Originals - 18 May 2022

Apa yang Salah dengan Jual Beli di Pasar Gelap?

Pada dasarnya, black market adalah aktivitas ekonomi yang dilakukan secara ilegal. Loh, kenapa disebut ilegal? apa yang salah dengan black market ya?

Black market adalah adalah aktivitas ekonomi yang dilakukan dengan menghindari pajak, seperti pajak impor, barang mewah, dan PPN yang sangat mahal. Namun, karena tidak perlu membayar pajak, black market juga menjadi ajang pihak tak bertanggung jawab untuk menjual barang ilegal, seperti senjata, organ tubuh, binatang lanka, dan narkoba.

Transaksi gelap tersebut kemudian dilakukan dengan cara menyelundupkan barang di kapal, ataupun tidak mengakui barang tersebut sebagai barang "baru" di bandara. Pasalnya, jika membawa barang bekas atau pribadi, barang itu tidak akan terhitung pajak.

Menurut salah satu bank ternama Amerika, St. Louis Fed, maraknya perdagangan black market sudah menyebabkan kerugian hingga 36% dari GDP negara berkembang dan 13% dari GDP negara maju. Hal inipun mengurangi penerimaan pajak pemerintah dan justru menyebabkan kenaikan pajak.

Alhasil, pajak yang tinggi juga akan menyebabkan lebih banyaknya black market di dunia. Permasalahan inipun menjadi sebuah lingkaran setan yang tidak kunjung ditemukan jalan keluarnya.

Pemerintah sebenarnya telah mengupayakan berbagai cara untuk mengatasi hal ini, mulai dari penertiban pelabuhan, hingga membuat tim khusus untuk memberantas hal ini. Namun sayangnya, tindakan tersebut belum berhasil menghilangkan black market, terutama karena masih banyaknya permintaan konsumen.

Kalo menurut kamu, bagaimana cara menghentikan penjualan di blackmarket?


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Elon Musk Berseteru dengan Mukesh Ambani Gegara Regulasi Bisnis Internet

Starlink milik Elon Musk menghadapi kendala ketika ingin membuka lini bisnisnya di India karena ditentang pengusaha lokal

Naufal Jauhar Nazhif | 22-10-2024

Malaysia Bakal Susul Singapura jadi Pusat Data Center di Asia Tenggara?

Industri teknologi di Malaysia terus berkembang, seiring banyaknya investor teknologi global yang menanamkan modalnya di sektor data center. Apa k ...

Naufal Jauhar Nazhif | 17-10-2024

Mengenal Deng Xiaoping, Tokoh di Balik Majunya Ekonomi China

Deng Xiaoping adalah tokoh revolusioner asal Negeri Tirai Bambu. Kepemimpinannya berhasil mengubah China, dari negara Komunis miskin menjadi maju

Naufal Jauhar Nazhif | 15-10-2024

Dampak Serangan Rudal Hipersonik Iran terhadap Militer Israel

Iran telah meluncurkan ratusan rudal hipersonik ke wilayah Israel dan beberapa di antaranya berhasil mengenai sasaran penting, termasuk fasilitas ...

Naufal Jauhar Nazhif | 11-10-2024