Stories - 19 August 2022

Jadi Tersangka, Putri Candrawathi Terancam Hukuman Mati

Polri menetapkan tersangka baru tewasnya Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. Kali ini, status tersangka disematkan pada Putri Candrawathi.


Kepala Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Komjen Pol Agung Budi Maryoto. - Bisnis -

Context.id, JAKARTA – Polri menetapkan tersangka baru atas tewasnya Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. Kali ini, status tersangka disematkan pada istri Irjen Pol Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (PC).

Penetapan tersangka ini setelah penyidik menjalankan pemeriksaan secara mendalam, pun dengan gelar perkara. Dengan begitu, sudah ada lima tersangka yang terlibat kasus Brigadir J, mereka adalah Ferdy Sambo, Bharada E, Bripka RR, KM, dan PC.

“Maka Penyidik menetapkan saudari PC sebagai tersangka,” tutur Inspektur Pengawasan Umum Komjen Pol Agung Budi Maryoto saat konferensi pers, Jumat (19/8) di Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Brigjen Andi Rian menyebut Putri Candrawathi telah menjadi bagian rencana pembunuhan Brigadir J. Sebelumnya, ia juga diperiksa sebanyak tiga kali sebelum akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

“PC ada di lokasi sejak di Jalan Saguling dan di Duren Tiga dan melakukan kegiatan yang menjadi bagian pembunuhan Brigadir J,” ujar Andi.

Akibat perbuatannya, Putri Candrawathi dijerat pasal pembunuhan berencana, yakni Pasal 340 subsidair Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) juncto Pasal 56 KUHP. Oleh karenanya, Putri terancam hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup.

 

Skenario Palsu Putri Candrawathi

Sebelumnya, Putri membuat laporan ke Polres Jakarta Selatan terkait pelecehan seksual terhadap dirinya yang dilakukan Brigadir J. Permasalahan inilah yang disebut melatarbelakangi kasus pembunuhan Brigadir J.

Akibat dugaan pelecehan tersebut, baku tembak pun terjadi antara Brigadir J dan Bharada E atau Richard Eliezer Pudihang Lumiu, di rumah dinas Ferdy Sambo di Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta. Seperti yang sempat dibeberkan polisi.

Namun, baru-baru ini tim khusus yang dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut jika kasus pelecehan yang dialami Putri hanyalah skenario palsu.



 


Penulis : Putri Dewi

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024