Share

Stories 12 Agustus 2024

Ini Sederet Alasan Anak Muda Buat Nyoba Karier di Bidang CX

Bekerja di bidang CX memungkinkan anak muda untuk mengembangkan berbagai soft skills yang sangat penting dalam dunia kerja

Ilustrasi pekerjaan CX/Trans Cosmos Indonesia

Context.id, JAKARTA - Bagi lulusan baru atau fresh graduates yang sedang mencari peluang karier, bidang Customer Experience (CX) menawarkan banyak kesempatan menarik. 

Mungkin di benak banyak orang, CX hanya pekerja remeh yang sekedar menjawab komplain atau menawarkan produk kepada pelanggan.

Pandangan itu tidak sepenuhnya salah, tetapi yang harus disadari, saat ini bidang CX telah berevolusi menjadi sebuah industri yang membangun hubungan antara pelanggan dengan perusahaan. 

Dalam industri modern, CX menjadi salah satu pilihan karier yang menarik untuk anak muda karena menawarkan peluang yang luas dan lingkungan kerja yang bersifat work-life balance.

Lebih jauh, CX adalah semua interaksi yang dialami pelanggan dengan suatu perusahaan. Interaksi ini mencakup setiap kontak pelanggan dengan perusahaan, mulai dari pertama kali mengetahui produk hingga layanan aftersales. 



CX adalah kunci untuk membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan pelanggan, yang ke depannya mendorong loyalitas dan pertumbuhan bisnis perusahaan.

Bagi lulusan baru, karier di dunia CX menawarkan lebih dari sekadar pekerjaan. Posisi ini memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang akan berguna sepanjang karier, berinteraksi dengan berbagai orang, dan memahami dinamika bisnis dari perspektif yang unik. 

Berikut empat hal yang menjadi pertimbangan mengapa lulusan baru harus mencoba berkarier di bidang CX.

1. Peluang Karier Luas
Bidang CX menawarkan peluang karier yang luas, baik dalam hal perkembangan karier yang menjanjikan maupun fleksibilitas untuk berpindah ke bidang lainnya ke depannya. 

Dalam perjalanan karier, CX memberikan peluang untuk naik ke posisi yang lebih tinggi dan peran yang lebih besar, sehingga lulusan baru dapat terus berkembang. 

Selain itu, pengalaman di CX juga membuka banyak pintu untuk beralih ke bidang lain seperti pemasaran, digital marketing, dan customer relationship, memungkinkan pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang lebih luas.

2. Kuat Bekerja dalam Tekanan 
Bekerja di bidang CX memungkinkan anak muda untuk mengembangkan berbagai soft skills yang sangat penting dalam dunia kerja.

Mereka akan belajar untuk tetap tenang di bawah tekanan, berkomunikasi dengan baik, dan menangani keluhan dengan profesionalisme. Keterampilan ini sangat berharga dan dapat diterapkan di berbagai fungsi kerja lainnya.

3. Berinteraksi dengan Berbagai Orang
Bekerja di CX memberikan kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan budaya, membuat setiap hari terasa menantang dan menyenangkan. 

Pekerjaan ini sangat cocok untuk mereka yang tidak suka rutinitas di balik meja, karena selalu ada tantangan baru dan kesempatan untuk belajar dari setiap interaksi.

4. Penerapan Work-Life Balance
Industri CX cocok untuk anak muda yang ingin menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi. Bagi Gen Z, isu mental health itu sangat penting

Industri ini menawarkan jadwal yang teratur yang memungkinkan karyawan dapat memastikan waktu yang cukup untuk beristirahat, dan menikmati kehidupan di luar pekerjaan. 

Selain CX, profesi jurnalis sebenarnya juga serupa. Kira-kira kalian tertarik? 



Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

Stories 12 Agustus 2024

Ini Sederet Alasan Anak Muda Buat Nyoba Karier di Bidang CX

Bekerja di bidang CX memungkinkan anak muda untuk mengembangkan berbagai soft skills yang sangat penting dalam dunia kerja

Ilustrasi pekerjaan CX/Trans Cosmos Indonesia

Context.id, JAKARTA - Bagi lulusan baru atau fresh graduates yang sedang mencari peluang karier, bidang Customer Experience (CX) menawarkan banyak kesempatan menarik. 

