mengenai pemanggilannya tersebut. Ia hanya mengucapkan “terima kasih,” sambil melambaikan tangan kepada wartawan yang menunggunya di pintu utama.

Satu hari sebelumnya, Anies mengaku tidak ada persiapan khusus dalam pemanggilan ini. "Ya, datang saja, tidak ada persiapan khusus," ujarnya. Namun ia mengatakan akan tetap mendatangi KPK, dan janjinya itu dibuktikan pada hari ini.

Selain Anies Baswedan, KPK sebelumnya sudah memeriksa beberapa orang lainnya untuk dimintai keterangan terkait kasus dugaan korupsi di ajang Formula E Jakarta. Tapi menurut Ali, karena penyidikan masih di tingkat pengumpulan bahan keterangan, maka materi penyelidikannya belum bisa disampaikan pada saat ini. 


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Lamun dan Rumput Laut Bisa Menangkal Perubahan Iklim

Jumlah karbon biru yaitu karbon yang dapat disimpan oleh ekosistem laut dan pesisir secara alami sebanyak 350.000 ton

Context.id | 25-04-2024

Mengenal Duck Syndrome, Istilah yang Lagi Populer

Sindrom ini menggambarkan seseorang yang mencoba menciptakan ilusi kehidupan yang sempurna, tetapi sebenarnya diliputi kecemasan yang sangat besar

Context.id | 25-04-2024

Fragmen Virus Flu Burung dalam Susu Pasteurisasi, Apakah Berbahaya?

Hasil pengetesan beberapa sampel susu pasteurisasi ditemukan sisa-sisa fragmen virus Flu Burung yang telah menginfeksi sapi perah

Context.id | 25-04-2024

Alasan Masyarakat hingga Pejabat Indonesia Gemar Berobat ke Luar Negeri

Pengobatan ke rumah sakit di luar negeri sejak lama menjadi tren yang berkembang di Indonesia

Context.id | 25-04-2024