Stories - 14 August 2023

Ganara Art Dirikan Desa Seni di TMII

Ganara Art terus melebarkan sayap dengan membuka Desa Seni Ganara di Taman Mini Indonesia Indah.


Pengunjung sedang menikmati area Desa Seni Ganara

Context.id, JAKARTA - Ganara Art membuka Desa Seni Ganara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk memberikan kesempatan masyarakat menikmati kebudayaan Nusantara dalam satu lokasi. Desa Seni Ganara juga menjadi wadah masyarakat bisa berinteraksi dengan belasan seniman. 

Pendiri Ganara Art, Tita Djumaryo mengatakan bahwa pihaknya ingin menghadirkan seni untuk semua kalangan. Desa Seni Ganara di TMII menjadi area terbesar yang dikembangkan oleh Ganara Art setelah satu dekade mengambil peran dalam dunia seni dan pendidikan Indonesia.

“Desa Seni Ganara hadir untuk melengkapi pengalaman ini dengan kegiatan seni interaktif, kreasi seni digital, rekreasi seni di taman dan beragam galeri serta wadah berkegiatan untuk semua lapisan masyarakat," ujarnya di sela pembukaan desa seni, Senin (14/8/2023).

Desa Seni Ganara dilengkapi dengan kelas melukis dan membuat keramik, serta studio-studio untuk seniman residensi, ruang-ruang workshop beragam material, tungku pembakaran keramik, area galeri dan pameran, restoran dan perpustakaan hingga toko buku langka yang layak dikunjungi kolektor. 

Adapun Ganara Art merupakan lembaga pendidikan seni budaya yang didirikan oleh pendidik seni, Tita Djumaryo pada tahun 2013, dan telah merambah ke berbagai titik di Jakarta dan Makassar. 

Sementara itu, Claudia Ingkiriwang, Direktur Utama PT Bhumi Visatanda Indonesia selaku pengelola TMII mengatakan menyambut kedatangan Ganara Art yang akan melengkapi pengalaman pengunjung saat datang ke kawasan wisata berbasis edukasi ini.

“Selain menjelahi dan menjadi bagian dari budaya Indonesia, kini pengunjung juga bisa mengeksplorasi seni di sini. TMII berkomitmen memberi ruang ruang ekspresi bagi para pelaku seni dan juga penikmat seni agar terus bisa mengembangkan seni,” jelasnya.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024