Share

Stories 23 Juli 2024

Konsumen di Indonesia Kian Sadar Minuman yang Sehat

Selain kandungan gizi, konsumen Indonesia juga sangat memperhatikan soal rasa

Proses peracikan minuman matcha

Context.id, JAKARTA - Kesadaran masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi minum sehat terus meningkat, salah satunya adalah teh matcha.

Dikutip dari berbagai sumber, matcha berasal dari jenis teh yang sama dengan yang digunakan untuk teh hijau, teh putih, oolong, dan teh hitam. Hanya saja matcha merupakan daun teh segar yang digiling hingga menjadi bubuk.

Dengan mengonsumsi utuh, secara tidak langsung orang yang mengkonsumsinya bisa dapat manfaat teh lebih banyak dibandingkan dengan yang hanya minum teh seduh.

Minuman ini mengandung katekin, sejenis antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif, sehingga dapat mengurangi risiko kanker.

Selain itu, matcha juga mengandung catechinn epigallocatechin gallate (EGCG), yang merupakan antioksidan sangat kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas

Aneka manfaat yang berasal dari matcha itulah yang mendorong peningkatan konsumsi minum tersebut. Calvin Yong, CEO dari CY Beverages, salah satu produsen matcha di Indonesia, membenarkan informasi tersebut.

“Berdasarkan riset kami, produk matcha lagi bertumbuh. Banyak orang semenjak pandemi suka mengonsumsi matcha karena kesadaran akan makanan dan minuman sehat bertumbuh,” ujarnya di sela kegiatan Food and Hospitality Indonesia, Selasa (23/7/2024).

Menurutnya, para responden dalam riset menilai matcha memang menjadi minuman favorit karena kadar kalori yang rendah, tidak membahayakan jantung dan bagus juga untuk dijadikan sebagai minuman pascaolahraga.

Meski kesadaran mengonsumsi matcha meningkat di Indonesia, menurutnya ada karakteristik dari konsumen di negeri ini yang berbeda dibandingkan dengna konsumen di negara lain.

“Kalau di luar negeri, karena edukasi akan minuman sehat sudah baik sekali, mereka mementingkan faktor kesehatannya. Soal rasa tidak dipersoalkan,” jelasnya.

Akan tetapi, menurutnya konsumen di Indonesia juga menyadari tentang manfaat minuman yang baik untuk kesehatan namun selain itu juga mempertimbangkan rasa yang enak dan harga yang terjangkau, dan perhitungan jumlah kalori yang terkandung dalam minuman itu.



Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Context.id

Stories 23 Juli 2024

Konsumen di Indonesia Kian Sadar Minuman yang Sehat

Selain kandungan gizi, konsumen Indonesia juga sangat memperhatikan soal rasa

Proses peracikan minuman matcha

Context.id, JAKARTA - Kesadaran masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi minum sehat terus meningkat, salah satunya adalah teh matcha.

Dikutip dari berbagai sumber, matcha berasal dari jenis teh yang sama dengan yang digunakan untuk teh hijau, teh putih, oolong, dan teh hitam. Hanya saja matcha merupakan daun teh segar yang digiling hingga menjadi bubuk.

Dengan mengonsumsi utuh, secara tidak langsung orang yang mengkonsumsinya bisa dapat manfaat teh lebih banyak dibandingkan dengan yang hanya minum teh seduh.

Minuman ini mengandung katekin, sejenis antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif, sehingga dapat mengurangi risiko kanker.

Selain itu, matcha juga mengandung catechinn epigallocatechin gallate (EGCG), yang merupakan antioksidan sangat kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas

Aneka manfaat yang berasal dari matcha itulah yang mendorong peningkatan konsumsi minum tersebut. Calvin Yong, CEO dari CY Beverages, salah satu produsen matcha di Indonesia, membenarkan informasi tersebut.

“Berdasarkan riset kami, produk matcha lagi bertumbuh. Banyak orang semenjak pandemi suka mengonsumsi matcha karena kesadaran akan makanan dan minuman sehat bertumbuh,” ujarnya di sela kegiatan Food and Hospitality Indonesia, Selasa (23/7/2024).

Menurutnya, para responden dalam riset menilai matcha memang menjadi minuman favorit karena kadar kalori yang rendah, tidak membahayakan jantung dan bagus juga untuk dijadikan sebagai minuman pascaolahraga.

Meski kesadaran mengonsumsi matcha meningkat di Indonesia, menurutnya ada karakteristik dari konsumen di negeri ini yang berbeda dibandingkan dengna konsumen di negara lain.

“Kalau di luar negeri, karena edukasi akan minuman sehat sudah baik sekali, mereka mementingkan faktor kesehatannya. Soal rasa tidak dipersoalkan,” jelasnya.

Akan tetapi, menurutnya konsumen di Indonesia juga menyadari tentang manfaat minuman yang baik untuk kesehatan namun selain itu juga mempertimbangkan rasa yang enak dan harga yang terjangkau, dan perhitungan jumlah kalori yang terkandung dalam minuman itu.



Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Context.id


RELATED ARTICLES

Apakah Asteroid yang Kaya Logam Mulia Ribuan Triliun Dolar Bisa Ditambang?

Sebuah wahana antariksa sedang dalam perjalanan menuju sebuah asteroid yang mungkin mengandung logam berharga senilai sekitar US 100 ribu kuadrili ...

Context.id . 22 November 2024

Sertifikasi Halal Perkuat Daya Saing Produk Dalam Negeri

Sertifikasi halal menjadi salah satu tameng bagi pengusaha makanan dan minuman dari serbuan produk asing.

Noviarizal Fernandez . 22 November 2024

Paus Fransiskus Bakal Kanonisasi Carlo Acutis, Santo Millenial Pertama

Paus Fransiskus akan mengkanonisasi Carlo Acutis pada 27 April 2025, menjadikannya santo millenial pertama dan simbol kesatuan iman dengan dunia d ...

Context.id . 22 November 2024

Benar-benar Komedi, Pisang Dilakban Bisa Dilelang hingga Rp98,8 Miliar

Karya seni konseptual pisang karya Maurizio Cattelan, \"Comedian,\" saat dilelang di rumah lelang Sotheby’s jatuh ke tangan seorang pengusaha kr ...

Context.id . 22 November 2024