Stories - 28 July 2023

Ratusan Ribu Ponsel Ilegal Bakal Dinonaktifkan

Ponsel ilegal yang beredar di Indonesia mencapai ratusan ribu


Barang bukti berupa 24 unit Iphone ilegal yang dibawa joki IMEI dari Singapura

Context.id, JAKARTA - Ratusan ribu ponsel dengan nomor international mobile equipment identity (IMEI) ilegal bakal dinonaktifkan oleh pemerintah dalam waktu dekat. Sehabis dinonaktfikan perangkat tersebut tidak bisa difungsikan lagi untuk melakukan telekomunikasi maupun berselancar di dunia maya.

Kehadiran IMEI ilegal tersebut sejalan dengan banyaknya ponsel pintar yang masuk ke Indonesia melalui jalur ilegal atau biasa dikenal dengan istilah black market (BM). Berdasarkan data Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) ada sebanyak 600.000 ponsel BM yang masuk ke Indonesia, artinya dalam satu tahun ada sebanyak 7,2 juta ponsel ilegal yang masuk ke Indonesia.

Menurut APSI,  banyaknya pelabuhan yang terbuka dan tidak dijaga ketat oleh para aparat penegak hukum menjadi celah masuknya ponsel BM ke Indonesia. Ponsel jenis ini biasanya dijual lebih murah daripada ponsel yang resmi karena tidak terkena bea masuk dan bea cukai. 

Alhasil, tak sedikit masyarakat yang tergiur untuk memilih menggunakan ponsel BM karena harganya YANG miring meskipun tidak mendapatkan garansi resmi.

Bareskrim Polri sendiri menegaskan bahwa praktik itu telah membuat negara mengalami kerugian hingga triliunan rupiah. Maka dari itu, Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid Agustiadi Bachtiar mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait untuk mematikan semua ponsel dan imei ilegal yang ada di Indonesia.

Menurut Brigjen Pol Adi, para pelaku melakukan aksi ilegal berupa pendaftaran IMEI secara tidak sah pada aplikasi centralized equipment identity register (CEIR) di Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia. 

Padahal, pendaftaran IMEI itu hanya bisa dilakukan oleh operator selular, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta Kementerian Perindustrian.


Penulis : Sholahuddin Ayyubi

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024