Originals - 26 August 2022

Nasionalisme Dulu dan Sekarang: Apa Bedanya?

Jika berbicara tentang nasionalisme, belakangan ini tidak jarang kita temukan pernyataan mengenai pudarnya nasionaslisme bagi generasi muda tanah air.

Context.id, JAKARTA - Belakangan ini, Indonesia banyak dilanda peristiwa sosial, mulai dari rasisme, diskriminasi, dan kesenjangan sosial.

Sampai terbesit pertanyaan, apakah masyarakat indonesia senang dilahirkan di indonesia? apakah masyarakat indonesia bangga menjadi bangsa Indonesia? Dan apakah masyarakat Indonesia mencintai tanah air-nya sendiri? Sayangnya, makin hari, pertanyaan-pertanyaan ini makin tidak dapat terjawab, karena nasionalisme dulu dan sekarang sudah berbeda.

Hal yang kini terjadi adalah benturan kepentingan, masyarakat terpolarisasi, kemudian ada sentimen anti kelompok tertentu. Inilah yang kemudian menjadi bukti bahwa bangsa dan negara, anak bangsa kita tidak lagi paham sejarah, tidak lagi paham tentang asal usul bangsanya.

Nah, ini sebenarnya yang mengkhawatirkan dan ini yang sangat berbahaya.

Nasionalisme di dalam dada, di dalam benak, di dalam pikiran kita akan pudar, jika masyarakat tidak lagi paham visi dan misi dari bangsa dan negaranya.

Maka diperlukan pemahaman tentang visi dan misi daripada bangsa dan negara kita. Kalau anak muda tidak lagi paham akan visi dan misi negara kita, maka kita akan melihat secara jelas, nanti kita akan bisa melihat mulai runtuhnya rasa nasionalisme.

Nantinya, akar kebangsaan juga akan semakin rapuh karena apa karena kesadaran tadi yang tidak ada dalam benak setiap masyarakat.


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Biaya UKT Mahal, Orang Miskin Dilarang Kuliah?

Membayar uang kuliah melalui skema pinjaman daring alias pinjol menarik perhatian publik dan memancing diskusi panjang.

Noviarizal Fernandez | 02-04-2024

50 Tahun Peristiwa Malari dan Sentimen Modal Asing

Peristiwa Malari merupakan kepingan sejarah dari perjalanan modal asing, khususnya Jepang di Indonesia.

Noviarizal Fernandez | 18-03-2024

Ini Biang Keladi yang Bikin Banyak BPR Tumbang

Dalam lima tahun terakhir saja, ada 167 BPR yang tumbang

Noviarizal Fernandez | 17-01-2024

Indonesia-Timor Leste Dari Luka Masa Lalu Menatap Masa Depan

Selama jadi bagian dari Indonesia, beberapa peristiwa terjadi, dan menyakiti hati rakyat Timor Timur

Noviarizal Fernandez | 02-01-2024