Stories - 31 January 2024

Elon Musk Berhasil Tanam Cip di Otak Manusia

Neuralink, perusahaan rintisan (startup) neuroteknologi milik Elon Musk, akhirnya berhasil menanamkan cip buatannya di otak manusia.

Context.id, JAKARTA - Neuralink, perusahaan rintisan (startup) neuroteknologi milik Elon Musk, akhirnya resmi menanamkan cip buatannya di otak manusia.

Prosedur implan itu diklaim pertama di dunia dan manusia yang telah menerima cip otak dari Neuralink itu kondisinya dalam masa pemulihan dengan baik.

"Hasil awal menunjukkan deteksi lonjakan neuron yang menjanjikan," kata Musk di akun media sosial X (dulu Twitter) miliknya, Selasa (30/1).

Lonjakan neuron yang dimaksud Musk adalah aktivitas sel yang menggunakan sinyal listrik dan kimia untuk mengirimkan informasi ke seluruh otak dan tubuh.

Melansir Bisnis, Elon Musk mengatakan cip tersebut nantinya akan memungkinkan seseorang mengendalikan ponsel ataupun perangkat lainnya hanya dengan berpikir.



Oleh karena itu, target penggunaannya adalah masyarakat yang kehilangan fungsi tubuhnya untuk berkomunikasi lebih cepat.

“Bayangkan jika Stephen Hawking bisa berkomunikasi lebih cepat daripada juru ketik atau juru lelang. Itulah tujuannya,” ujar Elon.

Mengutip dari Business Today, meskipun penemuan ini adalah sebuah permulaan, keberhasilan implantasi menjadi tonggak baru dalam sejarah. Ini adalah pertama kalinya ada penggabungan kesadaran manusia dengan kecerdasan buatan.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (Food and Drug Administration/FDA) sudah memberikan izin kepada Neuralink untuk menguji coba pertama tanam cip di otak manusia pada Mei tahun lalu.

Mendapat lampu merah, Neuralink pun membuka perekrutan relawan untuk uji coba manusia pada September 2023.

Peserta penelitian yang dicari adalah pasien quadriplegia, atau kelumpuhan yang menyerang seluruh anggota tubuh dari leher sampai ke bawah, dengan cedera tulang belakang leher (amyotrophic lateral sclerosis/ALS).

Studi yang dilakukan Neuralink adalah uji coba antarmuka otak-komputer (brain-computer interface/BCI) nirkabel untuk mengevaluasi keamanan implan dan robot bedah.

Riset akan menilai fungsionlitas BCI, yang memungkinkan penderita quadriplegia untuk mengontrol perangkat dengan pikiran mereka, menurut situs web perusahaan.

Musk sendiri sudah menemukan nama untuk produk pertama Neuralink, yakni Telepathy.

Meskipun sudah mendapatkan lampu merah dan berhasil melakukan uji coba pertamanya, Neuralink sempat mendapat peringatan terkait pengawasan protokol keamanannya.

Dilansir dari Reuters, awal bulan ini perusahaan tersebut didenda karena melanggar peraturan Departemen Transportasi AS (DOT) mengenai pergerakan bahan berbahaya.

Pada November lalu, empat anggota parlemen AS meminta Komisi Sekuritas dan Bursa AS untuk menyelidiki apakah Musk melakukan penipuan sekuritas dengan diduga menyesatkan investor tentang keamanan implan otak yang dikembangkan oleh Neuralink.


Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024