Stories - 29 January 2024

Friendster Bangkit Lagi, Warganet Bernostalgia

Website jejaring media sosial ini diambil dari dari 2 kata yaitu Friend yang berarti teman dan Napster atau saat itu dikenal dengan istilah fenomena.

Context.id, JAKARTA - Warganet akan kembali bernostalgia dengan jejaring sosial Friendster yang kembali berkiprah di jagat maya.

Sebagaimana diketahui, Friendster, situs jejaring sosial dan gim sosial, kembali hadir setelah sekian tahun vakum.

Situs yang sempat populer pada tahun 2000-an atau sebelum kedatangan Facebook, memberikan tampilan baru di laman resminya https://friendster.com/. 

Jonathan Abram, programmer kelahiran Kanada, memperkenalkan Friendster pada Maret 2002. Jonathan dan beberapa temannya menjalankan situs ini secara sembunyi-sembunyi awalnya.

Hingga dalam beberapa minggu, ratusan pengguna terhubung dengan Friendster.

Website jejaring media sosial ini diambil dari dari 2 kata yaitu Friend yang berarti teman dan Napster atau saat itu dikenal dengan istilah fenomena.

Sebagai situs jejaring sosial di era itu, Friendster sudah mendukung fitur berbagai foto hingga video kepada sesama pengguna. 

Selain untuk berkomunikasi dengan teman lama dan mendapatkan teman baru, Friendster juga biasa dimanfaatkan untuk mencari tahu tentang hal-hal baru seputar acara terbaru, profil band musik, hingga hal-hal informatif sesuai dengan hobi. 

Salah satu nikmatnya bermain Friendster kala itu adalah seluruh penggunanya yang mayoritas akun asli. Tidak dikenal istilah bot atau robot, ataupun akun anonim yang memiliki tujuan dan motif tertentu.  Friendster juga menjadi salah satu media sosial paling terkenal di Asia Tenggara. 

Namun, Friendster mengalami penurunan kualitas setelah memiliki lebih dari 10 juta pengguna. Friendster sering mengalami bug atau gangguan. 

Di sisi lain, para penantang Friendster bermunculan dan makin agresif seperti Facebook. Media sosial milik Mark Zuckerberg itu terus menghadirkan fitur-fitur baru.

Hal ini sempat disadari oleh Jonathan dan mengusulkan agar Friendster melakukan hal yang sama.  Namun, Friendster tidak melakukan perbaikan-perbaikan karena banyaknya masalah yang terjadi di situs tersebut. 

Friendster kalah bersaing dan akihirnya diakuisisi oleh Facebook. Namun pada 2009, Mol Global, perusahaan asal Malaysia, mengakuisisi Friendster dengan nominal sebesar US$40 juta.

Mol Global mengubahnya menjadi social gaming. Pada 2015 Friendster tutup total.

Warganet di jejaring X pun bernostalgia mengenang Friendster. Tengok saja seorang pengguna dengan nama akun @vitawuw. Dia mengatakan: aku termasuk yg main macem2 sosmed termasuk friendster, myspace, path, LC, mirc, ym. menurutku friendster seru krn bisa otak atik profil..semoga nanti ga jauh beda sih fiturnya dan mungkin ada penyesuaian juga sesuai sama jamannya.

Sementara akun @ambreuliu juga punya kisah menarik seputar Friendster: Gue ketemu mantan aja lewat FS dulu wakakakak. Mana tuh profike fs norak banget. Ada backsound2 lagu, glitter, dll. Pasti yg ngerasain jaman ini udah pada tuwir sekarang.

Tentu saja kata Friendster terasa asing bagi para Gen-Z yang tidak sempat menyicipi jejaring sosial tersebut. Salah satunya pemilik akun @ciixyzlaa: friendster tuh apa ya? maaf ak baru denger 


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Pengguna Mobil Apa yang Paling Pintar di Jalanan?

Pernah kesal dengan perilaku berkendara sebagian pengemudi mobil dengan brand tertentu? Ini riset yang mengkorelasikan brand mobil yang dikendarai ...

Fahri N. Muharom | 07-09-2024

Bagaimana Sepak Bola Tunanetra Dimainkan?

Atlet sepak bola tunanetra sangat hebat dalam menggunakan kesadaran ruang dan mampu memadukan kecepatan serta teknik bermain

Context.id | 06-09-2024

Nyetir Lebih dari Dua Jam Bisa Bikin Makin Bodoh?

Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa mengemudi lebih dari dua jam sehari bisa menurunkan daya otak seseorang.

Naufal Jauhar Nazhif | 06-09-2024

Saat Hewan Ditugaskan Menjadi James Bond

Penggunaan hewan dalam kegiatan militer telah berlangsung selama bertahun-tahun baik itu untuk kegiatan mata-mata atau untuk penyerangan.

Context.id | 05-09-2024