Stories - 22 February 2024

WNI Gemar Mengakses Layanan Kesehatan di Malaysia

Presiden Joko Widodo pernah menyebutkan bahwa hampir 2 juta orang Indonesia berobat ke luar negeri setiap tahunnya.

Context.id, JAKARTA - Orang Indonesia banyak yang melakukan pengobatan ke negeri jiran, bisa ke Singapura dan juga Malaysia.

Hal ini tak bisa dihindari melihat teknologi dan pengobatan di luar negeri yang sudah lebih maju.  Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pernah menyebutkan bahwa hampir 2 juta orang Indonesia berobat ke luar negeri setiap tahunnya. 

Direktur Ketahanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI Roy Himawan mengungkapkan salah satu kendalanya adalah ketersediaan obat, terutama obat paten yang masuk ke Indonesia. 

Menanggapi hal itu, Chief Commercial Officer IHH Healthcare Malaysia, Sipika Singh menyebutkan bahwa orang Indonesia banyak datang ke Malaysia untuk berobat. Umumnya untuk pemeriksaan onkologi, skrining kesehatan, medical check up, radiologi, dan berbagai kanker. 

"Sudah ada 60.000 pasien yang tercatat berobat di IHH Healthcare Malaysia. Kanker paling banyak yang membuat orang Indonesia berobat di Malaysia. Kemudian ada penyakit lain seperti penyakit pencernaan, gerd, kemudian otrhopaedi dan saraf," ujarnya dalam penandatanganan kerja sama Bank Mega dengan IHH Healthcare Malaysia,dikutip dari Bisnis, Kamis (22/4/2024). 

Dia menyebutkan, di IHH Healthcare Malaysia juga punya tenaga medis multidisiplin untuk menangani kasus-kasus sulit, dan dilengkapi dengan teknologi canggih, termasuk spesialis yang beragam, sehingga kasus-kasus yang ada bisa ditangani bisa ditangani secara detail. 

"IHH Healthcare Malaysia menyediakan layanan kesehatan berkualitas. Tim kami yang terdiri dari lebih dari 1.200 profesional kesehatan, memanfaatkan teknologi medis canggih dan peralatan mutakhir seperti PET-CT, Gamma Knife, Sistem Bedah Robotic Da Vinci, dan LINAC, serta telah meningkatkan kemampuan kami untuk menyediakan perawatan komprehensif dalam banyak spesialisasi," ujarnya. 

Di Indonesia, IHH Healthcare, sebagai penyedia layanan kesehatan terkemuka dengan jaringan seperti Gleneagles Hospitals, Pantai Hospitals, dan Prince Court Medical Centre, juga baru saja meneken kerja sama dengan PT Bank Mega Tbk. (MEGA).

Melalui kerjasama ini, kata Singh, diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas layanan kesehatan bagi pemegang kartu Bank Mega dan memberikan lebih banyak pilihan dalam mendapatkan perawatan medis berkualitas tinggi dan mudah diakses di Malaysia.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Tingkatkan Layanan Kesehatan Tak Cukup Dengan Penambahan SDM

Sub sistem tersebut berupa upaya, fasilitas, logistik dan obat-obatan, pembiayaan, serta SDM

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Miliarder Beli Klub Eropa, Ada Pengaruh ke Sepak Bola Indonesia?

Deretan pengusaha kakap Tanah Air miliki saham mayoritas di klub-klub sepak bola luar negeri

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Polemik Pernikahan Massal 100 Anak Perempuan di Nigeria

Pendidikan lebih prioritas bagi anak-anak perempuan dibandingkan memaksanya untuk melakukan pernikahan

Context.id | 17-05-2024

Reimajinasi Baru Museum dan Cagar Budaya Menjadi Ruang Belajar Inklusif.

Kemdikbudristek meluncurkan Indonesian Heritage Agency atau IHA untuk memberikan citra baru bagi museum dan situs budaya nasional.

Context.id | 17-05-2024