Stories - 23 June 2022

Ivan Gunawan Diperiksa Lagi Terkait DNA Pro

Ivan Gunawan kembali diperiksa oleh Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) pada Rabu (22/6/2022).


Ivan Gunawan memenuhi panggilan penyidik Dittipideksus Bareskrim Polri sebagai saksi dalam kasus robot trading DNA Pro. -Bisnis-

Context, JAKARTA - Artis kondang dan perancang busana Ivan Gunawan kembali diperiksa oleh Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) pada Rabu (22/6/2022) kemarin. Pemeriksaan yang dilakukan di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri itu terkait dengan dugaan penipuan investasi robot trading DNA Pro.

Menurut pengacara Ivan Gunawan, Sandi Arifin, kliennya diperiksa untuk dimintai keterangan mengenai kasus DNA Pro. Selain itu,  Direktur Dittipideksus Bareskrim Polri Brigjen Pol. Whisnu Hermawan juga mengatakan kalau pemeriksaan ini adalah untuk memenuhi petunjuk Jaksa Penuntut Umum (JPU) P-19 berkas perkara yang sudah dilimpahkan ke kejaksaan. 

"Ada pemeriksaan tambahan yang harus diberikan untuk memberi keterangan," kata Sandi.


PERNAH DIPERIKSA PADA 14 APRIL 2022

Sebelumnya, Ivan Gunawan juga pernah diperiksa oleh polisi terkait dengan kasus DNA Pro, tepatnya pada 14 April yang lalu. Saat itu, perancang busana ini mengaku jika ia dikontrak oleh DNA Pro sebagai brand ambassador. Nilai kontraknya saat itu adalah Rp1.090.000.000. Tapi, Ivan juga harus diharuskan untuk membuka akun dengan menyetor uang sekitar Rp168,3 juta. Tujuannya agar Ivan seolah-olah menjadi member di DNA Pro

"Bahwa hubungan saya dengan DNA Pro selama ini adalah saya hanya sebagai ambassador yang awalnya dikontrak selama 3 bulan untuk postingan IG dan juga IG baik feed maupun story," kata Ivan Gunawan

Setelah dipanggil polisi terkait dengan terkait kasus DNA Pro, Ivan menyerahkan uang Rp921.700.000 kepada penyidik Dittipideksus Bareskrim Polri. 

"Yang dikembalikan Rp 921.700.000 karena dipotong pajak," kata Kasubdit I Dittipideksus Kombes Yuldi Yusman.

Namun, Ivan bilang kalau sebenarnya ia tidak diharuskan untuk mengembalikan uang kontrak yang sudah ia terima dari DNA Pro. Penyerahan uang tersebut menurutnya adalah inisiatifnya sendiri. 

“Sebenarnya bukan diminta untuk mengembalikan tapi saya yang punya inisiatif untuk mengembalikan. Jadi, saya sebelumnya tidak pernah diminta untuk mengembalikan apa pun tapi saya memang hari ini juga enggak mau menerima itu. Jadi saya lebih baik saya kembalikan,” kata Ivan.


ADA 14 TERSANGKA DAN MENYERET SEJUMLAH ARTIS

Platform aplikasi yang memakai sistem robot trading ini aktivitasnya telah disegel oleh Kementerian perdagangan (Kemendag) dan Dittipideksus Bareskrim Polri. Alasannya, platform yang sempat viral ini ternyata tidak memiliki izin, sehingga kegiatannya dianggap ilegal. 

Karena kasus ini, ratusan korban pun menuntut agar DNA Pro mengembalikan uang mereka yang hilang. Kerugian yang dialami para korban nilainya bermacam-macam. Salah satunya, ada yang rugi sebesar Rp39 juta seperti yang dialami korban bernama Evy Herlina.

“Angka itu relatif masing-masing orang, saya betul ada kerugian materi. Tapi kerugian secara spiritual dan mental itu yang tidak ternilai,” ujar Evy.

Dari kasus ini, penyidik pun telah menetapkan 14 orang tersangka. 11 tersangka di antaranya yang sudah ditahan antara lain Direktur Utama PT DNA Pro Academy Daniel Piri, Founder Rudi Kusuma, Dedi Tumiadi, Robby Setiadi, Franky Yulianto, Yosua Trisutrisno, Russel, Stefanus Richard, Jerry Gunandar, Muhammad Asad, dan Hans Andre.

Selain itu, kasus ini juga menyeret sejumlah artis untuk dimintai keterangan. Artis-artis tersebut yakni Ivan Gunawan, Rossa, Yosi Project Pop, Ello, Rizky Billar, Billy Syahputra, Lesti Kejora, dan DJ Una.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Kronologi Harvey Moeis Jadi Tersangka Kasus Korupsi PT Timah

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha P ...

Context.id | 28-03-2024

Satelit Starlink Elon Musk Ikut Kawal Mudik Lebaran 2024 di Indonesia

Satelit luar angkasa penyedia jaringan internet milik Elon Musk, Starlink akan ikut hadir dan mengambil peran dalam masa mudik lebaran 2024 di Ind ...

Context.id | 28-03-2024

Rusia Tuding Barat dan Ukraina Dukung Serangan Teroris di Moskow

Tudingan itu dibantah Ukraina dan Prancis

Context.id | 27-03-2024

Ahli HAM PBB Serukan Sanksi dan Embargo Senjata Israel

lebih dari 30.000 orang Palestina terbunuh atas tindakan Israel dalam operasi militernya di Gaza

Context.id | 27-03-2024