Stories - 15 July 2022

Presiden Italia Larang PM ‘Super Mario’ Resign

Presiden Italia Sergio Mattarella langsung menolak pengunduran diri Perdana Menteri Mario Draghi.


Perdana Menteri Italia, Mario Draghi saat menghadiri G-7 Summit, Elmau, Jerman, pada (27/6/2022). - Bloomberg -

Context.id, JAKARTA - Presiden Italia Sergio Mattarella langsung menolak pengunduran diri Perdana Menteri Mario Draghi atau yang akrab disapa Super Mario, hanya beberapa menit setelah pernyataannya, Kamis (14/7/2022).

Mattarella pun meminta Mario untuk kembali ke parlemen dan melihat jika ia masih bisa mengumpulkan dukungan yang solid dari para pejabat pemerintahan. Oleh karena itu, media lokal mengatakan bahwa Mario akan kembali berbicara dengan parlemen pada Rabu (20/7/2022).

Jika hingga saat itu Mario masih belum mendapatkan dukungan, Mattarella akan menghentikan parlemen dan akan menyiapkan pemilihan ulang, sekitar akhir September. Normalnya, jabatan parlemen Mario akan berakhir pada musim semi 2023. 

Diketahui, PM Italia ini telah mengumumkan rencananya untuk mengundurkan diri pada Kamis (14/7/2022) setelah Gerakan Bintang Lima serta para mitra koalisi menolak mendukungnya dalam mosi tidak percaya atas RUU untuk memerangi melonjaknya harga dalam ekonomi Italia. 

Oleh karena itu, Mario merasa bahwa parlemen sudah tidak ada yang berada di pihaknya. “Saya ingin mengumumkan bahwa saya akan menyerahkan pengunduran diri saya kepada Presiden malam ini,” ujar Mario menurut pernyataan dari kantor kepresidenan, sesuai yang dikutip dari Al Jazeera.

Adapun keruntuhan pemerintahan Super Mario bermula saat Italia berusaha untuk mengamankan miliaran dana Uni Eropa, karena Italia sedang mengalami kekeringan parah. Selain itu, Italia juga sedang mencari cara untuk mengurangi ketergantungannya pada gas dari Rusia. 


Majunya Mario Sebagai PM Karena Undangan Presiden Mattarella

Dilansir dari Al Jazeera, pada 2021, Mario yang merupakan mantan kepala Bank Sentral Eropa diundang oleh Presiden Mattarella untuk memimpin negara itu. Pasalnya, Italia saat itu sedang menghadapi pemulihan pandemi Covid-19 dan di tengah upaya untuk mendorong ekonomi pascapandemi.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Kronologi Harvey Moeis Jadi Tersangka Kasus Korupsi PT Timah

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha P ...

Context.id | 28-03-2024

Satelit Starlink Elon Musk Ikut Kawal Mudik Lebaran 2024 di Indonesia

Satelit luar angkasa penyedia jaringan internet milik Elon Musk, Starlink akan ikut hadir dan mengambil peran dalam masa mudik lebaran 2024 di Ind ...

Context.id | 28-03-2024

Rusia Tuding Barat dan Ukraina Dukung Serangan Teroris di Moskow

Tudingan itu dibantah Ukraina dan Prancis

Context.id | 27-03-2024

Ahli HAM PBB Serukan Sanksi dan Embargo Senjata Israel

lebih dari 30.000 orang Palestina terbunuh atas tindakan Israel dalam operasi militernya di Gaza

Context.id | 27-03-2024