Stories - 23 May 2022

Cacar Monyet Makin Gempar dan Menyebar

Penyakit cacar monyet atau monkeypox menggemparkan dunia. Kasus yang muncul sejak 7 Mei ini kini sudah menyebar di 12 negara termasuk Australia.


Partikel virus cacar monyet. - Istimewa -

Context.id, JAKARTA - Penyakit cacar monyet atau monkeypox menggemparkan dunia. Kasus yang muncul sejak 7 Mei ini kini sudah menyebar di 12 negara termasuk Australia dan masih belum diketahui penyebabnya.

Menurut data dari WHO, pada periode 13-21 Mei 2022, sudah terdapat 92 korban dari regional Eropa, Amerika Utara, dan Australia. Monkeypox sendiri merupakan virus zoonosis atau virus yang ditularkan dari hewan ke manusia dengan gejala yang sangat mirip dengan pasien cacar dan tidak menyebabkan kematian. Gejala yang timbul diawali dengan demam, sakit kepala parah, pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri punggung, nyeri otot, dan lemas. 

Orang yang paling berisiko terkena virus ini adalah mereka yang pernah kontak fisik pada pengidap monkeypox. Virus ditularkan melalui kontak dekat dengan cairan tubuh, tetesan pernapasan, hingga bahan yang terkontaminasi seperti tempat tidur. Lalu, masa inkubasi cacar monyet pada umumnya hanya 6 hingga 13 hari. Namun, untuk beberapa kasus khusus, masa inkubasi bisa 5 hingga 21 hari.

Cacar monyet biasanya dapat sembuh dengan sendirinya, setelah gejala berlangsung selama 14-21 hari. Namun, kasus yang lebih parah dapat terjadi pada anak-anak, karena tingkat paparan virus yang berbeda, status kesehatan pasien tersebut, serta seberapa parah komplikasinya. 

Saat ini WHO sedang menyelidiki lebih lanjut mengenai penyakit ini. Mulai dari cara virus tersebut dapat bertahan di alam, hingga masa hidup virus tersebut.

 

Menyebar di Negara Non-endemik

Penyakit Monkeypox ini sebenarnya pernah mewabah di daratan Afrika pada 2018 dan 2019 silam. Namun, ketika ditelusuri, pengidap penyakit cacar monyet yang berada di Amerika dan Eropa ternyata tidak pernah mengadakan perjalanan langsung ke daerah Afrika, ataupun melakukan kontak dari para pendatang dari Afrika.

Oleh karena itu wabah ini cukup unik dan tidak biasa. Selain itu, muncul juga kekhawatiran angka penyebaran yang lebih tinggi. 
“(Wabah) ini langka dan tidak biasa,” ujar ahli epidemiologi, Susan Hopkins dalam pernyataannya, Senin (16/5/2022).

Negara yang merupakan endemik dari cacar monyet adalah Benin, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Kongo, Gabon, Ghana, Pantai Gading, Liberia, Nigeria, Republik Kongo, Sierra Leone, dan Sudan Selatan.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Tuai Pro-Kontra, Parlemen Swedia Sahkan Revisi UU Pergantian Kelamin

Parlemen Swedia telah mengesahkan revisi undang-undang baru yang memudahkan seseorang untuk mengubah jenis kelamin mereka

Context.id | 19-04-2024

Google Kembali PHK Karyawan, CEO Memprediksi Tahun Depan Juga

Sebelumnya, Google telah memecat ratusan karyawan pada Januari lalu demi efisiensi keuangan untuk pengembangan teknologi AI

Context.id | 19-04-2024

OJ Simpson, Dari Superstar Jadi Narapidana

Dia kemudian mencapai rekor dan menjadi salah satu pemain terhebat dalam sejarah American football.

Noviarizal Fernandez | 19-04-2024

Post Holiday Blues, Depresi Setelah Liburan

Tak jarang ditemui setelah liburan ada yang belum siap untuk kembali melakukan rutinitas sehingga mengalami kecemasan

Context.id | 19-04-2024