Stories - 27 June 2022

Ronaldinho Cuma Main 30 Menit di Malang, Kenapa?

Pada Minggu (26/6/2022), Ronaldinho bermain dalam ajang Trofeo Ronaldinho bersama klub RANS Nusantara, melawan Persik Kediri dan Arema FC.


Ronaldinho keluar dari terminal Soekarno Hatta dengan disambut banyak orang pada Jumat (24/6/2022).

Context, JAKARTA - Pada Minggu (26/6/2022), Legenda sepak bola asal Brazil, Ronaldinho bermain di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Di sana Ia bermain dalam ajang Trofeo Ronaldinho bersama klub RANS Nusantara, melawan Persik Kediri dan Arema FC.

Sebelum pertandingan dimulai, para pemain dari Arema FC dan Persik Kediri berbaris untuk memberikan penghormatan kepada legenda sepak bola tersebut. Kemudian, Ronaldinho pun keluar menuju lapangan, ditemani oleh Raffi Ahmad dan Rudy Salim selaku pemilik dari RANS Nusantara FC.

Setelah sesi penghormatan, para pemain dari Arema FC dan Persik Kediri bergantian untuk meminta foto bersama Ronaldinho. Kebahagiaan para pemain sangat terlihat saat itu. Bagi sebagian dari mereka, mungkin Ronaldinho adalah seseorang yang selama ini diidolakan. 

Menurut pelatih dari RANS Nusantara FC Rahmad Darmawan, kehadiran Ronaldinho selain membawa hiburan, juga membawa motivasi bagi para pemain, dan seluruh pecinta sepak bola di Indonesia.

“Ronaldinho memberikan motivasi bagi kita dan semua untuk terus memperbaiki sepak bola secara keseluruhan,” ujar Rahmad Darmawan. 


Cuma Bermain 30 Menit

Umur memang tidak bisa bohong. Saat ini, mantan pemain Barcelona itu sudah berusia 40 tahun. Hal tersebut menjadikan fisik dari seorang Ronaldinho tidak bugar lagi seperti dulu. Padahal, di era keemasannya, Ronaldinho adalah seorang pesepak bola yang sangat lincah. Ia terkenal dengan gocekan-gocekannya yang bisa membat lawan salah langkah.

Pada ajang Trofeo Ronaldinho ini pun ia dijadwalkan untuk bermain dua kali, atau 2 kali 30 menit. Namun, ternyata ia tidak sanggup melanjutkannya. Ia hanya bisa menghibur penonton Kanjuruhan dalam waktu 30 menit saja melawan Persik Kediri.  

Dalam pertandingan tersebut, Ronaldinho juga terlihat hanya beberapa kali memegang bola dan jarang sekali membawa bola. Hasil akhirnya pun kurang menghibur, tidak ada gol yang tercipta, dan kemenangan harus ditentukan oleh adu penalti. Akhirnya, Ronaldinho dan RANS Nusantara FC harus mengakui kemenangan 4-2 dari Persik Kediri.


"Fun Football" yang Tidak Terlalu 'Fun"

Trofeo Ronaldinho seharusnya adalah sebuah ajang eksebisi yang menghadirkan “Fun Football” sebagai hiburan. Apa lagi saat itu para penonton, baik itu yang hadir di stadion maupun yang melalui layar kaca ingin melihat Ronaldinho banyak memegang bola. Namun kenyataannya, para pemain yang bermain di ajang tersebut dianggap terlalu serius. 

Hasilnya, ajang eksebisi ini berubah menjadi ajang uji coba antar klub biasa. Tidak ada hiburan yang tercipta, hanya sebatas pertandingan sepak bola yang dihadiri oleh legenda sepak bola, Ronaldinho. 

Pertandingan yang serius ini menjadi salah satu alasan kenapa Ronaldinho tidak sanggup melanjutkan permainan. Pertandingan yang berjalan cepat, membuat Ronaldinho tidak bisa berhenti berlari. Namun, meskipun hanya bermain singkat, Ronaldinho sudah berhasil memberikan beberapa skill yang setidaknya bisa menghibur penonton.

“Ronaldinho setelah pertandingan pertama, mengatakan tidak siap lagi karena kondisi fisiknya akibat aktivitas yang padat sebelum lagai ini. Ia bisa memberikan beberapa situasi yang menarik di dalam pertandingan, dan masih memberikan banyak kill pas yang bagus, itu sesuatu yang cukup bagus,” kata Rahmad Darmawan.

 

Agendanya Padat

Sebelum bermain dalam ajang Trofeo Ronaldinho, legenda sepak bola Brasil ini telah mengikuti beberapa agenda selama menginjakkan kaki di Indonesia. Mulai dari konferensi pers, menghadiri launching jersey RANS Nusantara FC, dan juga melakukan coaching clinic bersama anak-anak.

Coaching clinic yang dilakukan Ronaldinho itu bertepatan pada hari yang sama saat ia mengikuti ajang Trofeo Ronaldinho, yaitu pada hari Minggu (26/6/2022). Acara bersama anak-anak tersebut diadakan di Unggul Sport Center.

Dalam coaching clinic tersebut, Ronaldinho mengaku senang melihat banyak anak-anak yang berbakat. Ia pun berharap kalau suatu saat nanti anak-anak tersebut bisa bertransformasi menjadi pesepak bola yang hebat.

"Antusiasme yang sangat luar biasa hari ini. Melihat anak-anak di sini semua memiliki bakat untuk menjadi pemain hebat," kata Ronaldinho saat melakukan coaching clinic di hari Minggu (26/6/2022).


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024

Makna Simbolis dari Penetapan Hari Buku Sedunia

Raja Alfonso XIII dari Spanyol punya peran besar dalam menetapkan tanggal peringatan hari buku sedunia

Context.id | 23-04-2024

Pertama dalam Sejarah, Dissenting Opinion dalam Sidang Sengketa Pilpres

Tiga orang hakim MK menyampaikan dissenting opinion dari mayoritas hakim lainnya terkait putusan MK soal sengketa pilpres.

Context.id | 23-04-2024

Anak Muda Jepang Ogah Beli Mobil, Kenapa?

Tren penurunan pembelian mobil oleh anak muda disebut Wakamono no Kuruma Banare atau pemisahan generasi muda dari mobil.

Context.id | 23-04-2024