Stories - 30 August 2022

Harta Rektor UI Melesat, Humas: Belum Ditemukan Korupsi

Harta Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro dan eks Komisaris BNI meningkat drastis dalam tiga tahun terakhir. Asalnya dari mana saja ya?


Harta Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro dan eks Komisaris BNI meningkat drastis dalam tiga tahun terakhir. - Istimewa -

Context.id, JAKARTA - Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro menjadi sorotan beberapa hari ini, sejak mencuatnya kabar bahwa hartanya yang meningkat drastis dalam tiga tahun terakhir.

Data dari laman KPK memperlihatkan bahwa harta Ari mencapai Rp27,8 miliar pada 2018. Saat itu, ia menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia.

Namun dalam waktu tiga tahun saja, hartanya meningkat Rp35 miliar menjadi Rp62,3 miliar. Yaa, memang ia juga mengalami kenaikan jabatan menjadi rektor universitas terkemuka tersebut, tetapi seharusnya kenaikan hartanya tidak sebanyak itu.

Adapun kenaikan ini terlihat dari perbandingan harta. Ari tercatat baru membeli sebidang tanah dan bangunan, yang diperkirakan senilai Rp14,9 miliar, tanah yang dimiliki bertambah 10 dalam periode 3 tahun terakhir, serta bertambahnya dua mobil mewah di garasinya.

Tidak hanya itu, pada 2021 ia juga memiliki harga bergerak sebesar Rp240 juta, surat berharga Rp8,8 miliar, kas dan setara kas sebesar Rp30,8, serta harta lainnya Rp4,2 miliar.

Padahal pada 2018, ia hanya memiliki harta bergerak sejumlah Rp135 juta, surat berharga sebesar Rp1,2 miliar, dan kas serta setara kas sebesar Rp10 miliar 

 

Kabar Mencuat Karena Postingan BEM UI

Sebelumnya, BEM UI mengekspos hal tersebut dalam akun Instagram @bem_ui pada Sabtu (27/8/2022). Diketahui, BEM UI menyatakan bahwa Ari awalnya hanya memiliki kekayaan sebesar Rp27,8 miliar, seperti yang disampaikan sebelumnya. 

 

Ada di Web KPK, Bukan Terduga Korupsi

 

Kepala Biro Humas dan KIP Universitas Indonesia Amelita Lusia menyatakan bahwa memang setiap tahun harga kekayaan ASN di UI melaporkan hartanya ke KPK, termasuk rektor.

 “Setiap tahun, rektor dan semua penyelenggara negara, serta semua ASN di lingkungan Universitas Indonesia, melaporkan harta kekayaannya kepada KPK melalui mekanisme yang disebut sebagai Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) di lingkungan instansi pemerintah,” ujar Amelita.

Maka dari itu, Amelita menyatakan bahwa selama pelaporan itu, belum ada temuan dari KPK tentang kecurigaan asal harta kekayaan rektor Ali.

Lebih lanjut, Amelita berdalih bahwa peningkatan harta kekayaan rektor Ali ini juga karena ditopang penghasilan sang istri. Pasalnya, tak lama setelah Ali menjadi rektor, istrinya yakni Lana Soelistianingsih diangkat oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). 

 

Pernah Rangkap Jabatan, Hingga Masalah dengan BEM UI


Diketahui, Ari Kuncoro sebelumnya juga sempat diperbincangkan publik karena ia pernah rangkap jabatan sebagai Wakil Komisaris Utama Bank BRI, yang merupakan salah satu perusahaan milik negara. 

Hal itu pun tercuat karena sebelumnya lagi, BEM UI pernah dipanggil pihak Rektorat UI tentang unggahan Instagram atas kritikan terhadap Presiden Jokowi. 


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Sheila On 7 Kembali Gelar Tur, Mengapa Lagunya Tetap Populer hingga Kini?

Band asal Yogyakarta ini akan mengunjungi lima kota yaitu Samarinda, Makassar, Pekanbaru, Medan, dan Bandung dengan tur konser bertajuk Tunggu Aku ...

Context.id | 25-04-2024

Kenali Gejala Preeklamsia Pada Ibu Hamil

Penyakit ini terjadi karena tekanan darah yang tinggi, dan kandungan protein yang berlebihan di dalam urine.

Noviarizal Fernandez | 25-04-2024

Siomay Peringkat 1 Cemilan Terlezat Dunia

Setelah Rendang dan Sate, kini Siomay diakui sebagai salah satu dumpling atau cemilan berbahan pangsit terbaik dunia

Context.id | 25-04-2024

Kampus Elit AS Protes Genosida Gaza, Mengulang Sejarah Demo Perang Vietnam?

Periode 50-60an, mahasiswa dari berbagai kampus di Amerika Serikat melakukan unjuk rasa menolak keterlibatan AS dalam Perang Vietnam

Context.id | 25-04-2024