Originals - 13 July 2022

Pink Tax: Ada Pajak Menjadi Seorang Perempuan

Sadar enggak, sedari dulu, produk sudah dilabeli dengan tag feminin dan tag maskulin.

Context.id, JAKARTA - Hampir seumur hidup, biaya hidup wanita lebih mahal dibandingkan laki-laki.

Dimulai dari pakaian. Harga baju milik anak perempuan rata-rata lebih mahal 4% dibandingkan baju anak laki-laki. Selain itu, harga mainan juga sama. Kocek yang dikeluarkan untuk mainan perempuan akan lebih banyak hingga 7% dibandingkan harga robot ataupun mainan laki-laki yang lain.

Lalu, di beberapa negara, banyak layanan seperti dry clean, potong rambut, dan perawatan mobil juga dapat dikenakan biaya yang lebih banyak, jika kamu seorang wanita.

Menurut UK Yahoo, hal ini dikarenakan barang-barang perempuan memiliki bahan dasar yang lebih mahal, kemasan yang lebih mewah, dan wangi yang lebih kompleks dibandingkan produk pria.

Selain itu, ada pula sebuah gagasan kuno yang menyatakan bahwa wanita suka berbelanja dan menghabiskan uang lebih banyak dari pria. Dengan demikian, kampanye retail sering menargetkan konsumen wanita dan membuat barang yang spesifik untuk wanita. Fenomena ini dinamakan Pink Tax atau pajak perempuan.

Sebenarnya, sejumlah negara bagian di Amerika sudah mengesahkan undang-undang yang menentang penetapan harga produk dan layanan berbasis gender yang diskriminatif. Seperti California, New York, dan Miami. Tapi ternyata tak segampang itu. Karena, walaupun harga ditetapkan, tapi tarif impor yang sebenarnya lebih krusial, masih belum bisa diatur.

Oleh karena itu, cara satu-satunya untuk mencegah Pink Tax berbelanja produk yang netral gender. Memang tidak semua produk bisa diterapkan dengan cara demikian, tetapi mungkin tindakan ini dapat mengurangi pengeluaran berlebihan akibat pink tax.


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Ini Biang Keladi yang Bikin Banyak BPR Tumbang

Dalam lima tahun terakhir saja, ada 167 BPR yang tumbang

Noviarizal Fernandez | 17-01-2024

Indonesia-Timor Leste Dari Luka Masa Lalu Menatap Masa Depan

Selama jadi bagian dari Indonesia, beberapa peristiwa terjadi, dan menyakiti hati rakyat Timor Timur

Noviarizal Fernandez | 02-01-2024

Petaka di Balik Pengeboran Minyak Bumi

Sekitar 10 hari setelah ledakan, minyak sudah mulai terlihat di wilayah Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia dan terus memburuk setiap harinya.

Noviarizal Fernandez | 26-12-2023

Sampah Plastik Dari Solusi Jadi Masalah

Awalnya, kantong plastik diciptakan untuk menyelamatkan dunia, tapi kemudian menjadi masalah.

Noviarizal Fernandez | 19-12-2023