Share

Home Stories

Stories 22 Juli 2025

Hanya dengan Menonton Live, Kini Kamu Bisa Belanja di TikTok!

TikTok Shop telah merevolusi belanja online dengan konsep "discovery e-commerce ", di mana pengguna bisa menemukan dan membeli produk langsung dari live.

Ilustrasi TikTok Shop - Freepik

Context.id, JAKARTA - TikTok sudah tidak lagi dikenal sebagai platform dengan tren joget viral atau bernyanyi. Kini TikTok mulai dikenal sebagai platform jual beli lewat fitur TikTok Shop. 

TikTok Shop pertama kali diluncurkan di AS pada September 2023. Lewat fitur-fiturnya, penjual bisa membuka peluang bisnis dengan membuat etalase produk dan melakukan live untuk mempromosikan serta memberikan ulasan terkait produk secara langsung sesuai dengan permintaan penonton. Penjual juga dapat menawarkan diskon kepada calon pembeli dengan nominal diskon yang cukup menggiurkan pada saat live. Dilansir dari website resminya, mereka menyebut hal tersebut dengan discovery e-commerce.

TikTok mengemukakan bahwa pada tahun 2024, berbagai brand dan kreator telah mengadakan lebih dari 8 juta jam sesi belanja live di Amerika Serikat. Survei GlobalData juga menunjukkan bahwa 76% konsumen yang berinteraksi dengan TikTok Shop membeli sesuatu dari live dalam satu tahun terakhir.

Berbagai brand besar dan bisnis kecil menggunakan TikTok Shop untuk menjual produknya. TikTok juga mengungkapkan bahwa dalam setahun terakhir, penjualan ke bisnis kecil di Amerika Serikat telah tumbuh sebesar 70% dari tahun ke tahun.

Pembeli dapat menemukan berbagai pilihan kategori seperti pakaian wanita, kecantikan & perawatan pribadi, kesehatan, olahraga & outdoor, serta elektronik. Adapun beberapa merek besar yang bergabung dalam TikTok Shop seperti, Fenty Beauty, Crocs, Philips, dan bahkan akhir-akhir ini YSL Beauty Indonesia juga baru mempromosikan produknya lewat live di TikTok. 

Ada Apa dengan TikTok Shop?

Sebuah platform yang membantu merek menganalisis dan mengoptimalkan kinerja penjualan, pemasaran, dan operasinya bernama Profitero mengemukakan bahwa TikTok Shop membawa sentuhan uniknya sendiri ke dunia perdagangan online. TikTok Shop dinilai dapat meningkatkan brand awareness, memiliki akses besar terhadap konsumen generasi Z, dan mencantumkan transparansi data (seperti berapa jumlah barang yang sudah habis terjual).

Selain itu, Profitero berasumsi bahwa algoritma pencarian TikTok bekerja, seperti Amazon. TikTok mempertimbangkan berbagai elemen, termasuk riwayat penjualan, ulasan, dan bagian klik, dan mungkin juga faktor terkait afiliasi seperti pembuat konten yang mempromosikan produk. 

TikTok Shop berkembang pesat dengan konten yang dibuat pengguna. Ini secara mulus memasangkan pembuat konten dengan merek dan produk, menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih menarik dan interaktif. 

Kalau kamu sering belanja apa lewat TikTok Shop?


Penulis: Syifa Khairunnisa Zahra



Penulis : Context.id

Editor   : Fahri N. Muharom

Stories 22 Juli 2025

Hanya dengan Menonton Live, Kini Kamu Bisa Belanja di TikTok!

TikTok Shop telah merevolusi belanja online dengan konsep "discovery e-commerce ", di mana pengguna bisa menemukan dan membeli produk langsung dari live.

Ilustrasi TikTok Shop - Freepik

Context.id, JAKARTA - TikTok sudah tidak lagi dikenal sebagai platform dengan tren joget viral atau bernyanyi. Kini TikTok mulai dikenal sebagai platform jual beli lewat fitur TikTok Shop. 

