Stories - 30 June 2023

Titan Infra Energy Siap Pelopori Truk Listrik Batu Bara

PT Titan Infra Energy bakal datangkan 200 truk listrik pengangkut batu bara


Aktivitas tambang batu bara PT Titan Infra Energy/ Istimewa

Context.id, JAKARTA -- PT Titan Infra Energy (TIE) bakal jadi pelopor pengguna truk listrik untuk mengangkut batu bara sebagai bentuk kontribusi dan kepedulian terhadap lingkungan di wilayah Sumatera Selatan.

Chief Operating Officer (COO) TIE, Suryo Suwignjo mengemukakan bahwa perseroan sudah melakukan penjajakan dengan salah satu vendor truk listrik dari negara China beberapa bulan lalu.

Menurutnya, dalam waktu dekat satu unit truk listrik untuk mengangkut batu bara bakal didatangkan langsung dari China untuk melakukan uji coba lapangan di pertambangan milik TIE.

“Penjajakan sudah, nanti dalam waktu dekat satu unit eco friendly truk elektrik akan datang dari China ke sini untuk dilakukan uji coba,” tuturnya kepada Context.id di Jakarta.

Suryo menjelaskan jika truk listrik tersebut cocok untuk digunakan oleh TIE mengangkut batu bara, maka upaya selanjutnya adalah mendatangkan 200 unit truk listrik untuk menjadi kendaraan operasional penangkut batu bara di TIE.

“Jadi kalau nanti hasil testing-nya bagus, kita akan datangkan langsung 200 unit dari China,” katanya.

Menurutnya, truk listrik dinilai lebih efisien, ramah lingkungan dan bahan bakarnya lebih murah jika dibandingkan dengan truk konvensional yang butuh solar.

“Kalau dari segi ekonominya, eco friendly truk elektrik ini jauh lebih efisien dan bahan bakarnya juga hanya menggunakan charging listrik saja,” ujarnya.

Dia juga mengemukakan bahwa truk listrik tersebut juga akan menggunakan konsep seperti ojek online dalam pengisian daya. Truk tidak perlu menunggu pengisian daya baterai hingga penuh, tetapi cukup mengganti baterai yang sudah habis dengan baterai baru.

“Iya, konsepnya bakal seperti itu, kalau menunggu mengisi daya dulu kan nanti bisa lama sekali, meskipun sudah menggunakan fast charging. Makanya kami akan siapkan stasiun pengisian daya jadi tinggal tukar baterai saja sekitar 2-8 menitan,” tuturnya.


Penulis : Sholahuddin Ayyubi

Editor   : Thomas Mola

MORE  STORIES

Apartheid Gender Versi Taliban, Masuk Kategori Kejahatan Kemanusiaan?

Taliban melarang para gadis remaja bersekolah, para pegawai perempuan dilarang untuk bekerja dan para wanita dipaksa menikah dengan pria tua

Context.id | 21-06-2024

Mobil Listrik Ferrari Dilego Rp8,8 Miliar

Model EV kedua besutan Ferrari akan segera menyusul untuk diluncurkan

Noviarizal Fernandez | 21-06-2024

Dijadikan Guyonan Imbas Izin Tambang, Ini Sejarah Terbentuknya Lambang NU

Logo NU merupakan hasil buah tangan dari K.H. Ridwan Abdullah ulama yang juga memiliki kemampuan dalam bidang seni, terutama menggambar dan melukis

Context.id | 21-06-2024

Pengaruh Keju Bagi Kesehatan Mental

Responden yang memiliki kesehatan mental dan ketahanan terhadap stres kuat diduga banyak mengonsumsi keju

Context.id | 20-06-2024