Stories - 04 September 2023

Ini Dia Daftar Mobil Listrik di KTT ke-43 Asean

Ada lima model mobil listrik yang bakal melayani para tamu kenegaraan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Asean pada 5-7 September 2023


Penyerahan BMW i7 untuk kendaraan resmi KTT ke-43 Asean yang akan dihelat di Jakarta - Dok. Setneg.

Context.id, JAKARTA - Pemerintah Indonesia telah menyediakan 608 unit mobil listrik untuk melayani delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean ke-43 di Jakarta.

Penyediaan mobil listrik selain untuk memperlihatkan komitmen Indonesia mendukung transportasi ramah lingkungan, juga menekan polusi udara Jakarta yang semakin parah belakangan ini. 

Nantinya, ada lima model mobil listrik yang bakal melayani delegasi KTT Asean ke-43 yang dipinjamkan oleh empat Agen Pemegang Merek, yaitu Hyundai Motors Indonesia (HMID), SGMW Motors Indonesia (Wuling Motors), Toyota Astra Motor (TAM) dan BMW Indonesia. 

BACA JUGATertarik Beli Mobil Listrik dan Hybrid? Segini Cicilannya

Berikut daftar mobil listrik yang dipakai dalam KTT tersebut:

BMW i7 - 36 unit

Mobil listrik yang bakal menunjang mobilitas tamu negara KTT Asean 2023 salah satunya BMW i7 xDrive60 Grand Lusso. Pihak BMW Indonesia telah menyerahkan sebanyak 36 unit BMW i7 xDrive60 Grand Lusso. 

Mobil listrik yang dibanderol sekitar Rp3,28 miliar ini, siap menemani delegasi atau tamu setingkat kepala negara untuk wara-wiri menghadiri acara KTT Asean

BMW Indonesia juga telah memberikan pelatihan kepada prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang akan mengemudikan mobil listrik pabrikan asal Jerman ini. 

Toyota Bz4X - 76 unit

Selain itu, untuk menyukseskan KTT Asean, pihak TAM juga meminjamkan sebanyak 76 unit Toyota Bz4X. Mobil ini nantinya bakal menjadi kendaraan resmi pejabat tinggi setingkat menteri yang ikut serta pada KTT ke-43 ASEAN 2023. 

Jika digunakan oleh pejabat tinggi setingkat menteri, tentunya ini bukan kendaraan sembarangan. Pasti punya keamanan tinggi dan kaya fitur. Di Indonesia, Toyota Bz4x dipasarkan dengan kisaran harga Rp1,19 miliar.

IONIQ 6 - 74 unit

Ada sebanyak 74 unit Hyundai Ioniq 6 yang dipinjamkan Hyundai untuk menunjang mobilitas delegasi KTT Asean di Jakarta. 

Khusus untuk mobil listrik Ioniq 6 yang dibanderol banderol nyaris Rp1,2 miliar ini, akan dipakai untuk kendaraan resmi pasangan para delegasi VVIP.

Artinya, sama seperti dengan Toyota Bz4X, tentunya ini bukan mobil kaleng-kaleng. 

BACA JUGA: Polri Siaga Ancaman Siber Selama KTT ke-43 Asean

IONIQ 5 - 272 unit

Selain Ioniq 6, HMID juga meminjamkan 272 unit mobil listrik Ioniq 5. Banyaknya unit yang dipinjamkan karena mobil keren ini akan dijadikan kendaraan protokol, pengamanan, penyelamatan dan operasional panitia nasional.

Wuling AirEv - 150 unit

Satu-satunya mobil listrik buatan  pabrikan asal China yang digunakan di KTT Asean 2023 ini adalah Wuling AirEv yang digunakan sebagai kendaraan operasional.

Khusus acara ini, area pintu kanan dan kiri mobil Wuling Air Ev ini akan diberikan hiasan berupa logo resmi KTT ke-43 Asean 2023.

Logo tersebut dipadu motif batik khas Betawi yang terdiri dari gambar elang bondol dan melati yang didominasi warna jingga dan ungu tua turut menghiasi bagian samping mobil.

Mobil-mobil yang digunakan untuk para tamu negara di KTT ke-43 Asean ini sudah dipamerkan dalam beberapa acara, baik acara non kenegaraan maupun kenegaraan seperti di KTT ke-42 Asean 2023 di Labuan Bajo, NTT pada 9-11 Mei 2023 dan KTT G-20 di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November 2022


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024