Stories - 12 January 2024

Sidang Genosida Dimulai, Afsel Banjir Dukungan

Sejumlah negara, partai politik, serikat pekerja dan kelompok hak asasi manusia dari seluruh dunia telah mendukung upaya Afrika Selatan untuk membawa Israel ICJ

Context.id, JAKARTA - Mahkamah Internasional (ICJ) hari ini mulai menggelar gugatan genosida di Afrika Selatan terhadap Israel, yang telah memperoleh dukungan luas dari berbagai pihak.

Sejumlah negara, partai politik, serikat pekerja dan kelompok hak asasi manusia dari seluruh dunia telah mendukung upaya Afrika Selatan untuk membawa Israel ICJ atas tuduhan bahwa mereka telah melakukan genosida terhadap rakyat Palestina.

Diprakarsai oleh Afrika Selatan pada akhir Desember 2023, gugatan tersebut menuduh Israel melakukan genosida dalam perangnya di Gaza.

Tindakan hukum tersebut bertujuan untuk mengakhiri serangan militer Israel yang intens, yang telah menewaskan lebih dari 23.000 warga Palestina, termasuk hampir 10.000 anak-anak.

Berikut rincian siapa yang mendukung pencalonan Afrika Selatan dari berbagai sumber.

Hingga saat ini, inisiatif hukum Afrika Selatan telah mendapat dukungan resmi dari Turki, Malaysia, Yordania, Bolivia, Maladewa, Namibia, Pakistan, Venezuela, Kolombia, dan Brasil.

Selain itu, Organisasi Kerjasama Islam (OKI), dan Liga Arab telah menyatakan dukungannya terhadap kasus ini.

Beberapa politisi Eropa juga menganjurkan pemerintah mereka untuk bersekutu dengan Afrika Selatan dalam kasusnya melawan Israel.  Wakil Perdana Menteri Belgia, Petra De Sutter, menyatakan dukungannya terhadap kasus ini.

Menurut Thirth World, Petra De Sutter mengatakan bahwa Belgia tidak bisa tinggal diam dalam menghadapi ancaman genosida di Gaza.

Dia menekankan perlunya mengambil tindakan terhadap ancaman ini dan mengusulkan agar Belgia mengikuti jejak Afrika Selatan di ICJ. De Sutter mengumumkan niatnya untuk menerima proposal ini dengan pemerintah Belgia.

Di Spanyol, pemimpin Podemos, Ione Belarra, mengatakan pada hari Selasa bahwa partainya telah secara resmi mendesak pemerintah Spanyol untuk mendukung kasus Afrika Selatan di ICJ.

Belarra memuji “keberanian” Afrika Selatan dalam konferensi pers dan menekankan pentingnya lebih banyak negara, termasuk Spanyol, yang menyatakan solidaritas dengan Palestina dalam tindakan hukum tersebut.

Kementerian Kehakiman Afrika Selatan mengumumkan bahwa Jeremy Corbyn termasuk di antara beberapa tokoh politik senior yang mewakili partai dan gerakan politik progresif di seluruh dunia yang telah bergabung dalam upaya ini.

Mereka akan menjadi bagian dari delegasi Afrika Selatan yang menghadiri sidang pendahuluan selama dua hari di Den Haag, Belanda.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Hasil Investigasi: Roblox Dianggap Abaikan Keselamatan Anak

Roblox mengabaikan keselamatan anak, membiarkan konten berbahaya dan pelecehan seksual daring merajalela

Context.id | 18-10-2024

Diawali dari Karya Seni, Robot akan Bisa Bikin Apa Lagi?

Teknologi robot mencatat sejarah dengan keberhasilan membuat lukisan yang bahkan dijual di rumah lelang bergengsi. Tanda robot semakin humanis?

Context.id | 17-10-2024

Posisi Pusat Keuangan Global Swiss Diincar Hong Kong dan Singapura

Jaminan keamanan dan kerahasiaan perbankan Swiss mulai diragukan. Hong Kong dan Singapura ingin merebut posisi pusat keuangan global dari Swiss

Context.id | 17-10-2024

Kolaborasi Prada dan Axiom Space untuk Pakaian Astronaut di Bulan

Prada, jenama fesyen dunia ikut berkontribusi dalam membuat pakaian astronaut yang tahan cuaca ekstrem untuk misi di bulan

Context.id | 17-10-2024