Stories - 23 July 2024

Perubahan Iklim Bisa Picu Letusan Gunung Berapi

Pencairan gletser yang berlangsung sebagai dampak pemanasan global berpeluang melonjakkan aktivitas vulkanik di masa depan


Degassing from Nishinoshima volcano/Japan Coast Guard

Context.id, JAKARTA - Perubahan iklim memiliki dampak yang signifikan bagi keberlangsungan makhluk hidup di muka bumi. Beberapa contoh nyata yang sering kita alami seperti banjir akibat curah hujan ekstrim, siklon tropis yang lebih intens, dan gelombang panas. 

Melansir National Oceanic and Atmospheric Administration, bumi mengalami peningkatan suhu sekitar 1,1 celcius dari 1901 sampai 2020. 

Di beberapa wilayah, peningkatan suhu ini dapat menyebabkan kebakaran hutan dan kekeringan. Kebakaran hutan ini sendiri akan mengakibatkan emisi yang malah memperburuk perubahan iklim dan menyumbang lebih banyak kebakaran hutan. 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melaporkan, luas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia mencapai 994.313,14 hektare (ha) sejak Januari–Oktober 2023.

Selain kebakaran hutan, perubahan iklim juga dapat memicu letusan gunung berapi. Hal ini ditengarai mencairnya gletser. Saat gletser mencair, lelehan air tersebut akan meresap ke dalam kerak bumi dan menyebabkan pelebaran dan pelemahan retakan. 



Mengutip Prevention, antara tahun 2000–2019, gletser dunia mencari sekitar 267 giga ton per tahun. 

Gletser yang mencair ini dapat menyebabkan naiknya permukaan laut– saat ini naik sekitar 3,3 mm per tahun. Hal ini pun dapat memicu banjir dan erosi di daerah pesisir. 

Dalam sebuah penelitian, ditemukan pengaruh antara mencairnya gletser yang diserap oleh kerak bumi dengan aktivitas vulkanik. Pada 4500–5000 tahun lalu, meski hanya sesaat, bumi sedang dilanda iklim dingin yang menyebabkan ekspansi gletser di Islandia. 

Melalui analisis endapan abu vulkanik di seluruh Eropa, aktivitas vulkanik pada periode ini berkurang drastis. Peningkatan aktivitas vulkanik baru terjadi setelah berakhirnya periode tersebut meski rentangnya terpaut ratusan tahun. 

Fenomena ini menjelaskan banyaknya gletser yang menekan kerak bumi di bawahnya. Ini mengakibatkan material yang terbentuk berada di bawah tekanan yang lebih tinggi dan membentuk magma yang akan keluar apabila gunung meletus.

Oleh karena itu, pencairan gletser yang berlangsung sebagai dampak pemanasan global berpeluang melonjakkan aktivitas vulkanik di masa depan. 

Kontributor: Fadlan Priatna


Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Ada Asteroid Raksasa Mendekat, Bakal Nabrak Bumi?

Asteroid berukuran dewasa akan mendekati bumi pada 18 September 2024.

Naufal Jauhar Nazhif | 13-09-2024

India, Nigeria dan Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Dunia

Indonesia disebut sebagai salah satu dari tiga negara penyumbang polusi plastik terbesar di dunia.

Fahri N. Muharom | 13-09-2024

Paus Berikan Peringatan tentang Penggunaan AI

Paus Fransiskus mengeluarkan peringatan tentang kecerdasan buatan (AI) saat bertemu dengan para pemimpin G7 dan saat berkunjung ke Singapura.

Context.id | 13-09-2024

Uni Eropa Kalah Ekonomi juga Teknologi dari AS dan China

Kejayaan Eropa mulai memudar. China menyalipnya dan Amerika meninggalkannya

Context.id | 12-09-2024