Stories - 01 August 2022

Waduh, Bansos Beras Presiden Ditimbun JNE di Depok

Puluhan karung beras dikubur dan dibuang begitu saja oleh perusahaan ekspedisi JNE di Depok, Jawa Barat.


Puluhan karung beras dikubur dan dibuang begitu saja oleh perusahaan ekspedisi JNE di Depok, Jawa Barat.

Context.id, JAKARTA - Puluhan karung beras dikubur dan dibuang begitu saja oleh perusahaan ekspedisi JNE di Depok, Jawa Barat. Padahal, beras-beras tersebut merupakan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat terdampak Covid-19.

Kabar tersebut pertama kali diketahui warga sekitar, yang mendapatkan informasi dari pegawai perusahaan pengiriman tersebut. “Saya dapat informasi dari orang dalam, ada pemendaman sembako. Kemudian, saya telusuri,” ujar Rudi Samin, warga setempat kepada wartawan, Minggu (31/7/2022).

Menurut Rudi, orang dalam tersebut adalah mantan pegawai yang diperintahkan langsung untuk menimbun sembako tersebut. Maka dari itu, Rudi berniat mengungkap sendiri kasus ini dengan menerjunkan alat berat untuk menggali lapangan yang berada di depan kantor JNE. Adapun menurut orang dalam tersebut, sembako yang ditimbun sejumlah 1 kontainer. 

“Saya penasaran. Cari sampai tiga hari dengan menggunakan bego (excavator), dan benar ada sembako ditimbun,” ujar Rudi lagi.

Rudi menyatakan bahwa di beberapa tumpukan yang ia temukan, terdapat kantong beras yang sudah membusuk dengan tulisan “Bantuan Presiden yang dikoordinir oleh Kementerian Sosial untuk bantuan tahun 2020”. 

Menanggapi hal tersebut, Head of Media Relation Department JNE Nugraha menyatakan bahwa penimbunan tersebut tidak menyalahi aturan. Pasalnya, hal tersebut sudah sesuai dengan prosedur penanganan barang rusak sesuai perjanjian kedua belah pihak.  

“Tidak ada pelanggaran yang dilakukan, karena sudah melalui proses standar operasional penanganan barang yang rusak sesuai dengan perjanjian kerjasama telah disepakati dari kedua belah pihak,” ujar Kurnia melalui keterangan pers. 

Namun, Kurnia juga menyatakan bahwa pihaknya siap menjalani setiap proses yang berlaku, apabila temuan bansos tersebut menimbulkan permasalahan.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024