Stories - 01 August 2022

Waduh, Bansos Beras Presiden Ditimbun JNE di Depok

Puluhan karung beras dikubur dan dibuang begitu saja oleh perusahaan ekspedisi JNE di Depok, Jawa Barat.


Puluhan karung beras dikubur dan dibuang begitu saja oleh perusahaan ekspedisi JNE di Depok, Jawa Barat.

Context.id, JAKARTA - Puluhan karung beras dikubur dan dibuang begitu saja oleh perusahaan ekspedisi JNE di Depok, Jawa Barat. Padahal, beras-beras tersebut merupakan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat terdampak Covid-19.

Kabar tersebut pertama kali diketahui warga sekitar, yang mendapatkan informasi dari pegawai perusahaan pengiriman tersebut. “Saya dapat informasi dari orang dalam, ada pemendaman sembako. Kemudian, saya telusuri,” ujar Rudi Samin, warga setempat kepada wartawan, Minggu (31/7/2022).

Menurut Rudi, orang dalam tersebut adalah mantan pegawai yang diperintahkan langsung untuk menimbun sembako tersebut. Maka dari itu, Rudi berniat mengungkap sendiri kasus ini dengan menerjunkan alat berat untuk menggali lapangan yang berada di depan kantor JNE. Adapun menurut orang dalam tersebut, sembako yang ditimbun sejumlah 1 kontainer. 

“Saya penasaran. Cari sampai tiga hari dengan menggunakan bego (excavator), dan benar ada sembako ditimbun,” ujar Rudi lagi.

Rudi menyatakan bahwa di beberapa tumpukan yang ia temukan, terdapat kantong beras yang sudah membusuk dengan tulisan “Bantuan Presiden yang dikoordinir oleh Kementerian Sosial untuk bantuan tahun 2020”. 

Menanggapi hal tersebut, Head of Media Relation Department JNE Nugraha menyatakan bahwa penimbunan tersebut tidak menyalahi aturan. Pasalnya, hal tersebut sudah sesuai dengan prosedur penanganan barang rusak sesuai perjanjian kedua belah pihak.  

“Tidak ada pelanggaran yang dilakukan, karena sudah melalui proses standar operasional penanganan barang yang rusak sesuai dengan perjanjian kerjasama telah disepakati dari kedua belah pihak,” ujar Kurnia melalui keterangan pers. 

Namun, Kurnia juga menyatakan bahwa pihaknya siap menjalani setiap proses yang berlaku, apabila temuan bansos tersebut menimbulkan permasalahan.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024

Makna Simbolis dari Penetapan Hari Buku Sedunia

Raja Alfonso XIII dari Spanyol punya peran besar dalam menetapkan tanggal peringatan hari buku sedunia

Context.id | 23-04-2024