Stories - 22 June 2022

Ada Proyek Mubazir Akibat Perpindahan Lokasi Formula E?

Proyek Formula E yang dikerjakan di Monas, mubazir karena penyelenggaraan dipindah.


Balapan Formula E seri kesembilan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu (4/6/2022). - Antara -

Context.id, JAKARTA - Sebelum diselenggarakan di Ancol, Formula E pertama kali diusulkan untuk diadakan di Monas, Jakarta Pusat. 

Saat itu, pihak penyelenggara yakni PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. (JKON) juga diketahui telah menekan kontrak yang bernilai lebih dari Rp100 miliar. 

Otomatis, pengerjaan sirkuit Monas pun saat itu sudah dilakukan dan diketahui telah mencapai 11,4 persen. Bahkan pada 2020, diketahui sudah dilakukan uji coba pelapisan aspal pada lokasi seluas 60m2 dan persiapan pengaspalan.

Sayangnya, ketika Formula E dipindah, proyek yang telah dikerjakan ditinggalkan begitu saja. Padahal, kocek yang dikeluarkan cukup besar.  Jika dihitung dengan nilai kontrak sebesar Rp100 miliar, maka dana yang telah terpakai kira-kira sejumlah Rp11,4 miliar. 

Ketika penanggung jawab pembangunan sirkuit Formula E, Ari Wibowo dihubungi lebih lanjut oleh Bisnis, ia menyatakan bahwa kontrak tersebut merupakan kontrak lama dan pengerjaan sirkuit belum dimulai. “Itu laporan lama, itu proyek lama ketika di Monas, orang pengerjaannya (sirkuit) saja 2022,” ujar Ari Wibowo.

Menurut data dari Jakpro, setelah dipindah ke Ancol, kontrak baru pengadaan sirkuit pada masa awal adalah Rp50 miliar. Sayangnya, ketika ditanya terkait kontrak ini, Ari belum dapat memastikannya. “Ya, belum keluar, belum tentu (Rp50 miliar),” ujarnya lagi.

Gelaran Formula E awalnya diusulkan di Monas pada 6 Juni 2020. Namun, gelaran di salah satu cagar budaya tersebut gagal karena dilarang Kementerian Sekretariat Negara.

Penyelenggaraan inipun sempat sampai ke jalan buntu, karena masih belum jelasnya lokasi ditambah pandemi. Tapi akhirnya, penyelenggaraan ini diputuskan untuk diadakan di Ancol dan diadakan pada 3 Juni 2022.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Nikmatnya Berlibur Saat Shoulder Season

Bepergian saat shoulder season bikin vakansi jadi makin menyenangkan

Noviarizal Fernandez | 15-07-2024

Jangan Asal Konsumsi Kecubung

Makin berbahaya jika dikonsumsi dengan minuman keras dan obat terlarang

Noviarizal Fernandez | 15-07-2024

Bayar Utang Miliaran Rupiah Lewat Terumbu Karang, Emang Bisa?

Utang Indonesia kepada Amerika Serikat akan dikonversi dengan perawatan atau konservasi terumbu karang

Context.id | 15-07-2024

Sejarah Kenaikan Harga BBM di Era Orde Lama dan Baru

Kenaikan harga BBM memicu kenaikan harga bahan pokok yang memantik protes kalangan mahasiswa

Noviarizal Fernandez | 15-07-2024