TikTok Shop pertama kali diluncurkan di AS pada September 2023. Lewat fitur-fiturnya, penjual bisa membuka peluang bisnis dengan membuat etalase produk dan melakukan live untuk mempromosikan serta memberikan ulasan terkait produk secara langsung sesuai dengan permintaan penonton. Penjual juga dapat menawarkan diskon kepada calon pembeli dengan nominal diskon yang cukup menggiurkan pada saat live. Dilansir dari website resminya, mereka menyebut hal tersebut dengan discovery e-commerce.

TikTok mengemukakan bahwa pada tahun 2024, berbagai brand dan kreator telah mengadakan lebih dari 8 juta jam sesi belanja live di Amerika Serikat. Survei GlobalData juga menunjukkan bahwa 76% konsumen yang berinteraksi dengan TikTok Shop membeli sesuatu dari live dalam satu tahun terakhir.

Berbagai brand besar dan bisnis kecil menggunakan TikTok Shop untuk menjual produknya. TikTok juga mengungkapkan bahwa dalam setahun terakhir, penjualan ke bisnis kecil di Amerika Serikat telah tumbuh sebesar 70% dari tahun ke tahun.

Pembeli dapat menemukan berbagai pilihan kategori seperti pakaian wanita, kecantikan & perawatan pribadi, kesehatan, olahraga & outdoor, serta elektronik. Adapun beberapa merek besar yang bergabung dalam TikTok Shop seperti, Fenty Beauty, Crocs, Philips, dan bahkan akhir-akhir ini YSL Beauty Indonesia juga baru mempromosikan produknya lewat live di TikTok. 

Ada Apa dengan TikTok Shop?

Sebuah platform yang membantu merek menganalisis dan mengoptimalkan kinerja penjualan, pemasaran, dan operasinya bernama Profitero mengemukakan bahwa TikTok Shop membawa sentuhan uniknya sendiri ke dunia perdagangan online. TikTok Shop dinilai dapat meningkatkan brand awareness, memiliki akses besar terhadap konsumen generasi Z, dan mencantumkan transparansi data (seperti berapa jumlah barang yang sudah habis terjual).

Selain itu, Profitero berasumsi bahwa algoritma pencarian TikTok bekerja, seperti Amazon. TikTok mempertimbangkan berbagai elemen, termasuk riwayat penjualan, ulasan, dan bagian klik, dan mungkin juga faktor terkait afiliasi seperti pembuat konten yang mempromosikan produk. 

TikTok Shop berkembang pesat dengan konten yang dibuat pengguna. Ini secara mulus memasangkan pembuat konten dengan merek dan produk, menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih menarik dan interaktif. 

Kalau kamu sering belanja apa lewat TikTok Shop?


Penulis: Syifa Khairunnisa Zahra



Penulis : Context.id

Editor   : Fahri N. Muharom


RELATED ARTICLES

Hitungan Prabowo Soal Uang Kasus CPO Rp13,2 Triliun, Bisa Buat Apa Saja?

Presiden Prabowo Subianto melakukan perhitungan terkait uang kasus korupsi CPO Rp13,2 triliun yang ia sebut bisa digunakan untuk membangun desa ne ...

Renita Sukma . 20 October 2025

Polemik IKN Sebagai Ibu Kota Politik, Ini Kata Kemendagri dan Pengamat

Terminologi ibu kota politik yang melekat kepada IKN dianggap rancu karena bertentangan dengan UU IKN. r n r n

Renita Sukma . 18 October 2025

Dilema Kebijakan Rokok: Penerimaan Negara Vs Kesehatan Indonesia

Menkeu Purbaya ingin menggairahkan kembali industri rokok dengan mengerem cukai, sementara menteri sebelumnya Sri Mulyani gencar menaikkan cukai d ...

Jessica Gabriela Soehandoko . 15 October 2025

Di Tengah Ketidakpastian Global, Emas Justru Terus Mengkilap

Meskipun secara historis dianggap sebagai aset lindung nilai paling aman, emas kerap ikut tertekan ketika terjadi aksi jual besar-besaran di pasar ...

Jessica Gabriela Soehandoko . 13 October 2025