Stories - 09 November 2023

Menteri Agama Serukan Aksi Solidaritas Bela Palestina

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyerukan jajarannya untuk melakukan aksi solidaritas terhadap Palestina.


Ilustrasi Solidaritas Palestina - Alvin Alatas.

Context.id, JAKARTA - Kementerian Agama RI meminta semua Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dibawah naungan kementerian tersebut untuk melakukan aksi solidaritas terhadap Palestina.

Seruan itu tertuang dalam Surat Edaran No 12 Tahun 2023 tentang aksi solidaritas dan doa bersama untuk Palestina. 

Surat itu ditujukan kepada pejabat Eselon I Kementerian Agama, pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Kepala Unit Pelaksana Teknis, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

Selain itu, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, Kepala Madrasah dan Kepala Satuan Pendidikan Keagamaan, serta seluruh ASN Kementerian Agama juga diimbau untuk terus berdoa dan bersolidaritas bagi Palestina. 

“Bangsa Palestina sedang mengalami penderitaan akibat serangan Israel. Kami mengajak keluarga besar Kementerian Agama dan seluruh umat beragama untuk menggelar doa bersama serta aksi solidaritas untuk rakyat Palestina,” terang Yaqut Cholil Qoumas, Kamis (9/11/2023).

Sebagai wujud solidaritas, kepedulian, dan keprihatinan terhadap kondisi rakyat Palestina, lanjut Menag, umat Islam diminta membaca kunut nazilah dan salat gaib untuk para korban.

Umat beragama juga diminta melaksanakan doa bersama sesuai agama masing- masing atau doa bersama lintas agama untuk seluruh korban.

“Tujuannya agar bangsa Palestina segera mendapatkan kedamaian, keadilan, dan kemerdekaannya,” harapnya.

Adapun umat beragama yang akan memberikan donasi untuk warga Palestina, SE Menag mengatur ketentuan yakni bagi ASN Kementerian Agama, donasi dikoordinasikan oleh masing-masing satuan kerja.

Sementara  bagi Lembaga/Organisasi Kemasyarakatan Keagamaan dan pengelola rumah ibadah, donasi melalui Baznas atau lembaga donasi keagamaan lainnya yang resmi dan akuntabel.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024