Stories - 15 June 2023

Ini Partai yang Banyak Usung Caleg Perempuan di 2024

KPU mewajibkan keterwakilan perempuan sebesar 30 di setiap partai politik namun masih sedikit parpol yang mendaftarkan bacaleg perempuan


Ilustrasi Pemilu 2024 di Pulau Papua./Antara

Context.id, JAKARTA -- Partai Gelora Indonesia menjadi partai politik yang paling sedikit mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) berjenis kelamin perempuan pada Pemilu 2024 mendatang.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), Partai Gelora Indonesia hanya mendaftarkan 157 bacaleg perempuan, sementara itu bacaleg pria yang didaftarkan Partai Gelora Indonesia ada sebanyak 306 bacaleg.

Selain Partai Gelora Indonesia, partai politik lain yang minim mendaftarkan bacaleg perempuan adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Data KPU menyebutkan bahwa PSI hanya mendaftarkan 187 bacaleg perempuan dan 393 bacaleg pria.

Tidak hanya Partai Gelora Indonesia dan PSI, partai politik incumbent pun yaitu PDI-Perjuangan juga minim mendaftarkan bacaleg perempuan. Total bacaleg perempuan yang didaftarkan PDI-Perjuangan ke KPU ada sekitar 190 bacaleg perempuan dan 390 bacaleg pria.

Sementara itu, partai politik yang paling banyak mendaftarkan bacaleg perempuan adalah Partai Ummat. Partai Ummat, berdasarkan data KPU ada sebanyak 288 bacaleg perempuan dan 292 bacaleg pria.

Kemudian, Partai Garuda juga cukup banyak mendaftarkan bacaleg perempuan yaitu sebanyak 264 bacaleg perempuan dan 316 bacaleg perempuan. Selanjutnya, partai politik yang cukup banyak mendaftarkan bacaleg perempuan adalah Partai Perindo yaitu 249 bacaleg perempuan dan 331 bacaleg pria. 

Seperti diketahui, berdasarkan aturan dari KPU, setiap partai politik yang menjadi peserta pemilu harus ada keterwakilan perempuan sebagai bacaleg sebesar 30 persen. 


Penulis : Sholahuddin Ayyubi

Editor   : Puput Ady

MORE  STORIES

Apartheid Gender Versi Taliban, Masuk Kategori Kejahatan Kemanusiaan?

Taliban melarang para gadis remaja bersekolah, para pegawai perempuan dilarang untuk bekerja dan para wanita dipaksa menikah dengan pria tua

Context.id | 21-06-2024

Mobil Listrik Ferrari Dilego Rp8,8 Miliar

Model EV kedua besutan Ferrari akan segera menyusul untuk diluncurkan

Noviarizal Fernandez | 21-06-2024

Dijadikan Guyonan Imbas Izin Tambang, Ini Sejarah Terbentuknya Lambang NU

Logo NU merupakan hasil buah tangan dari K.H. Ridwan Abdullah ulama yang juga memiliki kemampuan dalam bidang seni, terutama menggambar dan melukis

Context.id | 21-06-2024

Pengaruh Keju Bagi Kesehatan Mental

Responden yang memiliki kesehatan mental dan ketahanan terhadap stres kuat diduga banyak mengonsumsi keju

Context.id | 20-06-2024