Stories - 18 May 2022

Bukan Cuma Shopee, Perusahaan Dunia Ini Ikut Rugi Besar

Banyak pemimpin perusahaan teknologi dunia rugi besar-besaran. Waduh, kira-kira karena apa ya?


Salah satu kantor Shopee di Singapura. - Bloomberg -

Context.id, JAKARTA - Banyak pemimpin perusahaan teknologi di dunia rugi besar-besaran karena pandemi yang membaik, suku bunga bank yang meningkat karena kebijakan The Fed, serta imbas perang Rusia-Ukraina.

Salah satunya adalah Sea Ltd. dan CEO-nya Forrest Li yang harus kehilangan lebih dari US$1 triliun. Dampak buruk ini pun diperparah dengan anak usahanya Shopee yang juga memiliki kinerja buruk selama setahun belakangan dan ditutupnya e-commerce tersebut di India dan Prancis.

“Sea akan menghadapi tantangan yang meningkat pada tahun 2022,” ujar ekonom Hong Kong, Shawn Yang kepada Bloomberg.

Selain Forrest Li dari Sea, banyak pengusaha lain yang mengalami kerugian besar akibat krisis global ini, seperti Erick Yuan CEO Zoom yang kehilangan kekayaan sebesar $4,4 miliar, Jeff Bezos dari Amazon yang kekayaannya turun US$58 miliar, serta Ernie Garcia & Ernie Garcia II, perusahaan mobil bekas Carvana Co., yang telah merugi senilai US$15 miliar.

Selain itu, perusahaan-perusahaan di Silicon Valley juga sedang dilanda krisis terbesarnya sejak 2008. Tercatat, banyak perusahaan yang terpaksa mem-PHK-kan karyawannya, karena masifnya kerugian ditambah dengan penurunan harga saham.

Alhasil, muncullah istilah Zombie Unicorn di Silicon Valley yang merujuk pada perusahaan rintisan dengan valuasi tinggi tetapi sedang diambang kehancuran dan butuh investor baru untuk menyelamatkan perusahaan.

Melansir Bisnis, ahli strategi portfolio senior Ingalls & Snyder Tim Ghriskey mengatakan bahwa hal ini belum mencapai puncaknya. Kenaikan suku bunga The Fed yang diperkirakan mencapai 150 basis poin pada tahun ini dan belum adanya penyelesaian konflik Rusia-Ukraina, membuat krisis ini masih bisa berlanjut.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Tuai Pro-Kontra, Parlemen Swedia Sahkan Revisi UU Pergantian Kelamin

Parlemen Swedia telah mengesahkan revisi undang-undang baru yang memudahkan seseorang untuk mengubah jenis kelamin mereka

Context.id | 19-04-2024

Google Kembali PHK Karyawan, CEO Memprediksi Tahun Depan Juga

Sebelumnya, Google telah memecat ratusan karyawan pada Januari lalu demi efisiensi keuangan untuk pengembangan teknologi AI

Context.id | 19-04-2024

OJ Simpson, Dari Superstar Jadi Narapidana

Dia kemudian mencapai rekor dan menjadi salah satu pemain terhebat dalam sejarah American football.

Noviarizal Fernandez | 19-04-2024

Post Holiday Blues, Depresi Setelah Liburan

Tak jarang ditemui setelah liburan ada yang belum siap untuk kembali melakukan rutinitas sehingga mengalami kecemasan

Context.id | 19-04-2024