Originals - 02 November 2023

Jangan Biarkan Bunuh Diri Terjadi

Di Indonesia, kasus bunuh diri terus meningkat setiap tahunnya. Dari 230 kasus bunuh diri pada 2019, meningkat jadi 902 kasus pada 2022.

Context.id, JAKARTA - Kasus bunuh diri terjadi di mana-mana dan menimpa seseorang yang tak kita sangka sebelumnya.

Di Indonesia, kasus bunuh diri terus meningkat setiap tahunnya. Dari 230 kasus bunuh diri pada 2019, meningkat jadi 902 kasus pada 2022.

Sesungguhnya, ada banyak alasan yang membuat seseorang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Salah satunya, adalah depresi yang tidak tertangani.

Hal inilah yang membuat seseorang akan merasa lelah dan akhirnya putus asa dan menyesali hidupnya, serta berpikir tak ada lagi yang sayang padanya.

Faktor lainnya adalah perilaku impulsif yang disertai dengan munculnya pikiran negatif. Situasi tersebut sangat berisiko, karena dapat membuat seseorang untuk mengakhiri hidupnya.

Selain itu, masalah sosial juga jadi faktor seseorang melakukan bunuh diri. Pemicunya beragam, mulai dari perundungan, pengkhianatan, hingga pengucilan.

Menurut data, 8 dari 10 orang yang melakukan bunuh diri sudah lebih dulu memberikan tanda dan peringatan akan niat mereka.

Karena itu jika orang-orang di sekitarnya sadar akan situasi yang sedang dialami, mungkin seseorang akan mengurungkan niatnya untuk bunuh diri.

Jika kamu salah satu orang yang sedang terpuruk dan putus asa, cobalah bangkit dengan segala cara. Kalau kamu kenal seseorang yang sedang merasa putus asa, jangan biarkan dia sendiri.


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Enaknya Jadi Presiden dan Wakilnya

Nikmatnya jadi presiden dan wakil presiden. Kerja satu periode, namun mendapatkan tunjangan pensiun seumur hidup.

Noviarizal Fernandez | 28-11-2023

Jaring Cuan di Bisnis Cosplay

Costume play alias cosplay bukan hanya sekadar hobi namun bisa menjadi ladang penghasilan untuk menumpuk pundi-pundi rupiah.

Noviarizal Fernandez | 27-11-2023

Sekolah Vokasi Jadi Solusi Entaskan Pengangguran?

Sekolah vokasi dinilai sebagai jalan mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Namun kenyataannya banyak lulusannya menyumbang angka pengangguran.

Noviarizal Fernandez | 24-11-2023

Seberapa Banyak Penduduk Miskin di Indonesia?

Indonesia sering disebut negara kaya raya tapi di balik itu ada jutaan orang yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Noviarizal Fernandez | 23-11-2023