Stories - 06 September 2022

BBM Naik, Buruh Demo Serentak di 34 Provinsi

Hari ini (9/6/2022) sejumlah kelompok buruh, mahasiswa, dan organisasi lainnya melakukan demo serentak di berbagai daerah di Indonesia.


Massa buruh menggelar aksi demo menolak kenaikan harga BBM di depan Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (6/9/2022) -Bisnis-

Context, JAKARTA - Hari ini (9/6/2022) sejumlah kelompok buruh, mahasiswa, dan organisasi lainnya melakukan demo serentak di berbagai daerah di Indonesia. Aksi mereka kali ini adalah sebagai bentuk penolakan terhadap kebijakan pemerintah dalam menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Di Jakarta, ribuan buruh sudah tiba di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sekitar pukul 10.45 WIB. Dilansir dari Tempo, aksi demo buruh tersebut rencananya akan terus dilakukan hingga pukul 18.00 WIB. Hal ini disampaikan oleh koordinator aksi, Edi Kuncoro.

“Tapi rencananya kami menyuarakan pendapat hingga pukul 18.00 WIB,” ujar Edi.

Massa buruh yang hadir di depan DPR tersebut terlihat membawa bendera dan seragam federasinya masing-masing. Hingga detik ini, demo buruh di Jakarta masih terpantau kondusif. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal juga menyatakan bahwa para buruh tidak akan mencoba untuk menerobos ke dalam gedung.

Dalam tuntutannya, Said Iqbal mengatakan bahwa para buruh mendesak agar DPR membentuk panitia kerja (panja) atau panitia khusus (pansus) BBM. “Kami minta dengan hormat [DPR] membentuk Panja atau Pansus tentang BBM,” kata Iqbal dikutip dari Bisnis.

Selain itu, Said Iqbal juga menyoroti harga BBM di Indonesia yang naik di tengah turunnya harga minyak dunia. Ia juga menyinggung soal harga BBM di Malaysia yang jauh lebih murah dibandingkan harga BBM Indonesia. 

“Harga BBM dunia sudah turun, di Malaysia RON 92 harga Rp7.000 per liter. Ada apa dengan Pertamina dan menteri, dengan mafia minyak bumi yang masih berkeliaran?” katanya.


Digelar Serentak di 34 Provinsi

Kenaikan BBM yang lumayan mengejutkan ini ternyata mendapatkan reaksi yang negatif dari masyarakat. Tidak peduli apa alasan pemerintah terhadap kenaikan BBM, banyak masyarakat, baik itu di jalanan maupun media sosial telah melayangkan protesnya pada kebijakan ini.

Ratusan organisasi buruh yang biasa menjadi ‘garda terdepan’ dalam melakukan aksi demo, turun ke jalan untuk mewakili masyarakat. Menurut Said Iqbal, aksi tidak hanya dilakukan di Jakarta saja, melainkan di 34 provinsi yang ada di Indonesia.

“Aksi ini diorganisir Partai Buruh dan organisasi serikat buruh, petani, nelayan, guru honorer, pembantu rumah tangga, buruh migran, miskin kota, dan organisasi perempuan,” kata Said.

Di setiap daerah, aksi demo tersebut akan ditujukan kepada Gubernur. Harapannya, para Gubernur di setiap daerah tersebut akan membuat surat rekomendasi yang ditujukan kepada Presiden dan DPR yang berada di Jakarta. Di Jakarta sendiri, demo diwakilkan oleh sekitar 2.000 buruh yang diinisiasi oleh Partai Buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Kronologi Harvey Moeis Jadi Tersangka Kasus Korupsi PT Timah

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha P ...

Context.id | 28-03-2024

Satelit Starlink Elon Musk Ikut Kawal Mudik Lebaran 2024 di Indonesia

Satelit luar angkasa penyedia jaringan internet milik Elon Musk, Starlink akan ikut hadir dan mengambil peran dalam masa mudik lebaran 2024 di Ind ...

Context.id | 28-03-2024

Rusia Tuding Barat dan Ukraina Dukung Serangan Teroris di Moskow

Tudingan itu dibantah Ukraina dan Prancis

Context.id | 27-03-2024

Ahli HAM PBB Serukan Sanksi dan Embargo Senjata Israel

lebih dari 30.000 orang Palestina terbunuh atas tindakan Israel dalam operasi militernya di Gaza

Context.id | 27-03-2024