Stories - 25 September 2023

Minat Tinggi Warga Ikut Uji Coba Kereta Cepat

Tiket untuk ikut uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh sudah ludes. Padahal, tiket gratis untuk uji coba tahap dua baru dibuka kemarin, Minggu (24/9/2023)


Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta-Bandung saat berada di Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (13/9/2023). Bisnis/Rachman

Context.id, JAKARTA - Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau kereta cepat Whoosh kembali dibuka. Uji coba gratis yang akan berlangsung pada 25-30 September ini menyedot perhatian publik sekaligus minat untuk ikut mencobanya.

Buktinya, tiket gratis untuk uji coba tahap dua ini sudah ludes. Hal itu terlihat dari pengumuman yang dipasang KCJB.  

"Kuota uji coba periode 14-30 September 2023 telah terisi 100 persen. Terimakasih atas antusiasme Sobat terhadap kereta api cepat!" tulis laman resmi pendaftaran kereta cepat, ayonaik.kcic.co.id, Senin (25/9/2023).

Sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) juga telah menjalankan uji coba publik Kereta Api (KA) Cepat Jakarta-Bandung tahap pertama.

Pada uji coba tahap pertama, kuota sebanyak 500 tempat duduk setiap perjalanan berhasil habis terpesan.

Tingginya animo publik untuk mendapatkan tiket uji coba memang tidak main-main. Sejumlah warganet mengeluhkan sulitnya mengakses website pendaftaran uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung tahap dua sejak dibuka pada Minggu (24/9/2023).

Memang, pendaftaran hanya bisa dilakukan di website kereta api cepat. Karena saking banyaknya yang mengakses, laman itu pun akhirnya error.

Menanggapi hal ini, melalui akun X resmi @KeretaCepatID, pihak KCIC menjelaskan bahwa aktivitas website ayonaik.kcic.co.id sedang tinggi sehingga beberapa pengguna sulit mengakses.

“Hai, Sob! Mohon ditunggu yaa, aktivitas website saat ini sedang tinggi,” tulisnya.

Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menempuh rute Stasiun Halim - Stasiun Tegalluar (PP) setiap pukul 09.00 dan 14.00 WIB. Kereta berhenti di empat stasiun pemberhentian, yakni Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalalur.

Bagi calon penumpang yang ingin menuju Stasiun KCJB Halim dapat melalui akses jalan DI Panjaitan yang telah dibuka untuk umum.

Sementara untuk masyarakat yang berada di area Bandung, KCIC bekerja sama dengan Damri dan Mall Summarecon menyediakan armada shuttle bagi masyarakat.

Adapun titik keberangkatan adalah Pul Damri Soekarno Hatta Bandung dan kawasan Mall Summarecon.

Selain menggunakan shuttle, untuk kendaraan yang akan menuju Stasiun Tegalluar juga dapat melalui exit tol KM 149 arah Cileunyi yang beroperasi mulai pukul 07.00 s.d 17.00 WIB.

Proyek yang diklaim sebagai kereta cepat pertama di Asean ini bisa dibilang sangat fenomenal dan menjadi salah satu terobosan di bidang transportasi publik.

Diharapkan, kereta modern ini menjadi ikon sekaligus momentum Indonesia melakukan modernisasi transportasi massal.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024