Stories - 30 June 2023

Titan Infra Energy Siap Pelopori Truk Listrik Batu Bara

PT Titan Infra Energy bakal datangkan 200 truk listrik pengangkut batu bara


Aktivitas tambang batu bara PT Titan Infra Energy/ Istimewa

Context.id, JAKARTA -- PT Titan Infra Energy (TIE) bakal jadi pelopor pengguna truk listrik untuk mengangkut batu bara sebagai bentuk kontribusi dan kepedulian terhadap lingkungan di wilayah Sumatera Selatan.

Chief Operating Officer (COO) TIE, Suryo Suwignjo mengemukakan bahwa perseroan sudah melakukan penjajakan dengan salah satu vendor truk listrik dari negara China beberapa bulan lalu.

Menurutnya, dalam waktu dekat satu unit truk listrik untuk mengangkut batu bara bakal didatangkan langsung dari China untuk melakukan uji coba lapangan di pertambangan milik TIE.

“Penjajakan sudah, nanti dalam waktu dekat satu unit eco friendly truk elektrik akan datang dari China ke sini untuk dilakukan uji coba,” tuturnya kepada Context.id di Jakarta.

Suryo menjelaskan jika truk listrik tersebut cocok untuk digunakan oleh TIE mengangkut batu bara, maka upaya selanjutnya adalah mendatangkan 200 unit truk listrik untuk menjadi kendaraan operasional penangkut batu bara di TIE.

“Jadi kalau nanti hasil testing-nya bagus, kita akan datangkan langsung 200 unit dari China,” katanya.

Menurutnya, truk listrik dinilai lebih efisien, ramah lingkungan dan bahan bakarnya lebih murah jika dibandingkan dengan truk konvensional yang butuh solar.

“Kalau dari segi ekonominya, eco friendly truk elektrik ini jauh lebih efisien dan bahan bakarnya juga hanya menggunakan charging listrik saja,” ujarnya.

Dia juga mengemukakan bahwa truk listrik tersebut juga akan menggunakan konsep seperti ojek online dalam pengisian daya. Truk tidak perlu menunggu pengisian daya baterai hingga penuh, tetapi cukup mengganti baterai yang sudah habis dengan baterai baru.

“Iya, konsepnya bakal seperti itu, kalau menunggu mengisi daya dulu kan nanti bisa lama sekali, meskipun sudah menggunakan fast charging. Makanya kami akan siapkan stasiun pengisian daya jadi tinggal tukar baterai saja sekitar 2-8 menitan,” tuturnya.


Penulis : Sholahuddin Ayyubi

Editor   : Thomas Mola

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024