Originals - 18 May 2022

Apa yang Salah dengan Jual Beli di Pasar Gelap?

Pada dasarnya, black market adalah aktivitas ekonomi yang dilakukan secara ilegal. Loh, kenapa disebut ilegal? apa yang salah dengan black market ya?

Black market adalah adalah aktivitas ekonomi yang dilakukan dengan menghindari pajak, seperti pajak impor, barang mewah, dan PPN yang sangat mahal. Namun, karena tidak perlu membayar pajak, black market juga menjadi ajang pihak tak bertanggung jawab untuk menjual barang ilegal, seperti senjata, organ tubuh, binatang lanka, dan narkoba.

Transaksi gelap tersebut kemudian dilakukan dengan cara menyelundupkan barang di kapal, ataupun tidak mengakui barang tersebut sebagai barang "baru" di bandara. Pasalnya, jika membawa barang bekas atau pribadi, barang itu tidak akan terhitung pajak.

Menurut salah satu bank ternama Amerika, St. Louis Fed, maraknya perdagangan black market sudah menyebabkan kerugian hingga 36% dari GDP negara berkembang dan 13% dari GDP negara maju. Hal inipun mengurangi penerimaan pajak pemerintah dan justru menyebabkan kenaikan pajak.

Alhasil, pajak yang tinggi juga akan menyebabkan lebih banyaknya black market di dunia. Permasalahan inipun menjadi sebuah lingkaran setan yang tidak kunjung ditemukan jalan keluarnya.

Pemerintah sebenarnya telah mengupayakan berbagai cara untuk mengatasi hal ini, mulai dari penertiban pelabuhan, hingga membuat tim khusus untuk memberantas hal ini. Namun sayangnya, tindakan tersebut belum berhasil menghilangkan black market, terutama karena masih banyaknya permintaan konsumen.

Kalo menurut kamu, bagaimana cara menghentikan penjualan di blackmarket?


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Biaya UKT Mahal, Orang Miskin Dilarang Kuliah?

Membayar uang kuliah melalui skema pinjaman daring alias pinjol menarik perhatian publik dan memancing diskusi panjang.

Noviarizal Fernandez | 02-04-2024

50 Tahun Peristiwa Malari dan Sentimen Modal Asing

Peristiwa Malari merupakan kepingan sejarah dari perjalanan modal asing, khususnya Jepang di Indonesia.

Noviarizal Fernandez | 18-03-2024

Ini Biang Keladi yang Bikin Banyak BPR Tumbang

Dalam lima tahun terakhir saja, ada 167 BPR yang tumbang

Noviarizal Fernandez | 17-01-2024

Indonesia-Timor Leste Dari Luka Masa Lalu Menatap Masa Depan

Selama jadi bagian dari Indonesia, beberapa peristiwa terjadi, dan menyakiti hati rakyat Timor Timur

Noviarizal Fernandez | 02-01-2024