Stories - 08 July 2022

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Usai Ditembak

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak di bagian dada dan akhirnya meninggal dunia, pada Jumat (8/7/2022) sore hari waktu setempat.


Eks PM Jepang Shinzo Abe melepas maskernya sebelum berbicara di sebuah konferensi pers di Jepang, Senin (25/5/2022). - Bloomberg/ Reuters-

Context.id, JAKARTA - Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak di bagian dada dan meninggal dunia, Jumat (8/7/2022). Sebelum meninggal dunia, ia diketahui sempat tidak sadarkan diri dan mengalami gagal jantung.

Mengutip NHK, Abe ditembak dua kali dari bagian belakang dengan senapan. Tembakan pertama menyebabkan ia tersandung ke belakang dan menimbulkan gumpalan asap. Kemudian tembakan kedua membuatnya jatuh ke tanah dan tampak berdarah. 

Setelah insiden, sebenarnya Abe langsung diterbangkan ke rumah sakit dengan helikopter untuk mendapatkan penanganan yang intensif. Namun, nasib berkata lain, Abe harus menghembuskan nafas terakhirnya setelah mendapatkan penanganan. 

 

PELAKU PENEMBAKAN LANGSUNG DITANGKAP

Pelaku dalam serangan terhadap Shinzo Abe langsung diamankan polisi. Dia adalah Tetsuya Yamagami, berusia 40 tahun, penduduk kota Nara.

Perlu diakui, serangan ini cukup mengejutkan. Pasalnya, Jepang merupakan salah satu negara teraman di dunia, yang juga memiliki beberapa peraturan mengenai senjata yang sangat ketat. 

Namun, hal yang tak diinginkan terjadi. Abe, yang saat itu sedang memberikan pidato kampanye, tertembak dan sekitar 6 jam kemudian, ia menyambut ajalnya.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Lamun dan Rumput Laut Bisa Menangkal Perubahan Iklim

Jumlah karbon biru yaitu karbon yang dapat disimpan oleh ekosistem laut dan pesisir secara alami sebanyak 350.000 ton

Context.id | 25-04-2024

Mengenal Duck Syndrome, Istilah yang Lagi Populer

Sindrom ini menggambarkan seseorang yang mencoba menciptakan ilusi kehidupan yang sempurna, tetapi sebenarnya diliputi kecemasan yang sangat besar

Context.id | 25-04-2024

Fragmen Virus Flu Burung dalam Susu Pasteurisasi, Apakah Berbahaya?

Hasil pengetesan beberapa sampel susu pasteurisasi ditemukan sisa-sisa fragmen virus Flu Burung yang telah menginfeksi sapi perah

Context.id | 25-04-2024

Alasan Masyarakat hingga Pejabat Indonesia Gemar Berobat ke Luar Negeri

Pengobatan ke rumah sakit di luar negeri sejak lama menjadi tren yang berkembang di Indonesia

Context.id | 25-04-2024