Stories - 12 January 2024

Kebanjiran Imigran, Inggris Larang Mahasiswa Bawa Keluarga

Sejak tahun baru, mayoritas mahasiswa asing tidak dapat membawa anggota keluarga ke Inggris.

Context.id, JAKARTA- Inggris akhirnya menerapkan aturan mahasiswa asing dilarang membawa serta keluarganya untuk bermukim di negeri Big Ben tersebut.

Kebijakan itu diambil menyusul krisis berkepanjangan yang melanda negara itu. Kehadiran imigran dinilai makin membebani negeri Raja Charles III itu.

Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak mengumumkan kebijakan tersebut dalam unggahannya di akun X awal tahun ini. Dia mengatakan, sejak tahun baru, mayoritas mahasiswa asing tidak dapat membawa anggota keluarga ke Inggris.

“Kami mempersembahkan kebijakan 2024 ini kepada rakyat Inggris,” ujarnya.

Seperti diketahui, para mahasiswa asing biasanya datang ke Inggris setelah melewati proses admisi di perguruan tinggi.

Kemudian mereka biasanya mengajukan visa untuk membawa keluarga mereka, yang biasa disebut dependent visa. Tetapi dengan adanya aturan baru ini, mahasiswa tidak bisa membawa keluarga mereka.

Menteri Dalam Negeri Inggris James Cleverly menyatakan bahwa mahasiswa asing yang membawa serta keluarga mereka untuk tinggal merupakan praktik yang tidak masuk akal.

Sebenarnya, aturan ini sudah disiapkan oleh Inggris beberapa tahun sebelumnya. Pada 2022, mereka sudah mempersiapkan pemberlakuan aturan itu.

Mengutip Africanews, langkah ini menyusul laporan bahwa migrasi bersih ke Inggris telah mencapai 1 juta orang dan anggota parlemen Partai Konservatif meminta Perdana Menteri Rishi Sunak untuk mengatasi jumlah yang meroket itu.

Larangan ini akan berdampak pada semua mahasiswa magister dan beberapa mahasiswa pascasarjana lainnya, namun tidak berlaku bagi mahasiswa PhD yang berketerampilan tinggi dan yang masa studinya antara 3 hingga 5 tahun.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024