Stories - 16 June 2022

Jokowi Sambut Presiden Jerman Tanpa Masker

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut dan berbincang dengan Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier dengan tidak menggunakan masker.


Presiden Joko Widodo berbincang dengan Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier dengan tidak menggunakan masker. - Sekretariat Presiden -

Context.id, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut dan berbincang dengan Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier dengan tidak menggunakan masker. Hal ini pun sontak menjadi perhatian publik.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan pertemuan kedua kepala negara itu tetap memenuhi protokol kesehatan. Pasalnya, Jokowi dan Steinmeier tetap mengenakan masker saat berada di dalam ruangan dan hanya meninggalkannya saat berada di luar ruangan.

“Namun, masuk ke ruangan diharapkan atau disarankan tetap mengenakan masker. Bapak Presiden dan tamunya pun demikian,” ujar Budi Gunadi, pada Kamis (16/6/2022).

Hal ini pun sesuai dengan keputusan Presiden Jokowi pada (17/5/2022) yang menyatakan bahwa masyarakat sudah diperbolehkan untuk lepas masker jika berada di luar ruangan yang tidak padat orang. 

Selain itu, tingkat penularan Covid-19 di Indonesia juga dinilai sudah rendah. “Kami tetap konsisten (mematuhi protokol kesehatan). Di luar kita bisa membuka masker, di luar kecil sekali (tingkat penularan),” ujar Budi Gunadi.

Namun, statistik Covid-19 justru menampilkan hasil sebaliknya. Dilansir dari data Kementerian Kesehatan RI, kasus positif Covid-19 dilaporkan kembali melonjak, karena setidaknya terdapat 1.242 penambahan kasus pada Rabu (15/6/2022).

Menurut Budi Gunadi, hal ini disebabkan oleh tingginya proses interaksi sosial dan masuknya mutasi virus varian BA.4 dan BA.5. 

“Hipotesisnya adalah varian Delta sudah bertransmisi secara lokal di daerah Kudus. Bukan tidak mungkin transmisi lokal varian Delta sudah terjadi di daerah lain di Indonesia, hanya kita belum mendeteksi saja,” ujar Budi Gunadi dalam keterangan resmi dilansir dari Bisnis, Kamis (16/6/2022).


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Satelit Starlink Elon Musk Ikut Kawal Mudik Lebaran 2024 di Indonesia

Satelit luar angkasa penyedia jaringan internet milik Elon Musk, Starlink akan ikut hadir dan mengambil peran dalam masa mudik lebaran 2024 di Ind ...

Context.id | 28-03-2024

Rusia Tuding Barat dan Ukraina Dukung Serangan Teroris di Moskow

Tudingan itu dibantah Ukraina dan Prancis

Context.id | 27-03-2024

Ahli HAM PBB Serukan Sanksi dan Embargo Senjata Israel

lebih dari 30.000 orang Palestina terbunuh atas tindakan Israel dalam operasi militernya di Gaza

Context.id | 27-03-2024

AS Serukan Tingkatkan Bantuan Kemanusiaan Ke Gaza

Situasi di Gaza menderita bencana kemanusiaan yang semakin buruk dari sebelumnya karena terus bertambahnya korban jiwa dan minimnya bantuan yang d ...

Context.id | 27-03-2024