Stories - 14 August 2023

Ganara Art Dirikan Desa Seni di TMII

Ganara Art terus melebarkan sayap dengan membuka Desa Seni Ganara di Taman Mini Indonesia Indah.


Pengunjung sedang menikmati area Desa Seni Ganara

Context.id, JAKARTA - Ganara Art membuka Desa Seni Ganara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk memberikan kesempatan masyarakat menikmati kebudayaan Nusantara dalam satu lokasi. Desa Seni Ganara juga menjadi wadah masyarakat bisa berinteraksi dengan belasan seniman. 

Pendiri Ganara Art, Tita Djumaryo mengatakan bahwa pihaknya ingin menghadirkan seni untuk semua kalangan. Desa Seni Ganara di TMII menjadi area terbesar yang dikembangkan oleh Ganara Art setelah satu dekade mengambil peran dalam dunia seni dan pendidikan Indonesia.

“Desa Seni Ganara hadir untuk melengkapi pengalaman ini dengan kegiatan seni interaktif, kreasi seni digital, rekreasi seni di taman dan beragam galeri serta wadah berkegiatan untuk semua lapisan masyarakat," ujarnya di sela pembukaan desa seni, Senin (14/8/2023).

Desa Seni Ganara dilengkapi dengan kelas melukis dan membuat keramik, serta studio-studio untuk seniman residensi, ruang-ruang workshop beragam material, tungku pembakaran keramik, area galeri dan pameran, restoran dan perpustakaan hingga toko buku langka yang layak dikunjungi kolektor. 

Adapun Ganara Art merupakan lembaga pendidikan seni budaya yang didirikan oleh pendidik seni, Tita Djumaryo pada tahun 2013, dan telah merambah ke berbagai titik di Jakarta dan Makassar. 

Sementara itu, Claudia Ingkiriwang, Direktur Utama PT Bhumi Visatanda Indonesia selaku pengelola TMII mengatakan menyambut kedatangan Ganara Art yang akan melengkapi pengalaman pengunjung saat datang ke kawasan wisata berbasis edukasi ini.

“Selain menjelahi dan menjadi bagian dari budaya Indonesia, kini pengunjung juga bisa mengeksplorasi seni di sini. TMII berkomitmen memberi ruang ruang ekspresi bagi para pelaku seni dan juga penikmat seni agar terus bisa mengembangkan seni,” jelasnya.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Teknologi Digital dan Solusi Perubahan Iklim

Teknologi digital bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi atau meminimalisir dampak perubahan iklim

Context.id | 01-03-2024

Ketika Raksasa OTT Saling Klaim Istilah Local Pride

Platform over the top (OTT) konten video streaming saling bersaing menguasai pasar Indonesia, salah satunya dengan embel-embel konten lokal.

Noviarizal Fernandez | 01-03-2024

Tolak Usul Prancis, Anggota NATO Enggan Masuk Wilayah Ukraina

Usulan Presiden Prancis agar pasukan NATO memasuki wilayah Ukraina untuk ikut memerangi Rusia mendapat penolakan keras dari negara-negara anggota ...

Context.id | 29-02-2024

Kans Indonesia Gabung Klub Negara Maju

Indonesia masih punya waktu 2-3 tahun untuk menyelesaikan proses menjadi anggota OECD

Context.id | 29-02-2024