Stories - 17 May 2024

Reimajinasi Baru Museum dan Cagar Budaya Menjadi Ruang Belajar Inklusif.

Kemdikbudristek meluncurkan Indonesian Heritage Agency atau IHA untuk memberikan citra baru bagi museum dan situs budaya nasional.


Benteng Vrederburg/ Kemdikbud

Context.id, JAKARTA - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) resmi meluncurkan Indonesian Heritage Agency atau IHA untuk memberikan citra baru bagi museum dan situs budaya nasional.

Melansir Antara, peresmian Indonesia Heritage Agency di Benteng Vrederburg, Yogyakarta Kamis (16/5) ini merupakan langkah pemerintah melakukan transformasi museum dan cagar budaya nasional menjadi ruang belajar yang inklusif dan menyenangkan.

“Sudah saatnya kita menjadikan museum dan juga cagar budaya sebagai ruang belajar yang terbuka, yang inklusif dan mendukung perwujudan pembelajar sepanjang hayat,” ujar Nadiem, seperti dikutip Jumat, (17/5).

Pasalnya menurut Nadiem, selama ini museum dan cagar budaya hanya menjadi ruang yang diam dan sepi. Kemurungan yang terlihat itu membuat masyarakat Indonesia sedikit enggan untuk mengunjunginya. 

Bagi Nadiem peluncuran IHA menjadi langkah tepat untuk memfasilitasi pihak museum dan cagar budaya agar mau bertransformasi menjadi ruang belajar terbuka sesuai dengan semangat Merdeka Belajar.



Nadiem juga mengatakan IHA nantinya akan mengelola 18 museum dan 34 situs cagar budaya nasional dengan tujuan untuk memperkuat identitas nasional dan mengapresiasi budaya bangsa.

Sebagai langkah awal, reimajinasi dan pembaruan pertama yang dilakukan IHA ada di Museum Song Terus, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Revitalisasi Museum Song Terus menghadirkan citra baru yang menarik bagi para pengunjung dan akan menjadi percontohan bagi pengelola situs dan museum lainnya di Indonesia.

“Saya bilang ini harus dicontohkan di seluruh kota-kota besar, luar biasa Museum Song Terus. Saya menonton satu video 3D mengenai manusia purba dengan anak-anak kecil semua di sekitar saya, dan saya merasakan spirit, semangat Merdeka Belajar,” kata Nadiem.

Mantan CEO Gojek ini berharap transformasi museum dan cagar budaya nasional dapat menjadi tujuan wisata edukasi untuk mempelajari jati diri bangsa dan merasakan spirit semangat Merdeka Belajar.

“Museum dan cagar budaya harus jadi ruang publik, bukan hanya tempat untuk benda bersejarah atau hanya orang yang tertarik kepada topik sejarah tapi juga menjadi ruang publik untuk masyarakat luas,” jelas Nadiem.

Penulis: Candra Soemirat


Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024