Mungkin di benak banyak orang, CX hanya pekerja remeh yang sekedar menjawab komplain atau menawarkan produk kepada pelanggan.

Pandangan itu tidak sepenuhnya salah, tetapi yang harus disadari, saat ini bidang CX telah berevolusi menjadi sebuah industri yang membangun hubungan antara pelanggan dengan perusahaan. 

Dalam industri modern, CX menjadi salah satu pilihan karier yang menarik untuk anak muda karena menawarkan peluang yang luas dan lingkungan kerja yang bersifat work-life balance.

Lebih jauh, CX adalah semua interaksi yang dialami pelanggan dengan suatu perusahaan. Interaksi ini mencakup setiap kontak pelanggan dengan perusahaan, mulai dari pertama kali mengetahui produk hingga layanan aftersales. 



CX adalah kunci untuk membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan pelanggan, yang ke depannya mendorong loyalitas dan pertumbuhan bisnis perusahaan.

Bagi lulusan baru, karier di dunia CX menawarkan lebih dari sekadar pekerjaan. Posisi ini memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang akan berguna sepanjang karier, berinteraksi dengan berbagai orang, dan memahami dinamika bisnis dari perspektif yang unik. 

Berikut empat hal yang menjadi pertimbangan mengapa lulusan baru harus mencoba berkarier di bidang CX.

1. Peluang Karier Luas
Bidang CX menawarkan peluang karier yang luas, baik dalam hal perkembangan karier yang menjanjikan maupun fleksibilitas untuk berpindah ke bidang lainnya ke depannya. 

Dalam perjalanan karier, CX memberikan peluang untuk naik ke posisi yang lebih tinggi dan peran yang lebih besar, sehingga lulusan baru dapat terus berkembang. 

Selain itu, pengalaman di CX juga membuka banyak pintu untuk beralih ke bidang lain seperti pemasaran, digital marketing, dan customer relationship, memungkinkan pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang lebih luas.

2. Kuat Bekerja dalam Tekanan 
Bekerja di bidang CX memungkinkan anak muda untuk mengembangkan berbagai soft skills yang sangat penting dalam dunia kerja.

Mereka akan belajar untuk tetap tenang di bawah tekanan, berkomunikasi dengan baik, dan menangani keluhan dengan profesionalisme. Keterampilan ini sangat berharga dan dapat diterapkan di berbagai fungsi kerja lainnya.

3. Berinteraksi dengan Berbagai Orang
Bekerja di CX memberikan kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan budaya, membuat setiap hari terasa menantang dan menyenangkan. 

Pekerjaan ini sangat cocok untuk mereka yang tidak suka rutinitas di balik meja, karena selalu ada tantangan baru dan kesempatan untuk belajar dari setiap interaksi.

4. Penerapan Work-Life Balance
Industri CX cocok untuk anak muda yang ingin menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi. Bagi Gen Z, isu mental health itu sangat penting

Industri ini menawarkan jadwal yang teratur yang memungkinkan karyawan dapat memastikan waktu yang cukup untuk beristirahat, dan menikmati kehidupan di luar pekerjaan. 

Selain CX, profesi jurnalis sebenarnya juga serupa. Kira-kira kalian tertarik? 



Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin


RELATED ARTICLES

Haruskah Tetap Belajar Coding di Dunia AI?

Kamp pelatihan coding dulunya tampak seperti tiket emas menuju masa depan yang aman secara ekonomi. Namun, saat janji itu memudar, apa yang harus ...

Context.id . 25 November 2024

Menuju Pemulihan: Dua Ilmuwan Harvard Mencari Jalan Cepat Atasi Depresi

Depresi menjadi musuh yang sulit ditaklukkan karena pengobatannya butuh waktu panjang

Context.id . 24 November 2024

Hati-hati! Terlalu Banyak Duduk Rentan Terkena Serangan Jantung

Menurut penelitian terbaru meskipun kita rajin olahraga yang rutin jika tubuh tidak banyak bergerak dapat meningkatkan risiko gagal jantung hingga 60%

Context.id . 24 November 2024

Klaster AI Kempner Raih Predikat Superkomputer Hijau Tercepat di Dunia

Melalui peningkatan daya komputasi ini, kita dapat mempelajari lebih dalam bagaimana model generatif belajar untuk bernalar dan menyelesaikan tuga ...

Context.id . 23 November 2024