Stories - 08 July 2022

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Usai Ditembak

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak di bagian dada dan akhirnya meninggal dunia, pada Jumat (8/7/2022) sore hari waktu setempat.


Eks PM Jepang Shinzo Abe melepas maskernya sebelum berbicara di sebuah konferensi pers di Jepang, Senin (25/5/2022). - Bloomberg/ Reuters-

Context.id, JAKARTA - Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak di bagian dada dan meninggal dunia, Jumat (8/7/2022). Sebelum meninggal dunia, ia diketahui sempat tidak sadarkan diri dan mengalami gagal jantung.

Mengutip NHK, Abe ditembak dua kali dari bagian belakang dengan senapan. Tembakan pertama menyebabkan ia tersandung ke belakang dan menimbulkan gumpalan asap. Kemudian tembakan kedua membuatnya jatuh ke tanah dan tampak berdarah. 

Setelah insiden, sebenarnya Abe langsung diterbangkan ke rumah sakit dengan helikopter untuk mendapatkan penanganan yang intensif. Namun, nasib berkata lain, Abe harus menghembuskan nafas terakhirnya setelah mendapatkan penanganan. 

 

PELAKU PENEMBAKAN LANGSUNG DITANGKAP

Pelaku dalam serangan terhadap Shinzo Abe langsung diamankan polisi. Dia adalah Tetsuya Yamagami, berusia 40 tahun, penduduk kota Nara.

Perlu diakui, serangan ini cukup mengejutkan. Pasalnya, Jepang merupakan salah satu negara teraman di dunia, yang juga memiliki beberapa peraturan mengenai senjata yang sangat ketat. 

Namun, hal yang tak diinginkan terjadi. Abe, yang saat itu sedang memberikan pidato kampanye, tertembak dan sekitar 6 jam kemudian, ia menyambut ajalnya.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Miliarder Beli Klub Eropa, Ada Pengaruh ke Sepak Bola Indonesia?

Deretan pengusaha kakap Tanah Air miliki saham mayoritas di klub-klub sepak bola luar negeri

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Polemik Pernikahan Massal 100 Anak Perempuan di Nigeria

Pendidikan lebih prioritas bagi anak-anak perempuan dibandingkan memaksanya untuk melakukan pernikahan

Context.id | 17-05-2024

Reimajinasi Baru Museum dan Cagar Budaya Menjadi Ruang Belajar Inklusif.

Kemdikbudristek meluncurkan Indonesian Heritage Agency atau IHA untuk memberikan citra baru bagi museum dan situs budaya nasional.

Context.id | 17-05-2024

Cerita Petani Kopi Binaan Starbucks, Kualitas Makin Baik Untung Kian Tebal

Starbucks FSC berkomitmen membantu para petani lokal dalam mengelola dan meningkatkan kualitas kopi yang mereka tanam

Ririn oktaviani | 17-05-2024