Stories - 12 December 2023

Kementerian Investasi Bagikan Ribuan NIB

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal membagi ribuan nomor induk berusaha kepada para pelaku UMKM dan penyandang disabilitas.

Context.id, JAKARTA - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) membagikan ribuan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada para pelaku UMKM dan penyandang disabilitas sekaligus memperingati Hari Disabilitas Internasional di Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Ikmal Lukman, Sekretaris Kementerian Investasi/BKPM mengatakan bahwa untuk memudahkan dan percepatan perizinan usaha, jajarannya mengintegrasikan pengurusan izin itu dengan Sistem Online Single Submission (OSS).

“Di dalam OSS, terintegrasi 20 perizinan. Kita bisa dapat perizinan dan teringrasi dengan kementerian lembaga serta pemerintah daerah, secara cepat terutama untuk pelaku UMKM dengn hitungan menit. Kalau dokumen lengkap, antara 15-20 menit sudah selesai dan kami terus mengembangkan sistem ini,” ucap Ikmal.

Pada kesempatan itu, Kementerian Investasi/BKPM membagikan sekitar 1200 NIB kepada para pelaku usaha. Berdasarkan catatan BKPM, tuturnya, hingga Oktober 2023, telah terbit 6,7 juta NIB di mana pelaku UMKM mendominasi dengan persentase 98,87%.

Menurut Ikmal dengan adanya kemudahan perizinan ini akan membuka peluang bagi pengusaha kecil untuk tumbuh dan berkarya, serta memberikan kontribusi perekonomian. Untuk itu, pengusaha jangan takut berkreasi karena akan berikan sumbangsih besar bagi bangsa dan negara.

Kementerian Investasi, tuturnya, juga terus mendorong terjadinya kolaborasi antara pelaku UMKM dengan perusahaan menengah dan besar, agar tercipta pemerataan kesempatan dan kontribusi usaha kecil serta peningkatan kapasitas maupun kompetensi.

Pada kesempatan itu, dilaksanakan pula penandatangan kemitraan antara perusahaan menengah dan besar dengan nilai Rp10,6 triliun. Selain itu ada juga kemitraan bisnis dengan penyandang disabilitas dengan nilai Rp1,5 miliar.

Ikmal menjelaskan, Kementerian Investasi/BKPM terus berupaya untuk terus mempertemukan pelaku usaha penyandang disabilitas dengan perusahaan skala menengah maupun besar agar terjalin kolaborasi yang saling menguntungkan. 

“Kerja sama UMKM milik pengusaha disabilitas dan korporasi menengah atau besar membutuhkan legalitas berupa NIB. Pemberian NIB ini merupakan kerja sama kolaborasi antara BKPM, Kementerian Pertahanan serta BPJS Ketenagakerjaan," jelas Ikmal.  

Harapannya, tambah Ikmal, Kerja sama ini akan memberikan kemudahann jalan bagi para pekerja yang mengalami kecelakaan kerja di mana pertahun bisa mencapai ribuan kejadian untuk tetap bisa bertahan dan tetap hidup secara layak.

Dalam kesempatan yang sama, Septiria Christina, Direktur Pemantauan Kepatuhan Perizinan Berusaha, Kedeputian Bidang Pelayanan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM menjelaskan, pemberian NIB bagi pelaku usaha perseorangan merupakan bentuk kesempatan berusaha melalui kemitraan.

“Negara hadir bagi seluruh rakyat, salah satunya dengan memberikan akses investasi yang berkeadilan. Ini merupakan inisiatif kami untuk menyelenggarakan pemberian NIB secara cepat, transparan dan gratis,” ucapnya.

Adapun para peserta yang hadir terdiri dari 650 orang yang mengikuti kegiatan secara tatap muka dan 500 orang lainnya berasal dari unsur Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan, serta 500 peserta mengikuti secara daring.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024