Stories - 01 September 2022

Lagi-Lagi, Rusia Stop Kirim Gas Ke Eropa

Warga Eropa di beberapa wilayah dihantui kedinginan saat musim dingin nanti. Pasalnya, lagi-lagi Rusia menghentikan aliran gas dari negaranya.


Pipa Gas Nord Stream 1. -Bloomberg-

Context, JAKARTA - Warga Eropa di beberapa wilayah tengah dihantui kedinginan pada musim dingin nanti. Pasalnya, lagi-lagi Rusia menghentikan aliran gas dari negaranya melalui pipa Nord Stream 1 ke Eropa.

Penghentian aliran gas ke Eropa ini dilakukan Rusia dengan alasan perlunya melakukan perbaikan. Dilansir dari The Guardian, penghentian aliran gas melalui pipa yang menyusuri Laut Baltik ini telah dimulai sejak pukul 5 pagi pada hari Rabu (31/8/2022). Perusahaan energi negara Rusia, Gazprom menginformasikan bahwa penghentian akan berlangsung selama tiga hari.

Diberhentikannya pengiriman gas selama tiga hari ini menjadi yang terbaru dalam rangkaian penghentian pengiriman pasokan gas Rusia yang telah berkontribusi pada timbulnya krisis energi di Eropa. Tindakan penghentian dan pengurangan pasokan gas ke Eropa ini sudah dilakukan Rusia sejak invasinya ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari 2022.

Beberapa negara pasokan gas rusianya dihentikan antara lain Bulgaria, Denmark, Finlandia, Belanda, dan Polandia. Beberapa negara lain aliran gasnya dikurangi. Dalam beberapa bulan terakhir, aliran gas dari Rusia ke Eropa sudah berkurang hingga 40 persen.


Saling Tuduh

Bagi Rusia, penghentian aliran gas ke Eropa ini disebabkan oleh terhambatnya pengiriman peralatan akibat sanksi barat yang dijatuhkan kepada Rusia. Rusia juga menuduh bahwa Jerman menjadi salah satu aktor utama.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova menegaskan bahwa Jerman harus disalahkan karena dianggap “berusaha untuk sepenuhnya mematahkan” ikatan energi antara kedua negara. Jerman sendiri telah mengurangi ketergantungannya kepada gas Rusia, dari 55 persen pada Februari 2022, menjadi hanya 26 persen saat ini.

Sedangkan itu, di lain pihak Jerman menolak semua tuduhan Rusia dan menyebut negara Beruang Merah tersebut lah yang harus disalahkan. Jerman menuduh Rusia telah menggunakan sumber daya energinya, dalam hal ini gas, sebagai senjata melawan Eropa.


Respons Eropa

Pengurangan aliran gas yang dilakukan Rusia ke Eropa tentunya akan sangat terasa ketika musim dingin tiba. Pasalnya, masyarakat Eropa biasa bergantung pada aliran gas tersebut sebagai energi untuk menghangatkan rumah-rumah mereka. 

Karena itu, untuk mengantisipasi segala tindakan Rusia yang tidak bisa diprediksi, dilansir dari Reuters, beberapa masyarakat Eropa secara sukarela memilih untuk mengurangi konsumsi energi mereka. Hal itu mencangkup membatasi penggunaan peralatan listrik dan mengurangi mandi di tempat kerja guna menghemat anggaran perusahaannya.

Beruntungnya, persediaan gas di Eropa saat ini masih dibilang cukup. Secara keseluruhan, ketersediaan gas Uni Eropa sudah mencapai 80,17 persen dari kapasitas penyimpanannya. Namun jika tidak dengan perhitungan yang matang, persediaan gas bisa saja berkurang apabila konsumsi meningkat dan Rusia menghentikan pengiriman gas.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024