Exclusives - 09 September 2024

IAF 2024, Pertamina Jalin Kerja Sama dengan Negara Afrika

Sejak 2013 lalu, Pertamina sudah menjalin kerja sama bisnis dengan negara-negara Afrika

Context.id, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) kembali menekankan komitmen kerja sama dengan Guma Africa Group Limited untuk proyek pengembangan pembangkit listrik berbasis gas yang melibatkan anak usahanya, PT Pertamina New & Renewable Energy (PNRE). 
 
Komitmen kerja sama ini dilakukan saat berlangsung Indonesia-Africa Forum 2024 yang berlangsung di Bali, pekan lalu. Proyek kerja sama yang dilakukan Pertamina dan Guma Group adalah pengembangan pembangkit listrik berbasis gas karena keduanya memang ingin fokus pada pengembangan energi terbarukan. 
 
Bisa dibilang, ini kesepakatan yang baik untuk perusahaan pelat merah kita. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan sektor kelistrikan di Afrika Selatan memang masih berbasis batubara, tapi di satu sisi mereka ingin mengurangi emisi karbon.
 
"Kita (Berpeluang membangun) pembangkit listrik yang berbahan baku gas di South Africa. Di mana gasnya ini juga bisa di-supply dari Mozambik. Karena sudah ada pipa gas dari Mozambik ke South Africa,” ujarnya. 
 
Pertamina juga bisa membantu pengembangan dari upstream gas hingga pembangunan power panel.  
 
Sebenarnya  ini bukan pertama kalinya Pertamina melakukan kerja sama dengan negara Afrika. Sebelum IAF 2024 ini, Pertamina juga telah menjalin kerja sama baru dengan negara-negara Afrika di antaranya  dengan Tanzania, Namibia, Kenya. 
 
Bahkan sejak 2013, Pertamina juga telah menjalin kerja sama di sektor hulu migas dengan sejumlah negara Afrika, mulai dari Aljazair hingga Namibia.

MORE  EXCLUSIVES  VIDEOS

IAF 2024, Pertamina Jalin Kerja Sama dengan Negara Afrika

Sejak 2013 lalu, Pertamina sudah menjalin kerja sama bisnis dengan negara-negara Afrika

Naufal Jauhar Nazhif | 09-09-2024

Sejuta Cerita di Balik Jelajah Sinyal dan Literasi Digital 2023

Tidak terasa Jelajah Sinyal dan Literasi Digital 2023 sudah berakhir dan sejuta cerita tentang transformasi muncul dari sudut negeri.

Noviarizal Fernandez | 14-12-2023

Totalitas Vino Bastian di Film Gampang Cuan

Aktor Vino G. Bastian kembali menampilkan akting memukau dalam film terbarunya Gampang Cuan. Seperti apa kisah di balik film itu?

Noviarizal Fernandez | 23-11-2023

Jelajah Sinyal dan Festival Literasi Digital 2023 Siap Digeber

Bisnis Indonesia kembali meluncurkan program Jelajah Sinyal dan Festival Literasi Digital 2023.

Noviarizal Fernandez | 22-11-2023