Stories - 13 May 2022

Jokowi Ungkap Potensi Ekonomi Digital Indonesia Besar

Nilai ekonomi digital Indonesia diprediksi tumbuh hingga 20 persen setiap tahunnya.


Presiden Indonesia Joko Widodo berkumpul dengan para pemimpin negara ASEAN lainnya di Gedung Putih, Washington DC, Kamis (12/5/2022).

Judul: Jokowi Ungkap Potensi Ekonomi Digital Indonesia Besar

Context.id, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa nilai ekonomi digital Indonesia diprediksi tumbuh hingga 20 persen setiap tahunnya, saat menghadiri AS-Asean Spesial Summit with Business Leaders, Kamis (12/5/2022).

Menurutnya, nilai ekonomi ini diprediksi akan mencapai US$146 miliar pada 2025 atau hampir setengah dari target nilai ekonomi digital Asean yang mencapai US$330 miliar.

“Di Indonesia sendiri ekonomi digital diproyeksikan tumbuh 20 persen per tahun, mencapai 146 miliar dolar pada tahun 2025,” ujar Jokowi  dalam kata sambutannya.

Target ini dinilai cukup realistis. Pasalnya, Indonesia sudah memiliki 2346 perusahaan rintisan (startup), dimana angka tersebut merupakan jumlah startup terbanyak kelima di dunia. Apalagi di antaranya terdapat beberapa perusahaan yang berhasil menjadi decacorn dan unicorn.

“Saat ini Indonesia memiliki 2346 startup terbanyak kelima di dunia, dengan dua decacorn dan delapan unicorn,” ujar Jokowi.

Ditambah lagi, Indonesia saat ini memasuki masa bonus demografi, dimana mayoritas masyarakat atau sekitar 270 juta masyarakat yang berusia produktif, sehingga sumber dayanya juga sangat mumpuni untuk mendukung Indonesia mencapai target ekonomi tersebut.

Maka dari itu, Jokowi pada kesempatan itu optimis mengajak pebisnis Amerika untuk berinvestasi di Indonesia, agar Indonesia bisa semakin cepat masuk ke dalam global value chain melalui digitalisasi.

“Saya berharap para CEO perusahaan-perusahaan besar Amerika dapat membangun kerjasama yang konkrit di G20 dan kerjasama dengan Asean, khususnya dengan Indonesia,” ujar Jokowi.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Siomay Peringkat 1 Cemilan Terlezat Dunia

Setelah Rendang dan Sate, kini Siomay diakui sebagai salah satu dumpling atau cemilan berbahan pangsit terbaik dunia

Context.id | 25-04-2024

Kampus Elit AS Protes Genosida Gaza, Mengulang Sejarah Demo Perang Vietnam?

Periode 50-60an, mahasiswa dari berbagai kampus di Amerika Serikat melakukan unjuk rasa menolak keterlibatan AS dalam Perang Vietnam

Context.id | 25-04-2024

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024