Share

Home Stories

Stories 23 Juli 2024

Konsumen di Indonesia Kian Sadar Minuman yang Sehat

Selain kandungan gizi, konsumen Indonesia juga sangat memperhatikan soal rasa

Proses peracikan minuman matcha

Context.id, JAKARTA - Kesadaran masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi minum sehat terus meningkat, salah satunya adalah teh matcha.

Dikutip dari berbagai sumber, matcha berasal dari jenis teh yang sama dengan yang digunakan untuk teh hijau, teh putih, oolong, dan teh hitam. Hanya saja matcha merupakan daun teh segar yang digiling hingga menjadi bubuk.

Dengan mengonsumsi utuh, secara tidak langsung orang yang mengkonsumsinya bisa dapat manfaat teh lebih banyak dibandingkan dengan yang hanya minum teh seduh.

Minuman ini mengandung katekin, sejenis antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif, sehingga dapat mengurangi risiko kanker.

Selain itu, matcha juga mengandung catechinn epigallocatechin gallate (EGCG), yang merupakan antioksidan sangat kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas

Aneka manfaat yang berasal dari matcha itulah yang mendorong peningkatan konsumsi minum tersebut. Calvin Yong, CEO dari CY Beverages, salah satu produsen matcha di Indonesia, membenarkan informasi tersebut.

“Berdasarkan riset kami, produk matcha lagi bertumbuh. Banyak orang semenjak pandemi suka mengonsumsi matcha karena kesadaran akan makanan dan minuman sehat bertumbuh,” ujarnya di sela kegiatan Food and Hospitality Indonesia, Selasa (23/7/2024).

Menurutnya, para responden dalam riset menilai matcha memang menjadi minuman favorit karena kadar kalori yang rendah, tidak membahayakan jantung dan bagus juga untuk dijadikan sebagai minuman pascaolahraga.

Meski kesadaran mengonsumsi matcha meningkat di Indonesia, menurutnya ada karakteristik dari konsumen di negeri ini yang berbeda dibandingkan dengna konsumen di negara lain.

“Kalau di luar negeri, karena edukasi akan minuman sehat sudah baik sekali, mereka mementingkan faktor kesehatannya. Soal rasa tidak dipersoalkan,” jelasnya.

Akan tetapi, menurutnya konsumen di Indonesia juga menyadari tentang manfaat minuman yang baik untuk kesehatan namun selain itu juga mempertimbangkan rasa yang enak dan harga yang terjangkau, dan perhitungan jumlah kalori yang terkandung dalam minuman itu.



Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Context.id

Stories 23 Juli 2024

Konsumen di Indonesia Kian Sadar Minuman yang Sehat

Selain kandungan gizi, konsumen Indonesia juga sangat memperhatikan soal rasa

Proses peracikan minuman matcha

Context.id, JAKARTA - Kesadaran masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi minum sehat terus meningkat, salah satunya adalah teh matcha.

Dikutip dari berbagai sumber, matcha berasal dari jenis teh yang sama dengan yang digunakan untuk teh hijau, teh putih, oolong, dan teh hitam. Hanya saja matcha merupakan daun teh segar yang digiling hingga menjadi bubuk.

Dengan mengonsumsi utuh, secara tidak langsung orang yang mengkonsumsinya bisa dapat manfaat teh lebih banyak dibandingkan dengan yang hanya minum teh seduh.

Minuman ini mengandung katekin, sejenis antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif, sehingga dapat mengurangi risiko kanker.

Selain itu, matcha juga mengandung catechinn epigallocatechin gallate (EGCG), yang merupakan antioksidan sangat kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas

Aneka manfaat yang berasal dari matcha itulah yang mendorong peningkatan konsumsi minum tersebut. Calvin Yong, CEO dari CY Beverages, salah satu produsen matcha di Indonesia, membenarkan informasi tersebut.

“Berdasarkan riset kami, produk matcha lagi bertumbuh. Banyak orang semenjak pandemi suka mengonsumsi matcha karena kesadaran akan makanan dan minuman sehat bertumbuh,” ujarnya di sela kegiatan Food and Hospitality Indonesia, Selasa (23/7/2024).

Menurutnya, para responden dalam riset menilai matcha memang menjadi minuman favorit karena kadar kalori yang rendah, tidak membahayakan jantung dan bagus juga untuk dijadikan sebagai minuman pascaolahraga.

Meski kesadaran mengonsumsi matcha meningkat di Indonesia, menurutnya ada karakteristik dari konsumen di negeri ini yang berbeda dibandingkan dengna konsumen di negara lain.

“Kalau di luar negeri, karena edukasi akan minuman sehat sudah baik sekali, mereka mementingkan faktor kesehatannya. Soal rasa tidak dipersoalkan,” jelasnya.

Akan tetapi, menurutnya konsumen di Indonesia juga menyadari tentang manfaat minuman yang baik untuk kesehatan namun selain itu juga mempertimbangkan rasa yang enak dan harga yang terjangkau, dan perhitungan jumlah kalori yang terkandung dalam minuman itu.



Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Context.id


RELATED ARTICLES

Ketika Google AI Jadi Penata Gaya Kostum Pribadi

Bosan menebak-nebak apakah jaket baru itu bakal cocok dengan bentuk badanmu? Google punya jawabannya dan jawabannya bukan coba-coba, tapi algoritma.

Renita Sukma . 22 May 2025

Bioskop Tua dan Jejak Politik yang Tak Pernah Usai

Bagi Yosep Anggi Noen, gedung bioskop bukan sekadar tempat memutar film, tapi ruang yang menjadi saksi propaganda rezim dan ruang tarik ulur suara ...

Renita Sukma . 21 May 2025

Netflix, Iklan dan Ilusi Tanpa Jeda

Netflix punya visi untuk membuat iklan tidak terlihat seperti pariwara melainkan berbaur dalam serial atau film yang sedang ditonton

Noviarizal Fernandez . 20 May 2025

Gen Z Lawan Krisis Iklim, Suara Nina dari Gresik

Aktivis muda Aeshnina Azzahra atau Nina lantang mengkritik produsen dan pemerintah soal krisis iklim dan sampah plastik di Indonesia

Renita Sukma . 20 May 2025