Stories - 12 July 2022

Luhut Minta Kantor Pusat Grab Pindah ke Indonesia

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar Grab hanya memiliki satu kantor pusat, yakni di Indonesia.


Kantor pusat perusahaan ride-hailing Grab di Singapura, Rabu (18/5/2022). - Bloomberg-

Context.id, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar Grab hanya memiliki satu kantor pusat, yakni di Indonesia. 

Hal ini disebutkannya seturut dengan dukungan pemerintah pada program baru Grab, Grab Electric. “Grab Electric akan kami dukung terus pokoknya sepanjang untuk Indonesia. Hanya satu permintaan. Headquarter-nya dipindah ke sini lagi dari Singapura,” ujar Luhut.

Permintaan Luhut ini bukan pertama kalinya terjadi. Pada 2020, Luhut juga pernah meminta hal serupa pada 2020. Pasalnya pada saat itu, kantor pusat Grab ada di dua negara, yakni Indonesia dan Singapura. 

 “Kami apresiasi perusahaan seperti grab yang membuka dual headquarter di Indonesia. Yang sebenarnya saya harapkan cuma satu, di Indonesia saja. Tapi sementara ini tidak apalah begini dulu, dual headquarter,” ujar Luhut pada saat itu.

Menurutnya, hal ini diharapkan agar sumber daya manusia di Tanah Air bisa bekerja dan berkarya di negeri sendiri. Selain itu, penempatan markas di Indonesia juga dapat meningkatkan kepercayaan investor atas kesiapan sumber daya di Indonesia serta dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat.

Pasalnya, selama ini Grab merupakan salah satu pemain terbesar layanan ride-hailing di Indonesia, selain pesaingnya Gojek. 


Grab Ekspansi Bisnis ke Kendaraan Listrik

Diketahui, perusahaan ini sedang berekspansi ke kegiatan yang lebih ramah lingkungan dengan menyediakan kendaraan listrik sebanyak 8500 unit di delapan provinsi sejak 2019.

Maka dari itu, Luhut sangat mendukung program Grab ini. Ia bahkan mengungkap bahwa pemerintah akan menggembangkan pilot project konversi sepeda motor ke motor bertenaga listrik untuk penggunaan dalam negeri, khususnya untuk destinasi wisata. 

“Dalam dua setengah tahun ke depan, kita buat pilot projectnya untuk di Bali, Borobudur, dan destinasi wisata. Ini sedang kita kaji,” ujar Luhut.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024