Share

Home Stories

Stories 25 September 2023

Minat Tinggi Warga Ikut Uji Coba Kereta Cepat

Tiket untuk ikut uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh sudah ludes. Padahal, tiket gratis untuk uji coba tahap dua baru dibuka kemarin, Minggu (24/9/2023)

Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta-Bandung saat berada di Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (13/9/2023). Bisnis/Rachman

Context.id, JAKARTA - Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau kereta cepat Whoosh kembali dibuka. Uji coba gratis yang akan berlangsung pada 25-30 September ini menyedot perhatian publik sekaligus minat untuk ikut mencobanya.

Buktinya, tiket gratis untuk uji coba tahap dua ini sudah ludes. Hal itu terlihat dari pengumuman yang dipasang KCJB.  

"Kuota uji coba periode 14-30 September 2023 telah terisi 100 persen. Terimakasih atas antusiasme Sobat terhadap kereta api cepat!" tulis laman resmi pendaftaran kereta cepat, ayonaik.kcic.co.id, Senin (25/9/2023).

Sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) juga telah menjalankan uji coba publik Kereta Api (KA) Cepat Jakarta-Bandung tahap pertama.

Pada uji coba tahap pertama, kuota sebanyak 500 tempat duduk setiap perjalanan berhasil habis terpesan.

Tingginya animo publik untuk mendapatkan tiket uji coba memang tidak main-main. Sejumlah warganet mengeluhkan sulitnya mengakses website pendaftaran uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung tahap dua sejak dibuka pada Minggu (24/9/2023).

Memang, pendaftaran hanya bisa dilakukan di website kereta api cepat. Karena saking banyaknya yang mengakses, laman itu pun akhirnya error.

Menanggapi hal ini, melalui akun X resmi @KeretaCepatID, pihak KCIC menjelaskan bahwa aktivitas website ayonaik.kcic.co.id sedang tinggi sehingga beberapa pengguna sulit mengakses.

“Hai, Sob! Mohon ditunggu yaa, aktivitas website saat ini sedang tinggi,” tulisnya.

Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menempuh rute Stasiun Halim - Stasiun Tegalluar (PP) setiap pukul 09.00 dan 14.00 WIB. Kereta berhenti di empat stasiun pemberhentian, yakni Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalalur.

Bagi calon penumpang yang ingin menuju Stasiun KCJB Halim dapat melalui akses jalan DI Panjaitan yang telah dibuka untuk umum.

Sementara untuk masyarakat yang berada di area Bandung, KCIC bekerja sama dengan Damri dan Mall Summarecon menyediakan armada shuttle bagi masyarakat.

Adapun titik keberangkatan adalah Pul Damri Soekarno Hatta Bandung dan kawasan Mall Summarecon.

Selain menggunakan shuttle, untuk kendaraan yang akan menuju Stasiun Tegalluar juga dapat melalui exit tol KM 149 arah Cileunyi yang beroperasi mulai pukul 07.00 s.d 17.00 WIB.

Proyek yang diklaim sebagai kereta cepat pertama di Asean ini bisa dibilang sangat fenomenal dan menjadi salah satu terobosan di bidang transportasi publik.

Diharapkan, kereta modern ini menjadi ikon sekaligus momentum Indonesia melakukan modernisasi transportasi massal.



Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

Stories 25 September 2023

Minat Tinggi Warga Ikut Uji Coba Kereta Cepat

Tiket untuk ikut uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh sudah ludes. Padahal, tiket gratis untuk uji coba tahap dua baru dibuka kemarin, Minggu (24/9/2023)

Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta-Bandung saat berada di Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (13/9/2023). Bisnis/Rachman

Context.id, JAKARTA - Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau kereta cepat Whoosh kembali dibuka. Uji coba gratis yang akan berlangsung pada 25-30 September ini menyedot perhatian publik sekaligus minat untuk ikut mencobanya.

