Stories - 14 July 2022

Ukraina Putuskan Hubungan dengan Korut, Kenapa?

Ukraina memutuskan hubungan dengan Korea Utara, setelah negara tersebut mengakui kemerdekaan separatis pro Rusia.


Poster \'Stop Putin\' di salah satu jalan Lviv, Ukraina, Jumat (25/3/2022). - Bloomberg -

Context.id, JAKARTA - Ukraina memutuskan hubungan dengan Korea Utara, setelah negara tersebut mengakui kemerdekaan separatis pro Rusia, Rabu (13/7/2022). Adapun negara dari separatis pro Rusia itu disebut Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Lugansk.

“Sebagai tanggapan… Ukraina mengumumkan akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Republik Demokratik Rakyat Korea,” ujar pernyataan tersebut, dikutip dari NDTV.

Maka dari itu, Kementerian Luar Negeri Ukraina sangat mengecam keputusan Korea Utara. Pasalnya, Ukraina menganggap kedua wilayah itu masih diduduki sementara oleh Rusia.

“Kami menganggap keputusan ini sebagai upaya Pyongyang untuk merusak kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina,” ujar Kementerian Luar Negeri Ukraina dalam situsnya, dilansir dari RFERL.

Adapun pengakuan oleh Korea Utara tersebut tidak terlepas dari hubungan antara Rusia dan negara Asia Timur. Belum lagi Rusia yang telah lebih dulu mengakui kemerdekaan kedua wilayah itu, memang meminta Korea Utara untuk melakukan hal serupa.

Diketahui, wilayah Donetsk dan Lugansk awalnya berada di daerah Ukraina Timur dan terletak di daerah pertambangan batubara Donbas. Sejak 2014, sebagian wilayah tersebut dikendalikan oleh pasukan pro Rusia, yang mana sering disebutkan sebagai salah satu langkah untuk mengambil paksa wilayah Ukraina.

Sampai akhirnya pada Selasa (12/7/2022), pasukan separatis dari wilayah Donetsk meresmikan kedutaan “negara” tersebut di Moskow dan membangun hubungan diplomatik dengan Korea Utara.

Kemudian pada Rabu (13/7/2022), Korea Utara sebagai negara ketiga setelah Rusia dan Suriah yang mengakui kemerdekaan sebagian dari wilayah Donetsk dan Luhansk yang diduduki oleh separatis Rusia.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kelompok Separatis di wilayah Donetsk, Denis Pushilin mengatakan di Telegram bahwa ia mengharapkan "kerja sama yang bermanfaat" dan meningkatkan perdagangan dengan Korea Utara.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Tuai Pro-Kontra, Parlemen Swedia Sahkan Revisi UU Pergantian Kelamin

Parlemen Swedia telah mengesahkan revisi undang-undang baru yang memudahkan seseorang untuk mengubah jenis kelamin mereka

Context.id | 19-04-2024

Google Kembali PHK Karyawan, CEO Memprediksi Tahun Depan Juga

Sebelumnya, Google telah memecat ratusan karyawan pada Januari lalu demi efisiensi keuangan untuk pengembangan teknologi AI

Context.id | 19-04-2024

OJ Simpson, Dari Superstar Jadi Narapidana

Dia kemudian mencapai rekor dan menjadi salah satu pemain terhebat dalam sejarah American football.

Noviarizal Fernandez | 19-04-2024

Post Holiday Blues, Depresi Setelah Liburan

Tak jarang ditemui setelah liburan ada yang belum siap untuk kembali melakukan rutinitas sehingga mengalami kecemasan

Context.id | 19-04-2024