Stories - 26 April 2022

Sejarah Pasar Gembrong, Surga Mainan yang Terbakar

Pasar Gembrong sudah tidak asing di telinga masyarakat karena dikenal sebagai surga mainan anak-anak. Lalu, bagaimana sejarah dari Pasar Gembrong?


Sejumlah kios dan rumah terbakar di pasar Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (24/4/2022). - Antara -

Context.id, JAKARTA - Kebakaran besar melanda Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Minggu (24/4/2022). Setidaknya, 450 keluarga terpaksa kehilangan tempat tinggal karena ratusan rumah hangus terbakar. Kerugian dari insiden ini ditaksir mencapai Rp1,5 miliar.

“400 bangunan rumah dan pertokoan di RT 2,3,4, 5, dan 6 RW 01 terbakar, dengan luas kebakaran kurang lebih 1200 meter persegi,” ujar Kepala Seksi Operasional Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, Senin (25/4/2022).

Terbakarnya Pasar Gembrong tentu sangat disayangkan. Apalagi, pasar ini sudah tidak asing di telinga masyarakat karena dikenal sebagai surga mainan anak-anak. Lalu, sebenarnya bagaimana sejarah Pasar Gembrong itu sendiri?

Kata Gembrong dari Pasar Gembrong merupakan bahasa Sunda yang artinya dikerumuni.

Pasar Gembrong sudah ada pada 1960-an di Jalan Basuki Rachmat, Jakarta Timur. Pedagang di sini awalnya bukan menjual mainan, namun menjual sayur mayur dan sebagainya.

Namun saat kerusuhan 1998, kios sayuran rusak dan ambruk. Beberapa pedagang akhirnya membangun kios semi permanen dan menjual berbagai mainan usai kerusuhan berakhir. Aksi ini kemudian ditiru pedagang lainnya, sehingga Pasar Gembrong kini menjadi pasar mainan.

Pasar Gembrong sempat direlokasi ke Pasar Cipinang Besar, tak jauh dari lokasi pertamanya di Jalan Basuki Rachmat. Namun karena sepinya pembeli, banyak pedagang kembali ke lokasi lama.

Pasar Gembrong inipun kini dihuni oleh ratusan pedagang mainan dan karpet, terutama menjelang natal dan tahun baru.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

DJKI Gelar Klinik Kekayaan Intelektual di Seluruh Indonesia

Sejak 2022, MIC berhasil mendorong pertumbuhan KI di daerah-daerah melalui kerja sama DJKI dengan Kanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia

Noviarizal Fernandez | 26-04-2024

Wajah Bisa Menggambarkan Status Kelas Sosial, Ini Penjelasannya

Wajah seseorang dapat menggambarkan kondisi kehidupannya

Context.id | 26-04-2024

Rusia Veto Usulan Amerika Mengenai Penempatan Nuklir di Ruang Angkasa

Rusia tidak ingin pelarangan senjata di luar angkasa hanya berlaku untuk nuklir, mereka ingin pelarangan semua senjata atau hulu ledak lainnya.

Context.id | 26-04-2024

Perpusnas Prancis Karantina Buku Terkontaminasi Racun Arsenik

Ratusan sampul buku telah diteliti dan diduga ada kandungan logam berat

Context.id | 26-04-2024