Buktinya, tiket gratis untuk uji coba tahap dua ini sudah ludes. Hal itu terlihat dari pengumuman yang dipasang KCJB.  

"Kuota uji coba periode 14-30 September 2023 telah terisi 100 persen. Terimakasih atas antusiasme Sobat terhadap kereta api cepat!" tulis laman resmi pendaftaran kereta cepat, ayonaik.kcic.co.id, Senin (25/9/2023).

Sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) juga telah menjalankan uji coba publik Kereta Api (KA) Cepat Jakarta-Bandung tahap pertama.

Pada uji coba tahap pertama, kuota sebanyak 500 tempat duduk setiap perjalanan berhasil habis terpesan.

Tingginya animo publik untuk mendapatkan tiket uji coba memang tidak main-main. Sejumlah warganet mengeluhkan sulitnya mengakses website pendaftaran uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung tahap dua sejak dibuka pada Minggu (24/9/2023).

Memang, pendaftaran hanya bisa dilakukan di website kereta api cepat. Karena saking banyaknya yang mengakses, laman itu pun akhirnya error.

Menanggapi hal ini, melalui akun X resmi @KeretaCepatID, pihak KCIC menjelaskan bahwa aktivitas website ayonaik.kcic.co.id sedang tinggi sehingga beberapa pengguna sulit mengakses.

“Hai, Sob! Mohon ditunggu yaa, aktivitas website saat ini sedang tinggi,” tulisnya.

Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menempuh rute Stasiun Halim - Stasiun Tegalluar (PP) setiap pukul 09.00 dan 14.00 WIB. Kereta berhenti di empat stasiun pemberhentian, yakni Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalalur.

Bagi calon penumpang yang ingin menuju Stasiun KCJB Halim dapat melalui akses jalan DI Panjaitan yang telah dibuka untuk umum.

Sementara untuk masyarakat yang berada di area Bandung, KCIC bekerja sama dengan Damri dan Mall Summarecon menyediakan armada shuttle bagi masyarakat.

Adapun titik keberangkatan adalah Pul Damri Soekarno Hatta Bandung dan kawasan Mall Summarecon.

Selain menggunakan shuttle, untuk kendaraan yang akan menuju Stasiun Tegalluar juga dapat melalui exit tol KM 149 arah Cileunyi yang beroperasi mulai pukul 07.00 s.d 17.00 WIB.

Proyek yang diklaim sebagai kereta cepat pertama di Asean ini bisa dibilang sangat fenomenal dan menjadi salah satu terobosan di bidang transportasi publik.

Diharapkan, kereta modern ini menjadi ikon sekaligus momentum Indonesia melakukan modernisasi transportasi massal.



Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin


RELATED ARTICLES

Hitungan Prabowo Soal Uang Kasus CPO Rp13,2 Triliun, Bisa Buat Apa Saja?

Presiden Prabowo Subianto melakukan perhitungan terkait uang kasus korupsi CPO Rp13,2 triliun yang ia sebut bisa digunakan untuk membangun desa ne ...

Renita Sukma . 20 October 2025

Polemik IKN Sebagai Ibu Kota Politik, Ini Kata Kemendagri dan Pengamat

Terminologi ibu kota politik yang melekat kepada IKN dianggap rancu karena bertentangan dengan UU IKN. r n r n

Renita Sukma . 18 October 2025

Dilema Kebijakan Rokok: Penerimaan Negara Vs Kesehatan Indonesia

Menkeu Purbaya ingin menggairahkan kembali industri rokok dengan mengerem cukai, sementara menteri sebelumnya Sri Mulyani gencar menaikkan cukai d ...

Jessica Gabriela Soehandoko . 15 October 2025

Di Tengah Ketidakpastian Global, Emas Justru Terus Mengkilap

Meskipun secara historis dianggap sebagai aset lindung nilai paling aman, emas kerap ikut tertekan ketika terjadi aksi jual besar-besaran di pasar ...

Jessica Gabriela Soehandoko . 13 October 2025