Stories - 23 January 2024

Ketika Crazy Rich Dunia Ingin Bayar Pajak Lebih Banyak

Pengenaan pajak yang lebih tinggi ini merupakan bagian dari gerakan bangga membayar lebih banyak alias proud to pay more.


Ilustrasi Crazy Rich - Puspa Larasati

Context.id, JAKARTA - Ratusan miliarder dan multijutawan telah menulis surat yang menyerukan para pemimpin global untuk mengenakan pajak yang adil kepada orang-orang super kaya.

Pengenaan pajak yang lebih tinggi ini merupakan bagian dari gerakan bangga membayar lebih banyak alias proud to pay more.

Dalam sebuah surat yang ditulis oleh lebih dari 250 orang kaya raya, kelompok tersebut meminta para pemimpin global yang berkumpul di Davos, Swiss dalam Forum Ekonomi Dunia untuk mengenakan pajak pada kekayaan ekstrim.

“Jika perwakilan terpilih dari negara-negara dengan perekonomian terkemuka di dunia tidak mengambil langkah-langkah untuk mengatasi peningkatan kesenjangan ekonomi yang dramatis, konsekuensinya akan terus menjadi bencana besar bagi masyarakat,” demikian isi surat terbuka tersebut dikutip dari ABC News, Selasa (23/1/2024).

“Permintaan kami sederhana. Kami meminta Anda mengenakan pajak kepada kami, orang terkaya di masyarakat. Hal ini tidak akan mengubah standar hidup kita secara mendasar, atau merampas hak anak-anak kita, atau membahayakan pertumbuhan ekonomi negara kita. Namun hal ini akan mengubah kekayaan pribadi yang ekstrim dan tidak produktif menjadi investasi bagi masa depan demokrasi kita bersama.”

Dikatakan bahwa kesenjangan telah mencapai titik kritis, membahayakan stabilitas ekonomi, sosial dan ekologi dan perbaikan terhadap masalah ini tidak bisa dilakukan secara individual.

“Kami membutuhkan pemerintah dan pemimpin kami untuk memimpin. Jadi kami kembali menemui Anda dengan permintaan mendesak agar Anda bertindak – secara sepihak di tingkat nasional, dan bersama-sama di panggung internasional,” tulis mereka dalam surat itu.

Adapun para penandatangan surat ini di antaranya pewaris Disney Abigail Disney, Valerie Rockefeller dan Brian Cox, yang berperan sebagai miliarder fiksi Logan Roy dalam Succession. Marlene Engelhorn termasuk di antara suara-suara yang menuntut agar mereka membayar pajak lebih banyak.

“Saya mewarisi kekayaan dan kekuasaan, tanpa melakukan apa pun untuk itu. Dan negara bahkan tidak menginginkan pajak atas kekayaan itu,” kata Engelhorn, yang mewarisi jutaan dolar ketika neneknya meninggal pada 2022.

Engelhorn, yang nenek moyangnya mendirikan raksasa kimia BASF, bergabung dengan beberapa protes yang dilakukan oleh kelompok minoritas kaya di sela-sela Forum Ekonomi Dunia yang menyerukan pajak yang lebih tinggi bagi orang kaya.

Diperkirakan 2.150 miliarder di seluruh dunia memiliki kekayaan sebesar US$3,3 triliun dibandingkan pada 2020, sementara hampir lima miliar orang di seluruh dunia menjadi semakin miskin, kata badan amal Oxfam dalam sebuah laporan, yang mengecam tingkat ketidaksetaraan yang parah.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024