Stories - 18 April 2024

Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Memicu Depresi, Kenapa?

Data Kemenkes RI per Maret 2024 mencatat sebanyak 22,4 % atau sekitar 2.716 calon dokter spesialis mengalami gejala depresi akibat PPDS.

Context.id, JAKARTA - Mayoritas calon dokter di Indonesia mengalami depresi saat mengikuti pendidikan program spesialis atau yang dikenal dengan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS).

Berdasarkan data terbaru Kementerian Kesehatan RI per Maret 2024, sebanyak 22,4 % atau sekitar 2.716 calon dokter spesialis mengalami gejala depresi akibat PPDS. 

Angka tersebut didapatkan dengan 0,6% mengalami depresi berat hingga memiliki keinginan untuk bunuh diri. Pada persentase tersebut, pendidikan spesialis anak meraih angka tertinggi yaitu sebanyak 381 orang.  

Bahkan, sebanyak 3,3% atau sekitar 399 calon dokter spesialis memiliki keinginan untuk melukai diri hingga bunuh diri melalui cara apapun. 

Dilansir Antara, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa depresi tersebut disebabkan oleh beban yang besar untuk mengemban pendidikan bersamaan dengan melayani rumah sakit. 

"Banyak yang mengatakan bahwa PPDS memiliki beban yang cukup besar. Beban besar itu yang menjadi kemungkinan peserta PPDS yang belajar dan melayani di rumah sakit vertikal berisiko mengalami depresi," ujar Khofifah.

Kejadian tersebut dapat menjadi evaluasi bagi sistem pendidikan di setiap rumah sakit. Dukungan yang penuh dari rumah sakit, keluarga, dan pemerintah sangatlah penting agar selama melaksanakan proses pendidikan dapat memberikan perhatian kepada para calon dokter spesialis.

Dekan FKKMK UGM, Yodi Mahendradhata menyarankan untuk melakukan pengurangan kemungkinan kegiatan terjadinya tindakan yang tidak sesuai dalam mekanisme pendidikan yang dapat memberikan pengaruh negatif. 

"Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengurangi potensi penyimpangan aktivitas dalam mekanisme pendidikan yang berakibat pada kesehatan fisik dan mental mahasiswa," ucapnya. 

Menurut Yodi, PPDS seharusnya dapat membantu para calon dokter spesialis untuk berkembang dan meningkatkan kualitas pendidikannya tanpa menghiraukan kesehatan dan kesejahteraan para calon dokter tersebut. 

Kesehatan mental yang baik tersebut dapat dilakukan melalui pengaturan jam kerja yang kurang dari 80 jam per minggu, pemberian edukasi penanggulangan gejala-gejala depresi, hingga penyediaan layanan psikolog bagi seluruh mahasiswa calon dokter spesialis.

Penulis: Diandra Zahra


Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Warung Madura, antara Kontroversi dan Keunikannya

Pedagang Madura di kampungnya sanggup membangun rumah mewah bertingkat dari hasil jualan kelontongan

Context.id | 30-04-2024

Gelombang Panas Menyerang Asia, Anak Sekolah Diliburkan

Akibat gelombang panas, banyak terjadi penularan penyakit di kalangan guru dan siswa dalam beberapa hari terakhir.

Context.id | 30-04-2024

Perempuan Jadi Ujung Tombak Kekayaan Intelektual

Perempuan Indonesia masih kurang berpartisipasi aktif dalam sistem kekayaan intelektual

Noviarizal Fernandez | 30-04-2024

Indonesia Dorong Pembentukan Global Water Fund

Global Water Fund merespon ketimpangan anggaran dan mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Noviarizal Fernandez | 30-04-2024