Stories - 16 June 2022

Ukraina Terus Mendapat Bantuan Senjata, Apa Saja?

Total, sudah ada 28 negara yang telah memberikan bantuan persenjataan kepada Ukraina.


Tentara Ukraina sedang menaiki kendaraan lapis baja dalam perang Rusia-Ukraina.

Context, JAKARTA - Pada hari Rabu (15/6/2022), Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan bahwa AS akan memberikan tambahan bantuan persenjataan militer sebesar US$1 miliar untuk Ukraina. 

Hal ini dilakukan sebagai tanda dukungan negara adidaya tersebut kepada Ukraina yang sedang berjuang dalam perang melawan Rusia. Dalam pembicaraannya dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Joe Biden bilang kalau pemerintahannya akan terus mendukung Ukraina dalam memperjuangkan demokrasi, kedaulatan, dan integritas teritorialnya.

Rencananya, tambahan bantuan dari AS tersebut akan berupa amunisi, artileri, roket bersistem canggih, dan senjata pertahanan pantai. Bantuan-bantuan tersebut akan digunakan untuk mempertahankan negara wilayah Donbas bagian timur.

Selain Amerika Serikat, negara-negara barat lainnya, terutama yang tergabung dengan aliansi The North Atlantic Treaty Organization (NATO) juga kerap memberikan bantuan senjata untuk Ukraina. Senjata-senjata tersebut juga telah digunakan Ukraina untuk mempertahankan negaranya dari invasi Rusia.

Total, sudah ada 28 negara yang telah memberikan bantuan persenjataan kepada Ukraina. Negara-negara tersebut adalah Amerika Serikat, Australia, Britania Raya, Belgia, Belanda, Denmark, Estonia, Finlandia, Italia, Jerman, Kanada, Kroasia, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Macedonia Utara, Norwegia, Prancis, Polandia, Portugal, Romania, Republik Ceko, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Turki, dan Yunani.

Berikut jenis-jenis bantuan senjata yang telah diterima Ukraina dari beberapa negara selama perang.


AMERIKA SERIKAT

Amerika Serikat  menjadi salah satu negara yang paling vokal dalam mendukung Ukraina. Dukungannya tersebut dibuktikan dengan banyaknya bantuan senjata yang diberikan. Sebelum memutuskan untuk memberikan tambahan bantuan senjata sebesar US$1 miliar, AS telah mengirimkan berbagai jenis bantuan senjata dengan total US$4,5 miliar kepada Ukraina.

Jenis-jenis bantuan senjata AS yang diterima Ukraina antara lain 72 155mm artileri (Howitzer) serta 72 kendaraan pengangkutnya, 144.000 amunisi, 120 drone taktikal canggih, 1.400 senjata anti pesawat tempur, 5.000 rudal anti-tank dengan peluru kendali, ribuan senapan dengan amunisinya, sejumlah helikopter, kendaraan lapis baja, dan beberapa jenis senjata lainnya.


BRITANIA RAYA

Selain Amerika Serikat, negara lainnya yang juga vokal dalam mendukung Ukraina adalah Britania Raya. Pada 20 Mei 2022, Britania menyatakan kalau mereka telah memberikan bantuan senjata sebesar US$566 juta. Bantuan senjata tersebut meliputi 120 kendaran lapis baja,  5.800 rudal anti-tank, 5 sistem pertahanan udara, 1.000 roket, dan 4,5 ton peledak. Selain senjata-senjata tersebut, Britania Raya juga telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 22.000 tentara Ukraina.


KANADA

Sejak dimulai perang pada bulan Februari, Kanada menyatakan kalau negaranya telah memberikan US$208 juta untuk berbagai jenis bantuan senjata, seperti 20.000 selongsong artileri lengkap dengan artileri M777-nya. Selain itu, Kanada juga telah memberikan bantuan berupa drone yang dilengkapi kamera, peluncur roket, ribuan granat, 2 pesawat pengangkut taktikal, senapan beserta amunisinya, dan bahkan citra satelit beresolusi tinggi.


PRANCIS

Prancis juga tidak mau kalah dalam pemberian bantuan senjata kepada Ukraina. Pada pertengahan April lalu, Pemerintah Prancis mengaku telah memberikan lebih dari US$107 juta. Bantuan senjata yang telah terkonfirmasi terdiri dari 6 buah artileri dan rudal anti pesawat tempur.


NEGARA-NEGARA NORDIK

Negara-negara Nordik juga jadi negara-negara yang aktif dalam memberikan dukungan pada Ukraina. Pada akhir Februari, Swedia telah memberikan 10.000 peluncur anti-tank sekali pakai. Norwegia telah memberikan 100 anti pesawat tempur buatan Prancis dan 4.000 senjata anti-tank M72. 

Pada Bulan Februari, negara Nordik lainnya, Finlandia telah memberikan 2.500 senapan, 150.000 amunisi, dan 1.500 peluncur anti-tank. Sedangkan Denmark telah memberikan 2.700 peluncur anti-tank. 


POLANDIA

Sebagai negara tetangga, Polandia juga menjadi negara yang paling vokal dalam mendukung Ukraina. Bahkan, Polandia menjadi negara kedua terbesar penyuplai bantuan Ukraina. Selama perang, Polandia telah memberikan bantuan senjata sebesar US$1,6 miliar, yang terdiri 200-an lebih tank, rudal anti-tank, mortar, drone, dan amunisi. 


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024